Internet

Ini Beragam Istilah Unik Lord Rangga, dari Plat A Sampai Kepanjangan US

menurut Lord Rangga, Amerika dimerdekakan Banten.

Agung Pratnyawan

Rangga Sasana atau Lord Rangga. (YouTube/ Deddy Corbuzier)
Rangga Sasana atau Lord Rangga. (YouTube/ Deddy Corbuzier)

Hitekno.com - Kemunculan Rangga Sasana atau kerap dipanggil Lord Rangga dalam acara bincang-bincang dalam channel Youtube Deddy Corbuzier kembali membuat geger netizen di media sosial.

Terlebih bagaimana Rangga Sasana memberikan banyak pemaparan, terutama istilah unik seputar Sunda Empire hingga menjadi sorotan netizen.

Rupanya, nama Sunda Empire memiliki arti tersendiri. Arti nama Sunda Empire berkaitan dengan matahari dan akhir zaman. Hal tersebut ia jelaskan melalui video dalam kanal Youtube Deddy Corbuzier.

Lord Rangga menyebut bahwa arti nama Sunda berasal dari kata 'sun' yang berarti matahari dan 'da' berasal dari darul akhirat yang berarti akhir zaman.

"Matahari sebagai satu Sunda. Sunda itu sun, darul akhirat, cahaya akhir zaman. Matahari yang dimaksudkan itu api yang abadi. Makanya diceritakan kalau kiamat aja ada matahari. Itu sistem. Sunda itu api yang abadi," jelasnya, dikutip HiTekno.com dari Beritahits.id.

Kemudian, Lord Rangga juga membahas soal Amerika yang dimerdekakan Banten. Oleh karena itu, Rangga menyebut plat nomer Banten berinisial A.

"Amerika, mandatnya dari mana? Dari Sultan Abdul Mufakir pada saat itu. Dari Ki Ageng Tirtayasa kemudian diteruskan ke Sultan Abdul Mufakir memerdekakan lah pada saat itu Amerika. Makanya, Banten punya seri mobil A yaitu Amerika," ungkapnya.

Rangga Sasana atau Lord Rangga. (YouTube/ Deddy Corbuzier)
Rangga Sasana atau Lord Rangga. (YouTube/ Deddy Corbuzier)

Lebih lanjut, Rangga pun menyebut bahwa singkatan US bukanlah United States melainkan Uncle SAM. Menurutnya, SAM merupakan singkatan dari nama Sultan Abdul Mufakir.

"Bukan (United States), (US) itu Uncle Sam. Uncle SAM SAM-nya Sultan Abdul Mufakhir, Banten itu. Jadi Amerika itu negeri yang dimerdekakan oleh Banten itu," tutur Lord Rangga.

Istilah-istilah tersebut pun membuat netizen tertawa sekaligus heran. Hingga berita ini ditulis, video tersebut telah disaksikan 2 juta penonton.

"Pelajaran sejarah ku di sekolah seketika terasa tak berguna sama sekali," ujar netizen.

"Walaupun Lord Rangga Sasana agak gimana gitu tapi harus diakui kalo kemampuan komunikasi dan wawasannya luas banget," komentar netizen.

"Sebagai orang Banten merasa Bangga telah memberikan kemerdekaan buat Amerika. Baru tau juga kalau plat A banten itu artinya Amerika," balas netizen.

Itulah beragam istilah unik yang dilontarkan Lord Rangga terkait Sunda Empire dalam channel Youtube Deddy Corbuzier. (BeritaHits.id/ Nur Afitria Cika Handayani).

Berita Terkait