TikTok Luncurkan Sabtu Belanja Lokal Untuk Bantu UKM Indonesia

UKM di Indonesia berkesempatan untuk mengikuti program ini melalui beragam paket iklan berbayar.

Dinar Surya Oktarini
Selasa, 01 Juni 2021 | 10:31 WIB
Sabtu Belanja TikTok. (TikTok)

Sabtu Belanja TikTok. (TikTok)

Hitekno.com - TikTok, platform destinasi video singkat, memperkenalkan program Sabtu Belanja Lokal, sebuah program terbaru untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Asia Tenggara yang akan diselenggarakan sepanjang bulan Juni. Program ini merupakan rangkaian usaha TikTok dalam menyokong rencana UKM go digital.

Dengan menjadi bagian dari Sabtu Belanja Lokal, UKM di Indonesia berkesempatan untuk mengikuti program ini melalui beragam paket iklan berbayar untuk menunjukan merek atau brandnya dengan fitur spotlight unik di TikTok, dan akan dimulai pada tanggal 4 Juni 2021. Banyak UKM yang masih berjuang menghadapi dampak pandemi, program ini juga merupakan sebuah upaya untuk menyamaratakan kesempatan dengan meningkatkan kesadaran tentang bisnis mereka dan memperkuat penawaran mereka. 

Akses Meningkatkan Tunjangan Untuk UKM dan Pengguna TikTok

Baca Juga: Terpopuler: Peringati Hari Pancasila dan Paus Terdampar di Pantai

Sabtu Belanja TikTok. (TikTok)
Sabtu Belanja TikTok. (TikTok)

Dengan bergabung bersama program Sabtu Belanja Lokal, para UKM akan mendapatkan kesempatan yang unik, tidak hanya berpartisipasi dalam kampanye TikTok, tetapi juga meningkatkan jangkauan dan skala di dalam platform. Dengan dukungan spesial,seperti halaman khusus di aplikasi yang dibuat untuk meningkatkan trafik website UKM, akses khusus untuk bekerjasama dengan kreator, memproduksi iklan, pelatihan kreatif, dan masuk ke dalam website dan blog TikTok, UKM di Indonesia akan menerima eksposur yang lebih banyak untuk mendapatkan pembelian dari lebih banyak pengguna yang menjadi konsumen baru.

Bukan hanya bermanfaat bagi UKM lokal, pengguna TikTok di Indonesia juga akan dihadirkan beragam penawaran, termasuk mendapatkan kode promosi di dalam aplikasi. Penawaran ini akan tersedia di TikTok sepanjang bulan Juni untuk para pengguna, karena telah mendukung produk lokal.

"UKM saat ini merupakan bagian penting dari ekonomi nasional. Kami senang dapat meluncurkan program Sabtu Belanja Lokal untuk mendukung UKM di wilayah Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Sabtu Belanja Lokal merupakan bagian dari rangkaian program pemberdayaan UKM agar mereka dapat memanfaatkan TikTok sebagai platform untuk menunjukkan jati diri mereknya, serta menjangkau audiens baru. Hal ini menjadi cara TikTok untuk mendukung UKM dan memberdayakan mereka untuk tetap tumbuh, terlepas dari masa pandemi ini. Kami berharap bisa menunjukan kepada UKM di Indonesia, bahwa mereka dapat memanfaatkan TikTok untuk meluncurkan kampanye menarik yang mampu meningkatkan penjualan serta bisnis," kata Esme Lean, Head of Small and Medium Business, TikTok, Asia Tenggara.

Baca Juga: Siap Meluncur, Ini Prediksi Harga Realme C25s

Menurut Laporan TikTok SMB yang dilakukan pada bulan Januari 2021 oleh TikTok for Business, 1 dari 3 UKM di Indonesia lebih suka menggunakan TikTok sebagai platform beriklan mereka, TikTok dilihat memiliki kekuatan platform sebagai alat marketing untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

Putra Sastra, Direktur Utama PT Sastra Utama Media Group (Tzuki), yang juga seorang pelaku UKM aktif di TikTok, mengatakan "Slogan TikTok yang berbunyi "Don't Make Ads, Make TikTok" terasa sangat kuat, karena apa yang kita sebagai UKM lakukan adalah membuat konten yang ingin ditonton pengguna, bukannya memaksakan pengguna untuk menonton konten yang hardsell."

TikTok juga akan mengamplifikasi program Sabtu Belanja Lokal lebih jauh di dalam aplikasi melalui tampilan In-Feed Ads secara penuh yang dapat menangkap atensi pengguna, atau disebut sebagai Brand Takeover. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan pengguna agar mendaftarkan diri ke program Sabtu Belanja Lokal di sepanjang bulan Juni. 

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Netizen Banjiri Ucapan di Twitter

Mendukung UKM di Masa Pandemi dan Seterusnya

Beberapa tahun ke belakang merupakan tahun yang penuh tantangan, termasuk bagi pelaku UKM di berbagai wilayah. International Data Corporation (IDC) melaporkan sebanyak 70.6% UKM di Asia Tenggara terpaksa menghentikan operasinya sementara karena pandemi.

Setelah program Sabtu Belanja Lokal, TikTok akan terus berkomitmen untuk mendukung UKM dengan menyediakan berbagai alat, sumber daya, dan pengalaman terbaik untuk terkoneksi dengan audiens serta meningkatkan bisnisnya di masa sulit ini, antara lain:

Baca Juga: Bawa HarmonyOS, Penampakan Huawei Watch 3 Beredar Jelang Perilisan

  • TikTok Ads Manager. UKM dapat memanfaatkan TikTok Ads manager untuk menciptakan iklan kampanye secara mudah dengan biaya fleksibel, serta membantu bisnisnya untuk menjangkau audiens yang relevan.
  • Grow with TikTok - Starter Lab. Sebuah program training bulanan yang sudah berjalan di bulan Februari 2021, dimana lebih dari 6,600 UKM telah menerima pembelajaran secara langsung dari tokoh dan ahli di industri marketing serta tim ahli di TikTok dalam bagaimana memulainya di TikTok.
  • Small Business Resource Center. Diperkenalkan pada Maret 2021, Small Business Resource Center ini menghadirkan berbagai pengalaman terbaik di TikTok dan sumber informasi bagi UKM untuk belajar terkoneksi dengan audiens dan mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Lead Generation. Solusi pertama TikTok yang membantu UKM mencapai prosek bisnis untuk mengkonversikannya dalam konsumen potensial dengan mudah. Fitur ini juga tersedia untuk pebisnis dan pelaku UKM di Indonesia. Lead
  • Generation memudahkan pebisnis segala ukuran, termasuk UKM, untuk menciptakan interaksi sehingga bisa meraih prospek bisnis, termasuk mendapatkan konsumen potensial.
  • Mendukung Pembayaran Lokal dalam TikTok Ads Manager. TikTok menjadi aplikasi pertama yang mendukung pembayaran dalam mata uang lokal melalui sistem integrasi dompet digital, seperti DANA di Indonesia.
  • Menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pemerintah Indonesia. TikTok bekerjasama dengan pemerintah di beberapa negara tempat TikTok beroperasi, demi memperkuat komitmennya dalam mendukung UKM di seluruh wilayah. Di Indonesia, TikTok menyelenggarakan program pelatihan gratis #MajuBarengTikTok untuk mendukung perkembangan digitalisasi UKM dan IKM, berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil
  • Menengah, serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Sejak diluncurkan Agustus tahun lalu, TikTok bersama solusi TikTok for Business telah mengedukasi lebih dari 30,000 pelaku UKM di seluruh Indonesia.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak