Internet

Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Begini cara menonaktifkan panggilan WhatsApp dengan mudah!

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)

Hitekno.com - Aplikasi WhatsApp memiliki fitur telepon, namun terkadang fitur ini sangat mengganggu di momen penting, jika kamu sudah terganggu maka ini langkah mudah cara menonaktifkan panggilan WhatsApp.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan singkat paling populer saat ini. Selain digunakan sebagai media untuk chatting, WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan juga panggilan video.

Sekarang ini kedua jenis panggilan WhatsApp ini sering dipakai karena hanya memerlukan koneksi internet saja untuk melakukannya. Walaupun memiliki banyak manfaat, fitur ini juga kadang bisa mengganggu.

Pasalnya fitur telepon WhatsApp tidak dapat dinonaktifkan, sehingga akan mengganggu kamu saat bekerja, rapat, presentasi, dan lain sebagainya. Meski demikian ada cara menonaktifkan panggilan WhatsApp yang bisa kamu coba sebagai alternatif. Cara menonaktifkan panggilan WhatsApp ini tidak memerlukan aplikasi tambahan, jadi kamu tidak perlu khawatir. Berikut cara menonaktifkan panggilan WhatsApp.

Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)
Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)

Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp

Cara menonaktifkan panggilan WhatsApp tanpa aplikasi tambahan yang pertama adalah dengan menonaktifkan notifikasi WhatsApp. Kamu hanya perlu memanfaatkan fitur Settings yang pasti telah ada di smartphone.

1. Buka menu Settings di HP kamu, lalu masuk ke menu Apps.
2. Kemudian, cari ikon dan nama aplikasi WhatsApp.
3. Pada bagian App Info, scroll ke bawah hingga menemukan menu App Settings, lalu masuk ke bagian Notifications.
4. Pada menu App Notifications, geser toggle Allow Notifications hingga berwarna abu-abu. Jika sudah, maka notifikasi aplikasi WhatsApp di smartphone-mu telah berhasil dimatikan.

Mengubah Izin Aplikasi WhatsApp

Cara menonaktifkan panggilan WhatsApp selanjutnya bisa dilakukan dengan mengubah izin aplikasi WhatsApp. Masih dengan memanfaatkan fitur Setting, kamu bisa mematikan perizinan telepon untuk aplikasi WhatsApp, sehingga kamu tidak akan menerima panggilan masuk. Tidak hanya itu, di fitur ini, kamu juga bisa mengatur menu-menu apa saja yang bisa diakses oleh WhatsApp, seperti kamera, kontak, lokasi, microphone, hingga folder penyimpanan.

1. Buka menu Settings di HP kamu, lalu masuk ke menu Apps dan cari aplikasi WhatsApp.
2. Pada bagian App Info, scroll ke bawah hingga menemukan menu App Settings, lalu masuk ke bagian Permissions.
3. Pada menu App Permissions, geser toggle Phone hingga menjadi abu-abu. Jika sudah, kamu tidak akan terganggu lagi oleh notifikasi panggilan masuk di aplikasi WhatsApp.

Mengaktifkan Mode Do Not Disturb

Cara menonaktifkan panggilan WhatsApp dengan mengaktifkan mode Do Not Disturb. Hampir tiap smartphone masa kini sudah dibekali dengan fitur bermanfaat satu ini. Meskipun WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan dan panggilan terbaik, namun ada kalanya kita tidak ingin menerima panggilan masuk, baik suara maupun video, karena berbagai alasan pribadi. Oleh karena itu, aktifkan saja mode Do Not Disturb pada HP-mu.

1. Scroll ke bawah pada menu pop-up notifications hingga kamu menemukan mode Do Not Disturb.
2. Klik pada mode tersebut hingga muncul tulisan "Do not disturb enabled".

Memaksa Berhenti (Force Stop) Aplikasi WhatsApp
Cara menonaktifkan panggilan WhatsApp tanpa aplikasi yang bisa kamu lakukan terakhir adalah dengan memberlakukan Force Stop terhadap aplikasi WhatsApp. Fitur Force Stop memungkinkan aplikasi apa pun yang berjalan di latar belakang untuk berhenti sementara hingga aplikasi tersebut kamu buka kembali.

Dengan demikian, jika kamu memaksa berhenti aplikasi WhatsApp, maka semua notifikasi, termasuk chat, voice call, video call, dan sebagainya, tidak akan muncul pada pop-up notifications.

1. Buka menu Settings di HP kamu, lalu masuk ke menu Apps dan cari aplikasi WhatsApp.
2. Pada bagian App Info, klik pada pilihan Force Stop.

Tak perlu khawatir, ketika kamu membuka kembali aplikasi WhatsApp, kamu akan mendapatkan semua notifikasi yang sempat tertunda. Bagaimana mudah bukan cara menonaktifkan panggilan WhatsApp?

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait