Internet

279 Juta Data Penduduk Indonesia Bocor, Ini Deretan Bahayanya

Berikut deretan bahaya terkait kebocoran data penduduk atau data pribadi.

Amelia Prisilia

Ilustrasi. (pexels/pixabay)
Ilustrasi. (pexels/pixabay)

Hitekno.com - Publik belum lama ini digegerkan dengan 279 data penduduk Indonesia yang bocor ke internet. Cukup beresiko dan merugikan, ternyata ini deretan bahaya terkait kebocoran data penduduk yang terjadi.

Seperti dilaporkan sebelumnya, baru-baru ini muncul kabar mengenai bocornya 279 juta data penduduk Indonesia yang diduga berasal dari BPJS Kesehatan.

Tidak diketahui dengan pasti mengenai kebenaran kabar ini. Namun, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengaku jika Kominfo sedang mendalami kasus bocornya data pribadi tersebut.

"Kementerian Kominfo sedang melakukan pendalaman atas dugaan kebocoran data tersebut," jawab Menkominfo singkat ketika dihubungi, Kamis (20/5/2021).

Tidak bisa dianggap remeh, dilansir dari MetaCompliance, berikut deretan bahaya terkait kebocoran data penduduk atau data pribadi.

1. Kerugian Keuangan

Ilustrasi uang. (Pixabay)
Ilustrasi uang. (Pixabay)

Saat data pribadi tersebar luas, beberapa informasi yang seharusnya menjadi rahasia justru dikonsumsi oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Dalam beberapa kasus, data pribadi ini digunakan untuk mengakses sejumlah dompet digital hingga mobile banking.

2. Pinjaman Online secara Ilegal

Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)
Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)

Jika digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab, data pribadi ini juga dapat dipakai untuk melakukan pinjaman online secara ilegal. Metode pemerasan ini biasanya menggunakan data pribadimu untuk meminjam sejumlah uang. Alhasil, kamu menjadi korban yang harus melunasi tagihan tersebut.

3. Dijual di Dark Web

Ilustrasi hacker. (Pixabay/iAmMrRob)
Ilustrasi. (Pixabay/iAmMrRob)

Dalam beberapa kasus, data pribadi justru dijual kembali ke dark web yang dikenal sebagai lokasi aktivitas ilegal terjadi termasuk jual beli data pribadi. Biasanya, data yang dijual ini akan digunakan untuk melakukan penipuan, pemerasan, pencurian uang dan phising.

Itu tadi deretan bahaya terkait kebocoran data penduduk atau data pribadi. Jika tidak ditangani serius dan cepat, tindakan satu ini jelas saja akan merugikan masing-masing pribadi yang datanya digunakan secara ilegal.

Berita Terkait