Internet

Mengenang Gempa Jogja 2006 Silam, Netizen Ramaikan #15TahunGempaJogja

15 tahun silam, gempa bumi melanda Jogja dan sekitarnya.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Jogja. (Humas Pemda DIY)
Ilustrasi Jogja. (Humas Pemda DIY)

Hitekno.com - Hari ini, 27 Mei dijadikan pengingata memori akan kejadian Gempa Jogja 2006 yang terjadi 15 tahun silam. Bencana alam yang berpusat di Bantul hingga menyebabkan banyak korban jiwa.

Mengenang Gempa Jogja yang terjadi 27 Mei 2006 silam, netizen ramai membahasnya di media sosial. Bahkan hashtag #15TahunGempaJogja menjadi trending topik twitter Indonesia hari ini (27/5/2021).

Menurut pantauan HiTekno.com, terlihat hashtag tersebut sudah menduduki topik twitter Indonesia sejak pagi hari. Beragam cuitan netizen mengenang kejadian 15 tahun silam.

"15 tahun lalu, tepat hari ini 27 Mei 2006 gempa dahsyat berkekuatan 5,6 SR mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta. Mari kita berdoa semoga kita selalu di beri perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. #15TahunGempaJogja" tulis @infoseni_.

"Mari heningkan cipta sejenak untuk mendoakan saudara dan sahabat yang jadi korban Gempa Jogja 27 Mei 2006. #15TahunGempaJogja" ungkap @YogyakartaCity.

"Kita pernah diguncang gempa besar, dan ini bisa jadi pembelajaran buat kita. Mengenang 15 tahun gempa Jogja. #15TahunGempaJogja," tulis netizen lainnya.

"Pagi itu, 15 tahun yang lalu. Masih teringat jelas dalam ingatan. Jeritan, rintihan dan juga teriakan itu.'Kukoh bakoh! Kukoh bakoh!'," ungkap lainnya.

Tidak ketinggalan akun resmi BPBD Bantul mencuitkan kenangan soal Gempa Jogja yang terjadi 15 tahun silam. Termasuk potret Tugu Prasasti Episentrum Gempa Bumi Bantul 2006.

Yakni tugu prasasti yang terletak di Potrobayan, Srihardono, Pundong, Bantul. Yakni yang dipercayai sebagai titik episentrum Gempa Bumi yang melanda Jogja dan Jawa Tengah kala itu.

Gempa Jogja 2006

Bencana alam gempa bumi ini terjadi pada 27 Mei 2006 silam, tepatnya pukul 05.55 WIB. Gempa berkekuatan 5,9 skala richer mengguncang dan meluluh lantahkan Jogja dan sekitarnya.

Gempa yang berpusat di kedalaman 10 km di kawasan Bantul itu tercatat merenggut banyak korban jiwa hingga kerusakan parah di sebagian besar kawasan Jogja. Sebagai pengingat Gempa Jogja 2006, netizen meramaikan hashtag #15TahunGempaJogja hingga trending topik Twitter Indonesia.

Berita Terkait