Catat Pertumbuhan Signifikan, DANA Pastikan Transaksi Digital #BebasDrama

Lonjakan tertinggi berlangsung 32 bulan setelah diluncurkannya dompet digital DANA ke publik.

Dinar Surya Oktarini
Rabu, 04 Agustus 2021 | 18:00 WIB
Aplikasi DANA. (DANA)

Aplikasi DANA. (DANA)

Hitekno.com - Tiga tahun berkiprah sebagai dompet digital Indonesia, mendorong DANA untuk mengembangkan teknologi, inovasi, dan kolaborasi terbaiknya. Konsistensi inilah yang kemudian membawa DANA – aplikasi teknologi finansial berbasis gaya hidup yang #BebasDrama – untuk kembali menorehkan pertumbuhan signifikan dalam berbagai aspek, seperti lonjakan pengguna, unduhan aplikasi, hingga persepsi merek.

Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA membenarkan bahwa pertumbuhan ini terjadi seiring dengan semakin matangnya kapabilitas teknologi dan fitur yang dimiliki. “Usia muda memberikan banyak ruang untuk kami bereksplorasi dan berinovasi berdasarkan kebutuhan pengguna. Kami sadar akan kebutuhan masyarakat yang menginginkan transaksi digital  #BebasDrama dengan kriteria serba praktis, aman, dan terlindungi. Bergerak dari aspirasi ini, DANA senantiasa melahirkan segudang inisiatif baru yang tepat guna dan menghasilkan peningkatan jumlah pengguna sampai penguatan jumlah unduhan aplikasi DANA yang terekam di iOS dan Android. DANA percaya pencapaian ini tak lain bertujuan untuk mengejar akselerasi adopsi transaksi digital dan teknologi finansial yang inklusif.”

Pertumbuhan signifikan dirasakan DANA sejak awal kemunculannya di tanah air. Merujuk pada data yang terhimpun dalam App Annie – perusahaan penyedia analisis aplikasi dan data pasar aplikasi – lonjakan tertinggi berlangsung 32 bulan setelah diluncurkannya dompet digital DANA ke publik. Dalam peluncuran perdananya saat itu, jumlah pengguna DANA melesat hingga mencapai 40 juta pengguna.

Baca Juga: Tips Memilih Smartwatch dan Pilihan di Harga Mulai dari Rp 500 Ribuan

Merujuk pada data pertumbuhan yang DANA miliki, pertumbuhan jumlah pengguna masih konstan terjadi di mana DANA kini menyentuh angka lebih dari 79 juta pengguna pada akhir bulan Juli tahun 2021.

Aplikasi DANA. (DANA)
Aplikasi DANA. (DANA)

Selaras dengan jumlah penggunanya yang kian menanjak, DANA juga menguatkan peringkatnya sebagai aplikasi finansial di Indonesia dan Asia Tenggara yang paling banyak diunduh pada ponsel pintar berbasis iOS dan Android pada kuartal dua di tahun 2021 berdasarkan App Annie. Peringkat pertama ini umumnya diraih DANA secara berkelanjutan.

Guna menopang tingginya penerimaan masyarakat Indonesia terhadap teknologi finansial digital yang tercermin melalui pertumbuhan DANA, edukasi berkelanjutan pun tetap digencarkan lewat kampanye baru bertajuk ‘Pakai DANA #BebasDrama’ yang telah dikomunikasikan melalui pelbagai kanal yang DANA miliki.

Baca Juga: Potret Pelaminan di Tempat Tak Biasa Ini Bikin Tamu Kondangan Merinding

Kampanye ‘Pakai DANA #BebasDrama’ adalah wujud evolusi DANA sebagai dompet digital yang setia memudahkan transaksi digital pengguna. Usai mengajak para pengguna untuk beralih dari dompet konvensional menjadi dompet digital melalui pesan #GantiDompet, kini DANA kian mengukuhkan peran dan posisinya dalam bermacam-macam aktivitas keseharian masyarakat. Bahwa, penggunaan dompet digital DANA mampu membebaskan masyarakat dari sekelumit ketidakpraktisan pembayaran dan pengelolaan uang.

