Glance, Platform Lock Screen dengan Fitur AI

Seperti apa platform lock screen Glance ini?

Agung Pratnyawan
Senin, 15 November 2021 | 14:04 WIB
platform lock screen Glance. (Glance)

platform lock screen Glance. (Glance)

Hitekno.com - Glance salah satu platform lock screen atau kunci layar ini mengklaim sebagai terbesar di Asia Tenggara dengan meraih pengguna aktif sampai 165 juta.

Ratusan juta pengguna Glance ini tersebar di Indonesia, India, Thailand, Filipina dan Malaysia. Mengandalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML), platform lock screen Glance menampilkan konten lokal yang sedang trending dan dipersonalisasi sesuai ketertarikan pengguna dalam bentuk gambar dinamis.

Teknologi AI Glance akan mengkurasi konten-konten yang sedang tren di internet, kemudian akan disajikan dalam bentuk gambar menarik di lock screen ponsel. Para pengguna juga bisa menyesuaikan sendiri tampilan sesuai dengan minat dan selera mereka.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo di HP Gratis

"Ketika pengguna ponsel mengakses lock screen Glance, mereka tentunya akan menentukan pilihan bahasa dan konten apa yang ingin mereka lihat. Misalnya berita, olahraga, hiburan, dan sebagainya. Dari kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna ponsel, teknologi kami akan mempelajari apa yang paling sering dilihat atau disukai oleh pengguna. Dari situlah kemudian sistem kami akan menyajikan konten berdasarkan apa yang paling disukai dan yang paling sering diakses oleh pengguna," ujar Piyush Shah President & COO Glance yang juga merupakan Co-Founder InMobi Group.

Piyush menambahkan, jika sistem mengamati bahwa orang tersebut menghabiskan lebih banyak waktu untuk konten yang berkaitan dengan olahraga, maka sistem akan mencoba mencocokkan dan mengirimkan konten olahraga yang disukai pengguna tersebut.

Kendati proses penyaringan konten yang akan disajikan kepada para pengguna dilakukan oleh teknologi AI Glance, namun tetap ada keterlibatan manusia untuk pemeriksaan kualitas konten yang akan ditampilkan di lock screen. Hal ini memastikan bahwa konten dan visual yang akan ditampilkan di platform lock screen Glance telah sesuai dengan aturan hukum masing-masing negara.

Baca Juga: 3 Aplikasi Streaming Musik Karya Anak Bangsa dengan Kelebihannya

Glance memiliki studio sendiri untuk membuat konten kreatif serta didukung teknologi Cardpress untuk menyaring konten-konten yang sedang trending si seluruh dunia dan di masing-masing negara. Dengan cara ini Glance mengetahui topik apa yang saat itu sedang trending.

Aplikasi lock screen Glance. (Glance)
platform lock screen Glance. (Glance)

"Kemudian kami akan identifikasi sumber konten tersebut dengan penyedia konten yang bekerja sama dengan Glance. Setelah itu, sistem kami akan merekomendasikan versi yang paling sesuai dengan Glance. Pada saat yang sama, sistem juga akan mengidentifikasi gambar dan kemudian kami akan membuatnya menjadi konten baru yang lebih dinamis dan kreatif dengan disertakan judul berita. Untuk tahapan terakhir, semua konten tersebut akan diperiksa tim editor sebelum dipublikasikan," jelas Piyush.   

Glance tersedia dalam di ponsel Android dengan fitur pre-loaded. Yang terbaru, Glance akan hadir secara eksklusif di ponsel realme di Indonesia.

Baca Juga: 2 Cara PDF Convert ke Word dengan Aplikasi

Aditya Goyal, Vice President & General Manager, Strategic Distribution Partnerships, Glance mengungkapkan "Demografi realme dan kekuatan teknologinya, kami percaya realme akan menjadi partner yang hebat bagi kami dalam membuat terobosan. Melalui kerja sama ini Glance kini menghadirkan pengalaman konten berkualitas tinggi di Indonesia seperti halnya yang juga dinikmati setiap harinya oleh hampir 175 juta pengguna Glance".

Glance memiliki lebih dari 25 juta pengguna aktif di Asia Tenggara, 150 juta di India dan jaringan partner konten global yang luas, mencakup perusahaan media, selebriti, serta kreator ternama dan masih banyak lagi. Pengiklan memanfaatkan basis pengguna Glance dan content discovery berbasis artificial intelligence (AI) untuk menjangkau konsumen yang dituju.

Publisher mendapatkan manfaat dari peningkatan web traffic yang didorong oleh Glance, sementara untuk para produsen perangkat, Glance menciptakan peluang unik untuk engagement konsumen dan menghasilkan pendapatan. 

Baca Juga: 6 Cara Screenshot di Laptop, Bisa Pakai Aplikasi Tambahan

Laporan terbaru lembaga penelitian pasar global Counterpoint Research mengungkapkan bahwa layanan value added seperti Glance adalah kunci bagi produsen smartphone untuk tetap terdepan di tengah pasar yang kompetitif.

"Seiring semakin matang dan konsolidatifnya pasar smartphone secara keseluruhan, dengan OEM terkemuka menangkap sebagian besar pasar, menjadi tantangan untuk menjaga diferensiasi hardware saat faktor format lainnya tetap sama. Di tengah skenario tersebut, kreasi nilai jangka panjang akan lebih banyak bergantung pada menghadirkan diferensiasi melalui layanan over the top (OTT). Oleh karena itu, Glance dengan kehadirannya di merek smartphone ternama memegang peranan penting," ujar Arushi Chawla, Analis Riset Counterpoint Research.   

Berita Terkait
TERKINI
Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....
internet | 17:48 WIB
Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...
internet | 18:15 WIB
Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...
internet | 17:14 WIB
Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...
internet | 09:56 WIB
Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...
internet | 11:44 WIB
Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...
internet | 08:56 WIB
Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...
internet | 08:46 WIB
Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....
internet | 12:06 WIB
Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...
internet | 07:24 WIB
Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...
internet | 07:25 WIB
Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....
internet | 09:45 WIB
Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....
internet | 08:53 WIB
Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....
internet | 14:44 WIB
Studi global terbaru dari Dell Technologiesmengungkap pentingnya inovasi bagi perusahaan....
internet | 15:57 WIB
Sepeda motor dengan Karburator masih diburu, terutama untuk modifikasi....
internet | 22:01 WIB
Gojek meluncurkan jaket dengan desain baru bagi mitra driver tepat di Hari Pahlawan, 10 November 2023....
internet | 22:43 WIB
Indonesia Privacy and Security Summit 2023 ini,Grab Indonesia menghadirkanpelaku industri dan lembaga pemerintahan yang ...
internet | 08:39 WIB
Berikut ini agar semakin paham cara menjaga keamanan dokumen digital....
internet | 10:08 WIB
Tampilkan lebih banyak