Internet

9 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Gratis di HP

Dengan aplikasi ini kamu bisa belajar bahasa asing dengan mudah.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi sekolah online atau belajar online. (Pixabay)
Ilustrasi sekolah online atau belajar online. (Pixabay)

Hitekno.com - Selain di sekolah yang diajari bahasa asing, ada beberapa cara hal untuk belajar yaitu melalui aplikasi belajar asing yang membuat momen belajar kamu makin mudah. 

Belajar bahasa asing bukanlah hal yang mudah, tetapi menguasai bahasa baru di luar bahasa ibu, memiliki manfaat yang besar. Salah satunya, saat liburan ke mancanegara, kamu bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari budaya yang sama sekali berbeda.

Ada banyak cara untuk belajar bahasa asing, mulai dari mengikuti les hingga belajar secara otodidak. Akan tetapi, belajar bahasa asing tanpa bantuan seperti di lembaga belajar bahasa asing dapat menjadi tantangan sendiri.

Meski demikian, bukan berarti kamu tidak mungkin belajar bahasa asing sendiri. Saat ini, Internet dipenuhi oleh alat pembelajaran bahasa, seperti apps, penerjemah, dan ebooks. Banyak dari fasilitas ini bisa kamu dapatkan dengan cuma-cuma. Kamu juga bisa memanfaatkan HP kamu untuk belajar Bahasa asing. Aplikasi belajar bahasa asing gratis bisa kamu temukan di Play Store atau App Store. Berikut aplikasi belajar Bahasa asing yang bisa kamu instal. 

1. Babbel

Aplikasi belajar bahasa asing menawarkan 14 bahasa yang bisa kamu pelajari via aplikasi ini, dari mulai Spanyol, Perancis, Italia, Jerman, dan banyak lainnya. Tak perlu minder tingkat bahasamu rendah karena aplikasi ini cocok dipelajari berbagai level.

2. Duolingo

Aplikasi belajar bahasa Inggris Duolingo. (Play Store)
Aplikasi belajar bahasa Inggris Duolingo. (Play Store)

Aplikasi belajar bahasa asing berlogo burung hantu ini sudah diunduh 100 juta pengguna. Kamu bisa belajar kosa kata populer yang digunakan setiap hari. Asiknya lagi, kamu bisa belajar berbicara, mendengarkan, menulis, dan membaca dalam satu aplikasi ringkas.

3. Rosetta Stone

Aplikasi belajar bahasa asing menawarkan 22 bahasa asing. Aplikasi belajar bahasa asing ini dapat mempermudah kamu dalam belajar bahasa. Ada beberapa unit yang bisa dipelajari, dari mulai language basics, greetings and introductions, work and school, hingga shopping.

4. Tandem language exchange

Kamu tidak hanya bisa belajar bahasa asing, tapi juga bisa berteman dengan berbagai orang dari benua lain. Ada komunitas khusus dimana setiap calon anggota akan diseleksi. Aplikasi belajar bahasa asing ini memiliki fitur chat, video, dan pesan suara yang bisa dikirimkan.

5. Memrise

Memrise adalah salah satu aplikasi belajar bahasa asing yang bisa diunduh di Google Play Store. Metode pengajaran yang berulang membuatmu mengingat kata dengan mudah.

6. Busuu

Kamu bisa belajar vocab dan grammar dari aplikasi ini. Aplikasi belajar bahasa asing ini bisa untuk belajar 12 bahasa di dunia. Kamu juga bisa chatting dengan anggota lain lintas benua. Gak hanya belajar, aplikasi ini juga membuatmu mendapat teman baru.

7. HiNative

Aplikasi belajar bahasa asing menawarkan belajar 110 bahasa secara gratis. Kamu bisa merekam pertanyaan dengan fitur audio uploads dan mendapat respon dari native speaker mengenai aksen yang kamu gunakan. Selain itu, aplikasi ini juga bakal berguna untukmu penyuka travelling. Kamu bisa bertanya mengenai tips destinasi negara tujuanmu pada pengguna lain.

8. Mondly languages

Aplikasi belajar bahasa asing memiliki fitur yang bisa dicoba, salah satunya adalah 'speech recognition' yang memudahkanmu belajar logat, intonasi serta pengucapan yang tepat.

9. Cake

Aplikasi belajar bahasa asing ini merupakan salah satu aplikasi khusus untuk belajar bahasa Inggris. Kamu dapat mempelajari bahasa Inggris melalui percakapan yang singkat dan menyenangkan. Dan percakapan itu, dapat kamu nikmati melalui video-video dari Youtube yang telah diberi subtitle bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya. Selain itu, kamu juga bisa berbicara dengan para penutur asli bahasa Inggris melalui salah satu fitur speaking yang disediakan Cake. kamu juga bisa memeriksa pelafalan bahasa Inggris melalui fitur AI Speech Recognition, merekam suara dan mendapatkan feedback langsung.  

Aplikasi belajar bahasa asing ini di atas bisa menjadi alternatif kamu saat ingin belajar bahasa asing dengan mudah. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait