Kolaborasi LaLiga dan Microsoft, Transformasi Sepak Bola secara Digital

Seperti apa kolaborasi ini?

Agung Pratnyawan
Jum'at, 21 Mei 2021 | 20:00 WIB
Kolaborasi LaLiga dan Microsoft, Transformasi Sepak Bola secara Digital. (Microsoft)

Kolaborasi LaLiga dan Microsoft, Transformasi Sepak Bola secara Digital. (Microsoft)

Hitekno.com - LaLiga, asosiasi sepak bola Spanyol dan Microsoft Corp telah resmi mengumumkan kemitraan dalam rangka melakukan transformasi digital olahraga secara global.

Kedua belah pihak juga akan berkolaborasi dalam mengembangkan solusi teknologi untuk industri media dan hiburan melalui layanan teknologi LaLiga yaitu, LaLiga

Sebagai Mitra Global dalam Teknologi dan Inovasi LaLiga, Microsoft akan membantu dalam mengembangkan solusi baru dan memanfaatkan solusi yang ada untuk mendorong inovasi di seluruh industri olahraga termasuk:

Baca Juga: Tak Jadi Dirilis, Microsoft Hentikan Proyek Windows 10X

  • Untuk para penggemar olahraga: Azure Event Hubs, Azure Data Lake, Azure Databricks, dan Azure Machine Learning akan memberikan penyempurnaan data statistik dalam siaran pertandingan, pilihan streaming OTT yang dipersonalisasi seperti pemilihan sudut kamera dalam pertandingan. LaLiga menawarkan pengalaman baru seperti augmented reality, virtual reality, dan 3-D replays.
  • Untuk para pemegang hak siar, penyiar, dan mitra komersial: Azure, Dynamics 365, Power BI, SQL Database, dan Azure Cosmos DB, Azure Machine Learning akan membuat platform OTT streaming dapat menampilkan rekomendasi yang dirancang khusus dan pengalaman konten, games dan layanan yang relevan.
  • Untuk para manajer lokasi: Power BI dan Azure akan menyederhanakan operasional stadion melalui inovasi dalam keamanan dan memanfaatkan 5G untuk pengalaman lebih baik di dalam stadion.

 

Sebagai bagian dari kolaborasi, LaLiga akan menggunakan Microsoft Azure, termasuk AI dan machine learning untuk platform OTT LaLigaSportsTV yang mereka miliki dan Mediacoach (visualisasi dan statistik pertandingan) untuk menyempurnakan pengalaman dan format audiovisual yang interaktif.

Kolaborasi LaLiga dan Microsoft, Transformasi Sepak Bola secara Digital. (Microsoft)
Kolaborasi LaLiga dan Microsoft, Transformasi Sepak Bola secara Digital. (Microsoft)

"Kami menghargai Microsoft sebagai mitra inovasi dan teknologi kami dan kami sangat mengapresiasi bagaimana mereka serius berkolaborasi untuk membangun solusi inovatif yang bertujuan untuk memecahkan tantangan bisnis khusus untuk industri kami."

Baca Juga: Bill Gates Dikabarkan Selingkuh, Ini Tanggapan Dewan Microsoft

"Kami sangat senang untuk memperluas kemitraan kami bersama LaLiga karena kemitraan ini membuat membuat mereka bisa memperkuat interaksi dan keterlibatan dengan ratusan juta penggemar mereka, sambil membawa model bisnis baru ke pasar dengan kemampuan yang diberikan oleh cloud dan AI Microsoft," kata Jean-Phillippe Curtois, EVP dan Presiden Global Sales, Marketing and Operations Microsoft Corp.

"Microsoft sangat bangga untuk membantu mempercepat inovasi digital LaLiga dan memberdayakan peluang bisnis baru yang menarik dalam industri olahraga dan hiburan melalui portofolio teknologi LaLiga."

Kolaborasi ini merupakan kunci pertumbuhan dan perkembangan LaLiga dimana LaLiga akan mengemas berbagai teknologi yang ada menjadi penawaran komersial untuk industri olahraga, mulai dari statistik dan analitik pertandingan hingga layanan streaming OTT generasi berikutnya, lalu layanan perlindungan konten paling canggih dan sistem manajemen untuk mengakses lokasi.

Baca Juga: Microsoft Akui Penjualan Konsol Game Xbox Tak Menguntungkan, Kenapa?

Hal ini bisa membantu LaLiga ntuk memperluas bisnisnya ke era baru di bidang olahraga, serta meningkatkan pengalaman penggemar dengan menciptakan solusi teknologi berbasis data baru yang didukung oleh Microsoft Azure, Power BI, Dynamics 365, dan Microsoft 365, serta menyediakan platform layanan dan solusi teknologi yang disesuaikan dengan pihak ketiga.

Kolaborasi LaLiga dan Microsoft, Transformasi Sepak Bola secara Digital - Tactics during match. (Microsoft)
Kolaborasi LaLiga dan Microsoft, Transformasi Sepak Bola secara Digital - Tactics during match. (Microsoft)

Penawaran yang berdasarkan sejarah investasi LaLiga yang begitu banyak dan berfokus kepada pengalaman teknologi inovatif, bertujuan untuk meningkatkan pengalaman penggemar, termasuk ekosistem aplikasi yang kuat di atas layanan Microsoft Azure.

Aplikasi LaLiga resmi telah diunduh lebih dari 113 juta kali secara global. LaLigaSportsTV, yang menyediakan layanan platform OTT video streaming secara gratis untuk berbagai olahraga tidak hanya sepak bola, telah diunduh oleh lebih dari 1,5 juta pengguna yang sudah terdaftar.

Baca Juga: Ditemukan Animal Crossing Palsu di Microsoft Store, Isinya Malah Gini

Solusi ini memanfaatkan data dan AI yang kuat untuk memberikan konten khusus berdasarkan preferensi penggemar serta games dan video yang melibatkan baik para penggemar biasa dan fanatik di hari pertandingan ataupun setelahnya.

Selain itu, LaLiga menggunakan dasbor dari Microsoft Power BI dalam menyediakan visualisasi data untuk penonton TV, fan360, media sosial, interaksi dan kesukaan merek, performa website dan aplikasi dari setiap negara. Hal ini membantu LaLiga dan klub untuk menciptakan pengalaman yang lebih interaktif dan terancang.

Dengan peningkatan kemitraan yang diumumkan tersebut, LaLiga dan Microsoft akan berfokus terhadap inovasi bersama dan akselerasi Cloud menggunakan Microsoft Azure serta kemampuan dari AI-nya. Melalui aset LaLiga kolaborasi I ini akan terus memberikan LaLiga  pertumbuhan dan peluang bisnis baru dengan memanfaatkan inovasi terbaik yang muncul di pasar olahraga, perusahaan hiburan, dan perusahaan komersil lainnya di seluruh dunia.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak