Internet

WargaBantuWarga, Situs Bagi Info Kamar RS, Donasi hingga Kontak Ambulans

WargaBantuWarga.com menyediakan berbagai database informatif seputar Covid-19.

Rezza Dwi Rachmanta

WargaBantuWarga menyediakan berbagai informasi mengenai fasilitas kesehatan untuk Covid-19. (WargaBantuWarga.com)
WargaBantuWarga menyediakan berbagai informasi mengenai fasilitas kesehatan untuk Covid-19. (WargaBantuWarga.com)

Hitekno.com - Pandemi Covid-19 membuat para relawan dan warga bergerak untuk saling membantu satu sama lain. Salah satu situs bernama WargaBantuWarga.com menyediakan berbagai informasi terkait ketersediaan kamar rumah sakit, donasi, hingga deretan kontak untuk memanggil ambulans.

Tim HiTekno.com mencoba mengakses situs WargaBantuWarga.com dan menemukan bahwa portal tersebut sangat informatif. Tampilan portal nampak sederhana dengan beberapa link yang langsung muncul ketika kita mengakses halaman utama.

Deretan link mengarah ke lembaga resmi kesehatan terkait penanggulangan Covid-19. Kita dapat menemukan link yang menuntun kepada Google Docs dengan banyak kontak terkait nomor darurat untuk memanggil ambulans, info donor plasma, penyedia oksigen, hingga rumah sakit terdekat.

Pengunjung situs dapat dengan mudah menemukan daftar kontak fasilitas dan alat kesehatan di masing-masing provinsi.

Tak hanya itu, WargaBantuWarga juga menyediakan tutorial cara penggunaan tabung oksigen serta penggalangan dana untuk menolong warga yang terdampak Covid-19.

Ilustrasi dokter. (Pixabay)
Ilustrasi dokter. (Pixabay)

Situs ini menggandeng portal lainnya seperti KitaBisa.com, ForumZakat, KawalCovid19, Indorelawan, Filantropi Indonesia, Narasi, Dompet Dhuafa dan masih banyak lagi.

"Halo warga, dokumen ini adalah kumpulan berbagai informasi seputar COVID-19 di Indonesia yang didapatkan melalui internet, media sosial, atau tim di lapangan. Dokumen diperbarui secara berkala oleh para relawan. Anda bebas menggunakan dan menyebarluaskan informasi yang ada dalam dokumen ini," tulis keterangan dalam situs resmi WargaBantuWarga.com.

Database Google Docs di situs WargaBantuWarga. (WargaBantuWarga.com)
Database Google Docs di situs WargaBantuWarga. (WargaBantuWarga.com)

Database yang ada juga cukup lengkap karena mencakup kontak-kontak layanan kesehatan di sebagian wilayah Indonesia.

Beberapa provinsi yang dicantumkan adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur.

Tepat di bawah kolom Daftar Isi, pengunjung bisa menemukan dua link terkait ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 dan juga daftar rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia.

Salah satu daftar isi di WargaBantuWarga. (WargaBantuWarga.com)
Salah satu daftar isi di WargaBantuWarga. (WargaBantuWarga.com)

Link yang disediakan bakal mengarah langsung ke portal resmi Sistem Informasi Rawat Inap (SIRANAP) milik Kemenkes. Portal tersebut dapat memberikan informasi ketersediaan kamar rumah sakit yang ada pada masing-masing kabupaten dan provinsi.

WargaBantuWarga mempunyai deretan link edukasi terkait vaksinasi, cara menjaga kesehatan mental, tips isolasi mandiri, penggunaan tabung oksigen dan lain-lain. Untuk mengakses situs WargaBantuWarga, kalian bisa mengunjungi melalui link ini. 

Berita Terkait