Internet

Jutaan UMKM Bergabung, GoTo Inisiasi Gerakan #BangkitBersama

Terdapat 4 juta UMKM baru yang bergabung di ekosistem GoTo selama masa pandemi.

Rezza Dwi Rachmanta

Gojek dan Tokopedia umumkan Group GoTo. (Gojek)
Gojek dan Tokopedia umumkan Group GoTo. (Gojek)

Hitekno.com - GoTo menunjukkan komitmennya mendorong UMKM agar semakin berdaya dan berjaya lewat gerakan #BangkitBersama. Perwakilan perusahaan mengungkapkan bahwa terdapat 4 juta UMKM baru yang bergabung ke dalam ekosistem GoTo selama masa pandemi.

Grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial ini berusaha menciptakan ekosistem digital agar UMKM lokal dapat bangkit di era modern.

Gerakan yang dimulai dari daerah tersebut terdiri dari inisiatif lengkap dan holistik supaya produk UMKM menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Melalui acara Konferensi Pers Virtual: Bangkit Bersama GoTo Dukung Pemulihan Ekonomi Indonesia pada Kamis (30/09/2021), Andre Sulistyo selaku CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial menjelaskan bahwa pihaknya melihat digitalisasi memiliki peran penting untuk mengembangkan UMKM.

"Kami lihat digitalisasi punya peran penting mengubah usaha offline yang tidak bisa buka karena pandemi bisa dijembatani. GoTo ingin terus berkontribusi supaya UMKM bisa tetap berjualan, bisa membantu operasional dan pengelolaan. Kami ingin terus berinovasi supaya bisa jadi jembatan. Inisiatif Bangkit Bersama kami susun supaya juga fokus di daerah agar lebih banyak UMKM bisa masuk ke ekosistem," kata Andre Sulistyo.

CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya sedang berbincang dengan CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Soelistyo dalam acara Konferensi Pers: Bangkit Bersama GoTo Dukung Pemulihan Ekonomi Indonesia. (GoTo)
CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya sedang berbincang dengan CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Soelistyo dalam acara Konferensi Pers: Bangkit Bersama GoTo Dukung Pemulihan Ekonomi Indonesia. (GoTo)

William Tanuwijaya selaku CEO dan pendiri Tokopedia mengungkapkan bahwa sebanyak 12 juta mitra UMKM telah bergabung di dalam ekosistem GoTo. Hal yang cukup menarik adalah 4 juta di antaranya justru bergabung selama masa pandemi.

"Selama masa pandemi, kami melihat UMKM tidak menyerah pada keadaan dan berani go-digital. Ada lebih dari empat juta mitra baru yang bergabung di ekosistem GoTo, dan 86 persen diantaranya ada pengusaha baru,” kata William Tanuwijaya.

Fokus gerakan #BangkitBersama yang dimulai dari daerah ini didasari fakta bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, yang harus terus diperkuat supaya bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dan mampu bersaing dengan brand global.

Berdasarkan riset Smesco 2020, masa pandemi juga memukul UMKM, terutama yang bergerak di bidang kuliner (43,09%), jasa (26,02%) dan fashion (13,01%).

Di sisi lain, Indonesia sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara menjadi incaran para pemain global. Peluang ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh UMKM Indonesia supaya bisa jadi pemain utama di pasar tanah air, bukan penonton.

CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Soelistyo sedang berbincang dengan UMKM di ekosistem GoTo di Solo Technopark. (GoTo)
CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Soelistyo sedang berbincang dengan UMKM di ekosistem GoTo di Solo Technopark. (GoTo)

Sebagai ekosistem karya anak bangsa yang berpihak pada UMKM lokal, lewat #BangkitBersama GoTo menghadirkan berbagai inisiatif untuk membantu UMKM beradaptasi dan tumbuh di tengah pandemi, mendorong daya beli konsumen pada produk lokal, hingga membantu mitra driver tetap produktif, sehat, dan aman. Enam inisiatif utama dalam #BangkitBersama meliputi:

1. Inisiatif Hyperlocal Memaksimalkan Eksposur UMKM

Mendekatkan masyarakat dengan produk UMKM setempat lewat inovasi yang menerapkan teknologi geo-tagging supaya memenuhi kebutuhan harian bisa lebih efisien dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

2. Pemberdayaan UMKM Dorong Pembukaan Lapangan Kerja

Solusi komprehensif berupa infrastruktur edukasi yang melengkapi solusi teknologi. Bantu UMKM lebih berdaya dan tumbuh lebih cepat, termasuk program edukasi kompetensi kewirausahaan dan digital seperti Kelas Bisnis #BangkitBersama dan GoTo UMKM Center di Solo Technopark.

3. Dukung Kesehatan dan Keamanan untuk Mitra Driver

Dukungan kepada mitra driver yang memegang peranan penting dalam mengantarkan produk UMKM ke tangan konsumen. Dukungan mencakup dukungan ekonomi dan kesehatan supaya mereka semakin produktif.

4. Tingkatkan Skala Bisnis Penjual dengan TokoCabang
Untuk memudahkan penjual khususnya UMKM lokal fokus pada bisnis, Tokopedia akan membantu isu operasional lewat TokoCabang.

5. Inisiatif CSR untuk Masyarakat

Kolaborasi dengan BenihBaik.com, mendistribusikan paket sembako dari donasi pengguna Tokopedia untuk masyarakat pra-sejahtera.

6. Dukung penanganan COVID-19 agar Kembali Beraktivitas Normal

Berbagai inisiatif membantu masyarakat terpapar COVID-19 supaya segera sembuh sehingga pandemi bisa segera berakhir, termasuk inisiasi Rumah Oksigen Gotong Royong dan donasi 1.100 konsentrator oksigen.

Implementasi gerakan #BangkitBersama dari GoTo pada tahap awal akan dimulai di Solo, Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, dan Surabaya. Gerakan ini akan berlanjut ke daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Berita Terkait