Pada kampanye teranyar ini, DANA menanamkan ulang beragam manfaat dompet digital yang terangkum dalam tiga prinsip utama, yaitu keamanan bertransaksi, solusi keuangan yang terintegrasi, serta teknologi pintar yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Jaminan keamanan yang diberikan kepada pengguna ini ditopang oleh beragam perlindungan DANA yang berlapis, termasuk salah satunya kebijakan DANA Protection yang memberikan jaminan proteksi 100% (sesuai Syarat dan Ketentuan yang berlaku).

Selanjutnya, DANA tak lupa memastikan kemudahan (seamless) bertransaksi digital pengguna. Kemudahan ini dimaksudkan agar pengguna dapat merasakan langsung kepiawaian DANA menjadi dompet digital dengan solusi keuangan yang terintegrasi. Kesanggupan DANA direfleksikan lewat jenis fiturnya yang beragam serta relevan dengan kehidupan pengguna sehari-hari, mulai dari pengiriman uang, pembayaran tagihan, hingga pembelanjaan daring.

Baca Juga: Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi RedmiBook Pro

Guna mendukung keamanan dan kemudahan yang ditawarkan, DANA selalu memperkuat layanannya dengan membenamkan teknologi pintar (smart). Selaku perusahaan teknologi finansial yang mengedepankan teknologi di garda terdepan, pengembangan teknologi-teknologi pintar menjadi sebuah tanggung jawab besar yang diemban DANA. Oleh karena itu, DANA menyematkan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation) teknologi baru yang memanfaatkan sistem pengenalan wajah untuk menyelesaikan pembayaran atas sebuah  transaksi, hingga menggunakan risk engine/fraud detection engine berbasis kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) untuk mengantisipasi kejahatan siber.

Ketiga prinsip utama ini diharapkan mampu merepresentasikan manfaat DANA baik secara fungsional maupun emosional. Secara fungsional yakni menjadikan DANA sebagai sebuah solusi terintegrasi yang memudahkan pembayaran dan pengelolaan finansial, sementara secara emosional yaitu menggiring pengguna agar mampu mengandalkan DANA dalam berbagai kebutuhannya.

Dalam kampanye ‘Pakai DANA #BebasDrama’, DANA juga membuka pandangan yang lebih luas akan dompet digital DANA khususnya di kalangan pekerja pemula dari Gen Y dan Z yang membutuhkan solusi praktis untuk mendukung transaksi-transaksinya di tengah produktivitasnya yang padat. Apalagi, aplikasi DANA tercatat menjadi aplikasi finansial utama berdasarkan indeks Generasi Z untuk kategori Average Monthly Active User (MAU) di Indonesia sepanjang kuartal ketiga tahun 2020 (App Annie).

Baca Juga: Diklaim Gelontorkan Dana Fantastis, HBO Tak Main-main Garap The Last of Us

Agar pengalaman bertransaksi yang #BebasDrama secara konsisten dapat dihadirkan, Vince menegaskan DANA akan terus mengembangkan kapabilitas dan fitur-fiturnya agar senantiasa friendly, accessible, dan trusted. Selain memperkuat dengan teknologi keamanan yang solid, DANA juga makin mengandalkan teknologi-teknologi pintar seperti kecerdasan artifisial guna lebih memahami ragam kebutuhan setiap penggunanya sehingga mampu menghadirkan solusi yang cerdas. Dimulai dari pertumbuhan yang cepat dalam aplikasi DANA serta penguatan manfaat transaksi digital #BebasDrama, DANA yakin mampu menunjang digital ekonomi yang semakin inklusif.

Kampanye ‘Pakai DANA #BebasDrama’ telah diluncurkan secara nasional sejak bulan Juni 2021 di seluruh kanal komunikasi resmi yang dimiliki DANA. Gambaran lengkap mengenai solusi yang ditawarkan DANA dalam kampanye ‘Pakai DANA #BebasDrama’ dapat disaksikan langsung melalui saluran resmi YouTube DANA di: bit.ly/DANABEBASDRAMA.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak