Internet

Kisah Pria Pengumpul Kardus, Beli Hewan Kurban Pakai Uang 2000-an

Di tengah kekurangannya, pria ini masih bisa menyisihkan uang untuk membeli hewan kurban.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi kambing. (Pixabay/ Annette Meyer)
Ilustrasi kambing. (Pixabay/ Annette Meyer)

Hitekno.com - Seorang pria yang sehari-hari berprofesi sebagai pengumpul kardus telah sukses mencuri perhatian netizen melalui kisahnya membeli hewan kurban.

Bukan tanpa alasan, ditengah kekurangan pria ini masih sanggup menyisihkan uang untuk membeli hewan kurban.

Kisah bagaimana pria ini termuat dalam kisah viral di media sosial setelah menjadi perbincangan netizen.

Sebelumnya diketahui, tiap hari raya Iduladha, dilakukan kegiatan penyembelihan hewan kurban untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim. Adapun momen yang juga kerap disebut Lebaran Haji itu jadi saat-saat orang mulai membeli hewan kurban.

Seperti yang dilakukan seorang pria bernama Afif atau yang akrab disapa Aep. Kisah pria yang sehari-hari bekerja sebagai pengumpul kardus tersebut dibagikan akun Twitter @BacaSaung, pada Jumat (17/7/2021).

Dalam thread cuitan Twitter yang dibagikan, diceritakan Aep membeli hewan kurban dengan uang pecahan Rp 2 ribu. Disebutkan uang itu dikumpulkan Aep secara perlahan dari hasil jual kardus setiap hari.

"Dengan segala kekurangan yang ia miliki, ia masih memiliki hati yang sungguh hebat. Subhanallah," kata Hendro Pratama selaku salah satu pengunggah di Facebook.

Viral Kisah Laki-laki Pengumpul Kardus Beli Hewan Kurban (Twitter)
Viral Kisah Laki-laki Pengumpul Kardus Beli Hewan Kurban (Twitter)

Diceritakan pula bahwa Aep merupakan anak yang tidak pernah sekolah dan mengalami cadel. Setiap hari, ia mulai mengumpulkan kardus pada pukul 9 malam, yakni ketika toko mulai tutup di daerah Taman Wisma Asri 2, Teluk Pucung, Bekasi Utara.

Selain memungut kardus, sehari-hari Aep juga dikenal sebagai pribadi yang suka membantu dan kerap menghibur warga. Karenanya, para warga turut senang ketika Aep bercerita bahwa ia telah membeli kambing untuk dikurbankan.

"Aep berkurban tahun ini, saat kita semua sedang blangsak begini, nomer satu emang Aep. Juara," ujar akun @BacaSaung, memuji Aep yang tetap berkurban meski di tengah pandemi yang serba berkesusahan.

Cuitan tersebut disukai 22 ribu pengguna. Para netizen pun turut memberikan komentar hingga viral di media sosial. Kebanyakan yang merasa salut dengan aksi Afif atau Aep itu.

"Sementara kita masih ngelah ngeluh, dan tak jarang ada yang stres dan menghabiskan duitnya beli narkoba," ujar netizen.

"Malu rasanya diri ini. Coba renungkan, sadar gak sih, hape yang kita pakai buat ngetwit ini harganya berapa? Mumpung masih ada waktu, yuk kita berkurban. Beli kambingnya, jangan beli ateng sama tusuk satenya doang," kata netizen. 

"Sungguh aku malu kepadamu, saudaraku. Dengan segala keterbatasanmu, engkau mengiris hati ini. Semoga sehat selalu, jiwa dan batinmu. Allah SWT limpahkan rezeki yang halal dan barokah. Amin," tambah yang lain.

"Ternyata dia tidak punya kekurangan,,yang punya kekurangan adalah kita yang dimampukan Allah tapi tidak mampu berkurban," ucap netizen.

Itulah kisah viral di media sosial, pria yang di saat kekurangannya masih bisa menyisihkan uang untuk membeli hewan kurban. (Suara.com/ Aulia Hafisa).

Berita Terkait