Internet

Lord Rangga Jelaskan Hubungan Kekaisaran Sunda Nusantara dan Sunda Empire

Lord Rangga sebut Kekaisaran Sunda Nusantara terlalu sembrono.

Agung Pratnyawan

Rangga Sasana atau Lord Rangga. (YouTube/ Deddy Corbuzier)
Rangga Sasana atau Lord Rangga. (YouTube/ Deddy Corbuzier)

Hitekno.com - Petinggi Sunda Empire, Ki Ageng Rangga Sasana atau kini dipangil Lord Rangga kembali membuat heboh netizen. Kali ini menjabarkan bagaimana hubungan kekaisaran Sunda Nusantara dan Sunda Empire melalui bincang-bincang di channel YouTube Deddy Corbuzier.

Sebelumnya kemunculan kekaisaran Sunda Nusantara membuat heboh netizen telah ditemukan mobil Pajero Sport dengan plat nomor SN 45 RSD milik Rusdi Karepesina di Gerbang Tol Cawang, Jakarta Timur.

Berkenaan dengan hal itu, pertanyaan publik kemudian muncul. Tidak sedikit yang menghubungkan kekaisaran Sunda Nusantara dengan Sunda Empire.

Petinggi Sunda Empire, Ki Ageng Rangga Sasana angkat bicara soal klaim hubungan antara Sunda Empire dengan Sunda Nusantara.

Secara blakblakan hal itu diungkap oleh Rangga Sasana saat berbincang-bincang dengan Deddy Corbuzier, Tretan Muslim, dan Coki Pardede.

Rangga Sasana atau akrab disapa Lord Rangga tersebut mengawali pemaparannya dengan mengungkit arti nama Sunda Empire. Dia mengatakan arti nama erat kaitannya dengan matahari dan akhir zaman.

"Matahari sebagai satu Sunda. Sunda itu sun, darul akhirat, cahaya akhir zaman. Matahari yang dimaksudkan itu api yang abadi. Makanya diceritakan kalau kiamat aja ada matahari. Itu sistem. Sunda itu api yang abadi," terangnya seperti dikutip beritahits.id dari saluran YouTube Deddy Corbuzier.

Rangga Sasana atau Lord Rangga. (YouTube/ Deddy Corbuzier)
Rangga Sasana atau Lord Rangga. (YouTube/ Deddy Corbuzier)

Setelah pembahasan itu, disinggunglah Sunda Nusantara yang sama-sama menggunakan kata 'sunda' dalam mendirikan 'kekaisaran'.

Rangga Sasana mengungkapkan bahwa sebenarnya orang-orang di kekaisaran Sunda Nusantara bukan bagian dari Sunda Empire.

Namun, anggota kekaisaran Sunda Nusantara pernah bergabung dengan Sunda Empire sehingga akhirnya membuat itu.

"Kekaisaran Sunda Nusantara itu bukan bagian, tapi orang-orang yang pernah (ikut Sunda Empire), akhirnya membuat itu," katanya.

Meski begitu, Rangga Sasana menegaskan bahwa Sunda Empire tidak ada lagi hubungan dengan kekaisaran Sunda Nusantara.

"Tidak ada hubungannya dengan Sunda Empire. Mereka terlalu sembrono," tegas Lord Rangga.

Bahkan, Rangga menguraikan beberapa kelemahan Sunda Nusantara yang diragukan tentang posisinya.

"Sembrono dalam artian mobil dipalsukan dengan serinya. Mau bawa Sunda Nusantara. Begitu dicek gak ada kaisarnya. Mana ada nusantara kok di bawah archipelago," sindir Rangga Sasana.

Rangga Sasana atau Lord Rangga. (YouTube/ Deddy Corbuzier)
Rangga Sasana atau Lord Rangga. (YouTube/ Deddy Corbuzier)

Sebagaimana diketahui, awal bulan lalu masyarakat Indonesia dibikin geger dengan kemunculan pria yang mengaku berasal dari Negara Kekaisaran Sunda Nusantara.

Kala itu, pria pengemudi Mitsubishi Pajero Sport terjaring razia polisi di gerbang Tol Cawang, Jakarta Timur.

Pria yang naik mobil Pajero Sport tersebut bernama Rusdi Karepesina mengaku sebagai salah satu warga negara Kekaisaran Sunda Nusantara.

Hal ini pun membuat geger masyarakat Indonesia karena kemunculan 'Negara Baru' yang sebelumnya telah dihebohkan adanya negara bernama Sunda Empire.

Rangga Sasana atau Lord Rangga kembali membuat heboh netizen dalam penjelaannya melalui bincang-bincang di channel YouTube Deddy Corbuzier. (BeritaHits.id/ Hernawan).

Berita Terkait