Internet

Disiapkan Rp 14,5 Triliun untuk Konten Kreator Facebook dan Instagram

Dana sebanyak ini juga akan digelontorkan untuk konten kreator Facebook dan Instagram selama satu setengah tahun ke depan.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)
Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)

Hitekno.com - Facebook telah menyiapkan 1 miliar dolar AS atau setara Rp 14,5 triliun yang akan digelontorkan untuk para konten kreator. Dana sebanyak ini akan ditujukan untuk menarik para kreator ke platform mereka.

Dana sebanyak ini juga akan digelontorkan untuk konten kreator Facebook dan Instagram selama satu setengah tahun ke depan.

Dikutip dari The Verge, uang sebanyak ini akan diberikan lewat kreator yang menggunakan layanan Facebook dan Instagram.

Di Facebook, kreator akan mendapatkan bonus uang tunik apabila mereka menjalankan iklan dari video yang diunggah atau mencapai batas tertentu selama live streaming.

Sementara di Instagram, kreator konten akan dibayar apabila mereka mengaktifkan layanan iklan di video IGTV yang diunggah, bonus saat melakukan live streaming, hingga membuat video populer di Reels.

Ilustrasi Instagram. (Pixabay)
Ilustrasi Instagram. (Pixabay)

Untuk saat ini, bonus Rp 14,5 triliun tersebut hanya tersedia terbatas untuk kreator yang menerima undangan dari Facebook. Setelahnya, informasi lebih lanjut akan segera diumumkan.

CEO Facebook Mark Zuckerberg juga mencanangkan program baru yang ditujukan untuk mengapresiasi kreator. Fitur ini direncanakan bakal hadir di Instagram pada musim panas (Juni-September) dan tersedia di Facebook pada musim gugur tahun ini (September-Desember).

"Inisiatif ini dimaksudkan untuk menjadikan Facebook sebagai platform terbaik bagi jutaan kreator konten," kata Mark Zuckerberg.

Dana Rp 14,5 triliun ini akan dicairkan Facebook dan Instagram mulai akhir 2022 mendatang.

Ini merupakan sebuah langkah agresif dari Facebook untuk menarik minat kreator konten menggunakan layanannya. Selain Facebook, aplikasi lain seperti TikTok dan Snapchat juga menawarkan bonus untuk kreator yang menggunakan platform mereka.

Itulah rencana Facebook dan Instagram dengan menyediakan dana fantastis bagi para konten kreator mereka. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait