Internet

2 Cara Edit Dokumen Word Online, Mudah Banget!

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk edit dokumen Word online.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Inilah langkah-langkah untuk edit dokumen Word online yang bisa kamu coba melalui perangkat apapun seperti HP, laptop maupun PC kamu dimanapun kamu berada dan kapanpun kamu membutuhkan mengedit dokumen Word.

Dengan edit dokumen Word online kamu bisa mengedit dokumen bersama teman-teman kamu secara bersamaan dari komputer, laptop, HP atau tablet kamu. Semakin praktis saja ya sekarang untuk bisa mengedit dokumen?

Apalagi semenjak pandemi Covid 19 melanda dan beberapa perusahaan menerapkan sistem kerja WFH atau Work From Home. Tentu saja aplikasi edit dokumen Word online semakin banyak peminat nya agar tidak kesulitan saat membuat berbagai macam dokumen penting.

Di zaman teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini sudah banyak editor dokumen Word online yang bisa membantu kamu mengedit dokumen Word secara langsung. Penasaran kan editor apa saja yang bisa kamu gunakan untuk edit dokumen Word online dan bagaimana cara menggunakannya?

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk edit dokumen Word online :

1. Google Docs

Google Docs memungkinkan kamu untuk menulis, mengedit dan berkolaborasi pada dokumen Word dengan orang lain kapanpun dan dimanapun kamu berada. Google Docs memberimu alat pengeditan dan gaya cerdas yang bisa kamu gunakan dengan mudah untuk memformat teks dan paragraf sehingga akan membuat dokumen kamu lebih jelas.

Selain itu ada ratusan font yang bisa kamu pilih dan kamu juga bisa menambahkan link dan gambar pada dokumen kamu. Semua fitur yang tersedia di Google Docs bisa kamu nikmati secara gratis. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk edit dokumen Word online menggunakan Google Docs :

  • Langkah pertama buka halaman Google Docs kemudian login dengan akun Google/Gmail kamu
  • Klik ikon Folder dan pilih Unggah untuk memilih dokumen Word dari perangkat kamu, selain itu kamu juga bisa mengunggah dokumen Word dari Google Drive
  • Setelah itu dokumen Word kamu akan terbuka di Google Docs dan kamu bisa mulai edit dokumen Word online, menyisipkan link, gambar, menambahkan teks, komentar, dan sebagainya. Selain itu kamu juga bisa berbagi dan menggunakan dokumen yang dibuat di Google Docs tersebut untuk operasi apa pun. Dan jangan khawatir akan kehilangan data ya karena semua perubahan yang kamu lakukan akan disimpan secara otomatis
  • Selanjutnya jika sudah selesai mengedit, untuk menyimpan dokumen tersebut ke perangkat kamu pilih menu klik File lalu pilih Download untuk mendownload dokumen Word kamu sesuai dengan format yang kamu butuhkan
Ilustrasi Google Docs. (Google)
Ilustrasi Google Docs. (Google)

2. ScanWritr

ScanWritr adalah editor dan converter online yang bisa kamu gunakan untuk edit dokumen Word online. Selain itu ScanWritr juga cocok digunakan bekerja di laptop, PC, Mac, smartphone atau tablet yang penting memiliki akses Internet.

Selain itu dengan ScanWritr kamu bisa menambahkan tanda tangan dan kemudian mengekspor dokumen kamu sebagai PDF sehingga akan membuat dokumen kamu siap untuk dikirim, dibagikan, dicetak, atau difaks. Langkah-langkah untuk edit dokumen Word online dengan menggunakan ScanWritr bisa kamu lakukan dengan cara :

  • Buka aplikasi ScanWritr
  • Kemudian klik Edit Online Now untuk mulai edit dokumen Word online
  • Setelah itu pilih dokumen Word yang ingin kamu edit. Kamu bisa memilih dokumen Word dari memori penyimpanan pada perangkat lokal kamu atau mengimpornya dari Dropbox atau Google Drive
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke mode edit. Pada tahap ini kamu bisa menambahkan teks, tanda tangan, gambar, atau menyesuaikan gaya font dengan mengklik tombol yang sesuai di bilah menu atas
  • Apabila sudah selesai melakukan edit dokumen Word online, maka kamu bisa klik tombol Download untuk mendownload file dalam format dokumen yang kamu butuhkan

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk edit dokumen Word online dengan mudah. Jadi sekarang kamu bisa mengedit dokumen Word yang kamu miliki kapanpun dan dimanapun ya. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait