Internet

Cara Menambahkan Musik di Instagram Stories, Mudah dan Praktis

Ada beragam cara Cara Menambahkan Musik di Instagram Stories.

Agung Pratnyawan

Cara posting Instagram Music di Insta Story. (HiTekno.com)
Cara posting Instagram Music di Insta Story. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Ikuti cara menambahkan musik di Instagram Stories dengan mudah dan ringkas. Kamu bisa melakukannya secara langsung, atau menggunakan aplikasi tambahan lainnya.

Setelah penantian yang cukup panjang, Instagram Music resmi hadir di Indonesia pada Rabu (23/6/2021). Fitur tersebut pertama kali dirilis secara global pada Juni 2018 lalu.

Dengan fitur Instagram Music, pengguna dapat menyisipkan potongan lagu dalam unggahan foto maupun video Instagram Stories melalui menu Sticker. Pengguna juga dapat mengkustomisasi tampilan dengan menambahkan teks maupun lirik sesuai keinginan.

Selain fitur Instagram Music, Reels juga kini tersedia di Indonesia. Instagram Reels sendiri bisa dikatakan kompetitor TikTok karena memiliki fitur serupa. Yakni membuat sebuah konten berupa video berdurasi 15-30 detik.

Bisa tambahkan lagu, efek filter keren, mengatur kecepatan video hingga membagikan konten tersebut ke Reels. Untuk memperoleh fitur Instagram Music, pengguna harus melakukan update terlebih dahulu lewat toko aplikasi Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Berikut cara menambahkan musik di Instagram Stories yang HiTekno.com rangkum untuk Anda.

  1. Buka aplikasi Instagram, dan ketuk 'Your Story' untuk membuat Stories.
  2. Ambil foto atau rekam video sesuai keinginan kamu.
  3. Cara menambahkan musik di Instagram Stories selanjutnya, masuk ke tab "Stiker" dan tekan ikon stiker "Music".
  4. Pilih lagu yang ingin dimasukkan ke dalam story. Kamu juga bisa cari lagu di kolom pencarian di bagian atas.
  5. Cara menambahkan musik di Instagram Stories kemudian, kamu bisa atur durasi lagi yang ingin ditampilkan dalam story berikut dengan liriknya.
  6. Kamu juga bisa kustomisasi lagi Stories dengan menambahkan teks, emoji, GIF atau lainnya.
  7. Cara menambahkan musik di Instagram Stories setelah selesai tekan "Post".

 

Durasi Maksimal

Perlu kamu tahu, durasi maksimal memutar lagu di Instagram Music adalah 15 detik. Karena itu, kamu harus menentukan, titik lagu itu diputar. Ada rekomendasi titik yang diberikan Instagram.

Setelah memilih bagian yang tepat, tentukan durasinya di sisi kiri dengan mengetuk ikon angka '15'. Kemudian, kamu bisa pilih visualisasi lirik yang hendak ditampilkan. Di situ ada beberapa opsi jenis tampilan yang bisa digunakan sesuai selera. Ada yang menampilkan lirik layaknya mengetik hingga tempelan poster lagu tersebut.

Cara Menambahkan Musik di Instagram Stories Dengan Aplikasi

Ilustrasi Instagram Story. (Pixabay)
Ilustrasi Instagram Story. (Pixabay)

1. Cara Menambahkan Musik di Instagram Stories dengan Sounds

Aplikasi Sounds memang secara terang-terangan membranding dirinya sebagai penyedia lagu untuk Instagram. Cara menambahkan musik di Instagram Stories ini bisa kamu jalankan di Android maupun iOS.

Sounds bisa membantumu dalam menemukan lagu kesukaanmu tanpa harus mengunduh lagunya terlebih dahulu. Jika kamu sudah menemukan lagu favoritmu, cukup tekan tombol Share yang terletak di bagian bawah dan ketuk ikon Instagram. Selain Instagram, kamu juga bisa membagikan lagu favoritmu ke facebook, twitter dan snapchat.

2. Cara menambahkan musik di Instagram Stories dengan Flipagram

Melalui Cara menambahkan musik di Instagram Stories ini bisa membantumu dalam membuat video sederhana dengan memanfaatkan foto-foto yang tersimpan di HP. Layaknya filter milik Instagram, Flipagram juga menyediakan beberapa efek khusus yang pastinya sayang banget untuk dilewatkan.

Uniknya Flipagram dapat menambahkan lagu yang tak hanya tersimpan di HP mu, tetapi juga lagu yang belum pernah kamu unduh sama sekali.

Kamu juga bisa mengatur bagian mana dari lagu tersebut yang akan kamu tambahkan ke dalam stories-mu kelak. Keuntungan dari Flipagram ini selain bisa menulis caption secara langsung di aplikasinya juga bisa mengirimkan hasil video stories buatanmu melalui fasilitas DM milik Instagram.

Kalau bicara soal kualitas, tentu penggunaan aplikasi akan sangat lebih baik jika dibandingkan metode perekaman secara langsung.

Itulah cara menambahkan musik di Instagram Stories untuk membuat postingan lebih semarak. Mudah sekali bukan? Selamat mencoba!

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait