Kisah Driver Ojol Berburu BTS Meal, Antre Berjam-jam Cuma Dapat Rp 12 Ribu

Antre berjam-jam, resiko tertular, cuma dapat Rp 12 ribu.

Agung Pratnyawan
Kamis, 10 Juni 2021 | 09:00 WIB
Antrean driver ojol dalam menunggu BTS Meal. (SuaraJogja.id/ Hiromi)

Antrean driver ojol dalam menunggu BTS Meal. (SuaraJogja.id/ Hiromi)

Hitekno.com - Menu BTS Meal hasil kolaborasi McDonald's dengan grup BTS tengah ramai menjadi pembicaraan. Tidak kecualai perpuangan para pengemudi ojek online atau driver ojol dalam memenuhi permintaan customer akan menu tersebut.

McDonald's sendiri telah meluncurkan BTS Meal pada Rabu, 9 Juni 2021, pukul 11.00 WIB. Yang bisa dipesan menggunakan sejumlah layanan jasa antar oleh driver ojol.

Sejak beberapa hari lalu, menu yang hanya dapat dipesan melalui pemesanan online ini memang ramai dibicarakan. Puncaknya hari ini, saat ratusan driver membludak untuk berburu pesanan BTS Meal McD.

Baca Juga: Army Indonesia Galang Dana untuk Driver Ojol BTS Meal, Tembus Rp 60 Juta!

Pada aplikasi ojol, satu paket menu BTS Meal McD ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 45 ribu hingga Rp 52 ribu. Namun, dari hype BTS Meal ini, lagi-lagi pengemudi ojek online atau ojol yang mesti menanggung ongkosnya.

Salah satunya dialami oleh pengemudi ojol dari aplikasi Gojek bernama Bimo lewat akun Twitter @GKadang2. Kepada Suara.com, Bimo menceritakan keluh kesahnya saat mesti mengantre selama lebih dari tiga jam dengan bayaran Rp 12 ribu.

Pukul 11.00 sebuah pesanan masuk ke aplikasi Gojek Bimo. Posisinya saat itu lumayan jauh. Bimo yang baru saja mengantar pesanan lain, langsung menggeber motornya menuju lokasi McDonald's yang dituju.

Baca Juga: Sisca Kohl Borong BTS Meal Buat Bikin Es Krim, Netizen Auto Nangis

Mulanya, ia berpikir bahwa antrean tidak akan terlalu membludak, tetapi dugaannya salah. Begitu tiba, ratusan orang berjaket hitam hijau telah memadati lokasi.

Saus Cajun dan Sweet Chilli Sauce yang menjadikan BTS Meal ini begitu spesial. (Suara.com/ Amertiya)
Saus Cajun dan Sweet Chilli Sauce yang menjadikan BTS Meal ini begitu spesial. (Suara.com/ Amertiya)

"Itu belum sama yang drive thru," kata Bimo.

Kian menit pengemudi ojol lain terus berdatangan. Beberapa di antaranya bahkan mulai resah, karena masih pandemi Covid-19. Apalagi, setiap pesanan membutuhkan waktu sekitar tiga hingga lima menit untuk disiapkan sebelum diantar ke pelanggan. Alhasil antrean makin menumpuk dan tidak terkendali.

Baca Juga: Curhatan Driver Ojol Minta Customer Sabar menunggu BTS Meal

"Kalau lihat post saya di Twitter saya dapat order pukul 11.00 baru bisa nenteng pesanan pukul 14.30," bebernya.

Dengan antrean yang makin berjubel dan berdesakan, nyaris sulit untuk bisa menjaga jarak sesuai protokol kesehatan. Bukan tidak mungkin driver ojol berisiko tinggi tertular Covid-19.

"Kekhawatiran (tertular Covid-19) pasti ada tapi ya bagaimana lagi kerja kita seperti ini. Tiap hari harus berada di jalanan," kata Bimo.

Baca Juga: Ramai Pembahasan #BTSMeal, Antrean Driver Ojol Hingga Seperti Apa Wujudnya

Ia sudah tahu risiko antre ketika menerima pesanan tersebut. Namun Bimo tidak pernah menyangka akan sepadat dan selama itu. Bimo masih bisa mentolerir jika antrean berkisar dalam waktu satu jam.

"Ini malah sampai tiga jam lebih," ungkapnya.

Sebagai perbandingan, dengan waktu yang sama, Bimo seharusnya bisa dapat lebih dari tujuh order dengan jarak terpendek. Dengan durasi serupa, semestinya ia juga bisa mengumpulkan lebih dari Rp 70 ribu.

"Tadi saya dapat Rp 12 ribu," kata Bimo singkat.

Ini karena aplikasi Gojek sendiri tidak memperhitungkan lama menunggu untuk dimasukkan ke dalam tarif.

Beruntung pelanggan yang memesan BTS Meal McD mau berbaik hati memberikan uang tip, meski Bimo enggan menyebutkan nominal pastinya.

"Iya makanya kalau driver dapat resto yang lama jatuhnya bukan untung," keluhnya.

Kemitraan yang super eksploitatif

Suasana McDonald’s Ambarukmo Yogyakarta ditengah hadirnya McD x BTS antrian mengular driver ojol. (SuaraJogja.id/ Hiromi)
Suasana McDonald’s Ambarukmo Yogyakarta ditengah hadirnya McD x BTS antrian mengular driver ojol. (SuaraJogja.id/ Hiromi)

Dikutip dari The Conversation, peneliti dari Institute of Governance and Public Affairs (IGPA) – Universitas Gadjah Mada menemukan, bahwa alih-alih menciptakan kebebasan dan kemerdekaan bagi para ojek online (ojol), hubungan kemitraan justru membuat para mitra atau pekerja gig (pekerja lepas atau sementara) mendapatkan hubungan kerja yang super-eksploitatif.

Dalam penelitian berjudul Di Bawah Kendali Aplikasi: Dampak Ekonomi Gig terhadap Kelayakan Kerja “Mitra” Industri Transportasi Online, mereka mengungkap empat temuan menarik.

Salah satu temuan yang relevan ialah bahwa perusahaan aplikasi seringkali mengendalikan para driver ojol. Kondisi ini persis seperti ditemui di industri manufaktur dengan hubungan antara buruh dan pengusaha.

Perusahaan aplikasi membuat penilaian konsumen dalam ekonomi gig ini sebagai acuan untuk menertibkan driver ojol.

Dengan penilaian konsumen, maka perusahaan platform menerapkan standar kualitas layanan. Ketika para driver ojol mendapatkan rating 1 karena dianggap salah mengirimkan barang atau berkendara tidak aman atau dianggap tidak ramah, maka para driver ojol akan mendapatkan sanksi.

Dari kasus ini, Bimo berharap bahwa pihak restoran sebagai penyelenggara kegiatan bisa lebih mengontrol situasi. Mulai dari menyesuaikan pesanan hingga memperhitungkan sarana lain.

Sementara itu, para peneliti dari UGM juga merekomendasikan, untuk memperbaiki kesejahteraan bagi pekerja gig seperti tukang ojek online dapat dilakukan pemerintah dengan mengaturnya dalam undang-undang yang spesifik..

Pembahasan BTS Meal ini masih saja ramai di media sosial, bahkan bertahan di trending topik Twitter dan Google Tren lebih dari satu hari. (Suara.com/ Bimo Aria Fundrika).

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak