Internet

Cara Membuat Surat Resign Kerja yang Baik dan Benar

Sudah bosan dengan pekerjaan, begini cara membuat surat resign yang benar.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi bekerja. (Pixabay/ Firmbee)
Ilustrasi bekerja. (Pixabay/ Firmbee)

Hitekno.com - Memiliki pekerjaan memang seharusnya menjadi suatu hal yang kita syukuri, terlebih banyak orang yang masih sulit mencari pekerjaan. Namun tak bisa dipungkiri jika apa yang terjadi dalam perusahaan bisa membuatmu tidak lagi nyaman dengan pekerjaan yang kamu jalani sekarang. Atasan kurang menghargai, lingkungan kerja negatif, tempat kerja terlalu jauh, pekerjaanmu ternyata tidak sesuai passion, dan lain sebagainya.

Cara membuat surat resign menjadi penting untuk kamu ketahui jika kamu sudah tidak nyaman di tempat kerjamu. Dalam cara membuat surat resign, ada beberapa aturan yang harus kamu ketahui. Mulai dari menuliskan identitas diri secara lengkap, memberikan alasan yang logis, menggunakan bahasa yang sopan dan halus, serta yang terpenting, mengucapkan permohonan maaf dan terima kasih.

Surat pengunduran diri ini biasanya ditujukan untuk departemen yang mengurus karyawan atau human resource department (HRD). Walaupun sebelumnya kamu sudah mengajukan pengunduran diri secara lisan, ada baiknya membuat surat resign sebagai cara mengakhiri hubungan pekerjaan dengan sopan. Berikut cara membuat surat resign HiTekno.com.

Ilustrasi bekerja. (Pixabay/ Firmbee)
Ilustrasi bekerja. (Pixabay/ Firmbee)

Format Cara Membuat Surat Resign
1. Tanggal dan tempat penulisan surat pengunduran diri
2. Alamat lengkap tujuan surat / penerima surat
3. Data diri
4. Isi surat pengunduran diri dan alasan mengundurkan diri (jika ada)
5. Nama lengkap dan tanda tangan
6. Materai

Cara Membuat Surat Resign
1. Header  
Mulailah dengan informasi kontakmu dan atasan siapa pun yang kamu tuju, disertai tanggal pembuatan surat tersebut.

2. Salam        
Tulis kepada siapa tujuan surat tersebut (Yth. Bapak X/ Ibu Y)

3. Paragraf    
Cara membuat surat resign disini kamu bisa utarakan keinginan untuk mengundurkan diri, beserta tanggal kamu mengundurkan diri. Jika memungkinkan, beritahukan apa alasanmu meninggalkan pekerjaan tersebut. Informasikan bahwa kamu bersedia membantu “peralihan” tugas kepada orang baru, kecuali kamu benar-benar tidak bisa melakukannya. Ucapkan terima kasih atas kesempatan bekerja, termasuk juga hal-hal baik yang kamu rasakan di perusahaan tersebut.

4. Permintaan jika kamu membutuhkan referensi
5. Penutup dan Tanda Tangan

Cara membuat Surat Resign yang Harus Dihindari
Cara membuat surat resign yang harus dihindari pertama adalah, jangan mengajukan surat pengunduran diri kalau kamu masih belum yakin dengan keputusanmu tersebut. Termasuk, kalau tujuanmu hanya sekadar gaji yang lebih baik dari sekarang. Kalau memang begitu kasusnya, kamu bisa mulai dulu dengan berdiskusi bersama atasan, sekiranya mungkin ada jalan keluar selain mengundurkan diri.

Berikutnya, pantang menjelek-jelekkan siapa pun dalam surat pengunduran diri yang kamu ajukan. Lalu, jangan lupa ungkapkan rasa terima kasih untuk semua hal baik yang kamu dapatkan dari tempat kerja tersebut. Baik itu perlakuan baik setiap orang, maupun setiap pembelajaran yang ada. Jangan pula menyombongkan pekerjaan di tempat barumu, dan sampaikan pula sejujurnya saat interview, alasan keluar dari perusahaan itu. Terakhir, jangan lupa cek dan baca ulang surat pengunduran diri yang kamu buat. Agar, surat tersebut seefektif mungkin, dan tidak menyakiti siapa pun.

Contoh Membuat Surat Resign yang Baik dan Benar

Malang, 2 April 2021

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Maju Terus Pantang Mundur
Malang

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Alamat :
Jabatan :

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal 19 Juli 2021. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin berwirausaha.
Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja secara profesional di perusahaan Bapak/Ibu. Pengalaman yang berharga disertai dengan bimbingan yang selama ini telah diberikan secara tidak langsung maupun secara langsung.
Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak dapat menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu di kemudian hari. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin semakin berkembang.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri, tanpa ada paksaan dari siapapun.

Hormat saya,
tanda tangan
(nama lengkap)

Begitulah secara detail cara membuat surat resign dengan baik, langsung cobain ya. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait