Facebook Sempat Pecat Tiga Karyawan per Bulan, Ini Alasannya

Sudah ada 52 karyawan yang sudah dipecat Facebook karena data pribadi pengguna.

Agung Pratnyawan
Rabu, 14 Juli 2021 | 15:55 WIB
Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Simon)

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Simon)

Hitekno.com - Facebook dilaporkan telah memecat 52 karyawannya antara Januari 2014 hingga Agustus 2015. Pemecatan ini ternyata terkait dengan penyalahgunaan data pribadi pengguna.

Disebutkan kalau karyawan yang dipecat platform media sosial ini karena telah menyalahgunakan akses mereka pada data pribadi pengguna Facebook.

Salah satunya seorang lelaki yang melacak seorang perempuan ke sebuah hotel, setelah bertengkar. Satu lagi yang menemukan lokasi kencannya ketika dia berhenti menjawab pesannya.

Baca Juga: Facebook Kembangkan Kota Sendiri, Siapkan Lahan 59 Hektar

Detail mengejutkan terungkap dalam buku baru yang eksplosif berjudul 'An Ugly Truth: Inside Facebook's Battle for Domination', yang ditulis oleh jurnalis Sheera Frenkel dan Cecilia Kang.

Keduanya memberikan pandangan mendalam tentang kebangkitan dan kejatuhan raksasa media sosial itu.

Dalam kutipan buku yang dibagikan oleh The Telegraph, penulis mengungkapkan bahwa, rata-rata, tiga karyawan setiap bulan tertangkap mengeksploitasi data pribadi pengguna Facebook untuk keuntungan pribadi.

Baca Juga: Apa yang Orang Lain Bisa Lihat dari Profil Facebook Kamu? Yuk Dicek!

Tidak diketahui berapa banyak anggota staf lain yang juga dapat menyalahgunakan aksesnya yang diberikan Facebook.

Ilustrasi Facebook. (Pexels)
Ilustrasi Facebook. (Pexels)

Pada saat itu, lebih dari 16.000 karyawan memiliki akses ke data pribadi pengguna Facebook dengan organisasi.

Seorang karyawan mengatakan kepada penulis buku bahwa pengetatan pembatasan akan 'berlawanan dengan DNA Mark', mengacu pada CEO Zuckerberg.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Akun Facebook, WhatsApp, dan Instagram Dibajak Peretas

Informasi pribadi termasuk bertahun-tahun percakapan pribadi dengan teman-teman melalui Facebook Messenger, acara yang dihadiri, foto yang diunggah (termasuk yang telah dia hapus), dan posting yang dia komentari atau diklik.

Sebagian besar kasus di mana karyawan menyalahgunakan akses mereka ke data pribadi pengguna melibatkan lelaki yang mencari profil Facebook perempuan yang disukainya.

Masalah ini baru terungkap pada September 2015, hanya tiga bulan setelah Chief Security Officer saat itu Alex Stamos berjanji melakukan evaluasi terperinci atas keamanan Facebook.

Baca Juga: 9 Aplikasi Android yang Bisa Curi Password Facebook, Segera Hapus!

Alex Stamos menyampaikan presentasi kepada Zuckerberg dan eksekutif puncak lainnya, dia memperingatkan 'masalah sistemik'.

Menurutnya, selain memecat pelanggar ketika mereka tertangkap , raksasa media sosial itu tidak melakukan apa pun untuk mengatasi masalah tersebut.

"Alex Stamos mengatakan kepada eksekutif bahwa para insinyur menyalahgunakan akses mereka dan melanggar privasi pengguna 'hampir setiap bulan," kata buku itu.

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)
Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)

Menurut penulis, kasus yang disorot Stamos hanya yang diketahui perusahaan. Masih ada ratusan lainnya yang di bawah radar.

Buku itu mengungkapkan Mark Zuckerberg 'terkejut' dan mempertanyakan mengapa tidak ada yang dilakukan lebih cepat, membuat perubahan 'prioritas utama'.

Namun, seperti yang diungkapkan buku tersebut, penyalahgunaan data dimungkinkan karena sistem ini dirancang terbuka bagi semua karyawan.

Keterbukaan ini adalah sesuatu yang ditanamkan di perusahaan sejak awal tetapi, pada tahun 2015, tenaga kerja telah tumbuh menjadi beberapa ribu.

Seorang karyawan lama memberi tahu penulis bahwa perubahan penggunaan data telah diusulkan di masa lalu tetapi tidak berhasil.

Facebook mengatakan kepada DailyMail.com, Rabu (14/7/2021) bahwa mereka memiliki pendekatan tanpa toleransi terhadap karyawan yang ditemukan mengakses data pengguna untuk tujuan non-bisnis.

"Kami selalu memiliki toleransi nol untuk penyalahgunaan dan telah memecat setiap karyawan yang pernah ditemukan mengakses data secara tidak benar," kata seorang juru bicara.

Frenkel dan Kang keduanya jurnalis untuk New York Times, masing-masing meliput keamanan siber, serta teknologi dan kebijakan regulasi.

Penulis mengatakan mereka melakukan lebih dari 1.000 jam wawancara dengan eksekutif, karyawan saat ini dan mantan, anggota keluarga, teman, teman sekelas, investor, penasihat, dan lainnya dengan pengetahuan tentang raksasa media sosial untuk buku tersebut.

Itulah laporan terkini dari Facebook yang telah memecat setidaknya tiga karyawan tiap bulan. Hal ini karena penyalahgunaan akses data pribadi pengguna.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak