Internet

Dapat Chat dari Kurir Paket COD Padahal Tidak Beli, Picu Kecurigaan Netizen

Netizen lain juga curhat mendapatkan beginian.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi paket. (Pixabay/Devanath)
Ilustrasi paket. (Pixabay/Devanath)

Hitekno.com - Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan tangkapan layar dari seseorang yang tidak dikenal. Ia menceritakan dapat chat dari seorang kurir paket tentang belanja online.

Dalam tangkapan layar tersebut, si pemilik chat seolah berniat curhat tentang dugaan percobaan penipuan yang dilakukan oleh seorang kurir paket.

Kurir paket COD tampak memberi tahu bahwa paket yang dipesan oleh orang tersebut akan segera sampai.

Selain meminta orang itu menyiapkan sejumlah uang, sang kurir pake juga memintanya share lokasi agar memudahkan pengiriman.

"Halo ini adalah kurir paket, saya akan segera mengirimkan paket Anda, silahkan menyiapkan uang Rp307.500. Share loc," pinta sang kurir.

Namun balasan yang didapat dari "si calon korban" jauh dari kata ramah. 

"Orang saya nggak pesen, kamu bisa tahu nomor saya. Masa saatnya kirim harus tanya alamatku, lawak kau," balasnya.

Dapat Chat dari Kurir Paket COD Padahal Tidak Beli, Netizen Malah Curiga Ini. (TikTok)
Dapat Chat dari Kurir Paket COD Padahal Tidak Beli, Netizen Malah Curiga Ini. (TikTok)

Netizen pun ramai membanjiri postingan tersebut dengan berbagai respons. Banyak yang curhat menduga jika mereka juga terkena penipuan yang sama.

Namun tak sedikit pula yang justru memberikan komentarnya terhadap sikap judes orang tersebut.

Menurut mereka, kurir hanyalah pengantar paket, tidak seharusnya mendapat dugaan negatif sebelum terbukti kebenarannya.

"Lah hampir sama, tiba-tiba ada yang kirim paket ke saya, mana disuruh bayar COD lagi, padahal nggak beli apa-apa," tulis salah satu netizen.

"Itu cuma oknum, suamiku juga banyak dapat kayak gitu, kalau misalnya ngerasa nggak mesen ya udah sih bilang aja gak mesen," timpal yang lain.

"Pliss ya Anda seharusnya bisa beretika dalam chat, kalau misalnya merasa nggak mesen ya tinggal bilang nggak mesen."

Apapun yang terjadi selanjutnya, saran tim Hitekno.com sih kamu tetap berhati-hati.

Sebab saat ini memang sedang marak penipuan bermoduskan paket yang dibayar COD. Jika kamu mendapat kasus tersebut, kamu bisa mengatakan bahwa kamu tidak pesan.

Selain itu, minta si kurir paket COD memberikan bukti pesanan kamu dari mana dan kapan.

Itulah video viral di media sosial, curhatan netizen yang menduga jadi sasaran penipuan kurir paket COD padahal tidak beli apa-apa.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait