Internet

Perjuangan Siswa SD Menyeberangi Sungai, Bertaruh Nyawa Demi ke Sekolah

Berbekal jaring bambu dan tali, bagaimana mereka bisa menyeberangi suangai?

Agung Pratnyawan

Video viral siswa SD menyebrang sungai. (Instagram/@undercover.id)
Video viral siswa SD menyebrang sungai. (Instagram/@undercover.id)

Hitekno.com - Beredar video yang menampilkan tiga anak dengan seragam SD hendak menyeberangi sungai dengan menggunakan tali dan jaring bambu. Bagaimana siswa SD ini melakukannya?

Video tersebut pun menjadi sorotan netizen hingga viral di media sosial. Bagaimana perjuangan mereka ke sekolah menjadi pembicaraan.

Video viral itu dibagikan oleh akun Instagram @undercover.id. Ketiga bocah tersebut tampak menggunakan alat seadanya untuk menyebrangi sungai itu.

Dalam video singkat tersebut, mereka terlihat masih mengenakan seragam SD berwarna merah dan putih. Ketiga bocah tersebut terdiri atas dua cewek dan satu cowok.

Mereka bersama-sama menyebrangi sungai tersebut. Awalnya, ketiga siswa itu terlihat menaruh tas dan alat sekolahnya di sebuah jaring bambu.

Sebelum memulai untuk menyebrangi sungai tersebut, mereka saling berpegangan pada jaring bambu itu.

Jaring bambu itu diikat pada tali yang digantung pada besi yang terpasang melintangi sungai. Mereka pun mengambil langkah mundur sebagai persiapan awal sebelum menyebrangi sungai itu.

Video viral siswa SD menyebrang sungai. (Instagram/@undercover.id)
Video viral siswa SD menyebrang sungai. (Instagram/@undercover.id)

 

Ketiga siswa itu terlihat menggantung dan berpegangan erat pada jaring bambu itu. Hingga pada akhirnya mereka tiba di sebrang sungai.

Berdasarkan video itu, terlihat tidak ada orang dewasa yang menunggu di sebrang sungai itu.

Akan tetapi belum diketahui lokasi kejadian video tersebut. Belum ada konfirmasi pula soal kebenaran dari video perjuangan siswa SD ini.

Melihat video viral tersebut, netizen merasa pilu sekaligus miris melihat kondisi daerah tersebut.

Netizen berharap agar pemerintah daerah setempat bisa memberikan akses yang layak untuk siswa yang hendak berangkat ke sekolah.

"Taruhan nyawa demi sekolah," balas netizen.

"Kesuksesan memang diraih dengan jerih payah. Bukan dengan menantang maut. Potret infrastruktur yang jauh dari kata merata," ujar netizen.

"Haru dan bangga sama anak-anak ini," timpal netizen.

"Ya Allah dari pada bangun ibu kota baru mending bikin jembatan ini," komentar netizen lain.

Meski belum diketahui kebenaran siswa SD ke sekolah dengan menyeberangi suangi ini, video tersebut sudah viral di media sosial jadi pembahasan netizen. (Suara.com/ Nur Afitria Cika Handayani).

Berita Terkait