Alasan Elon Musk Batalkan Progam Beli Tesla dengan Bitcoin

Apakah Elon Musk akan mengganti Bitcoin dengan Dogecoin?

Agung Pratnyawan
Sabtu, 15 Mei 2021 | 16:29 WIB
Elon Musk. (YouTube/ Neuralink)

Elon Musk. (YouTube/ Neuralink)

Hitekno.com - Elon Musk telah mengumumkan kalau Tesla tidak lagi menerima pembayaran dengan Bitcoin. Melalui Twitter, ia menjelaskan kepana aset kripto ini tidak lagi mereka terima untuk pembelian mobil listrik tersebut.

Dalam akun Twitter @elonmusk (13/5/2021), bos Tesla dan SpaceX ini menjelaskan perhatian perusahaannya pada pemakaian bahan bakar fosil dan emisi yang berdampak pada lingkungan.

"Kami prihatin dengan peningkatan pesat penggunaan bahan bakar fosil untuk penambangan dan transaksi Bitcoin, terutama batu bara, yang memiliki emisi terburuk dari bahan bakar apa pun." tulis Elon Musk di Twitter.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Beri Nama Kambingnya Max dan Bitcoin, Langsung Bikin Heboh

"Cryptocurrency adalah ide yang bagus di banyak tingkatan dan kami percaya ini memiliki masa depan yang menjanjikan, tetapi ini tidak dapat merugikan lingkungan." lanjutnya.

Sebagai informasi, para penambang bitcoin dan aset kripto lainnya menggunakan perangkat komputer yang membutuhkan listrik untuk operasional. Semakin tingginya tren menambang, diikuti dengan peningkatan pemakaian listrik.

Cuitan Kontroversi Elon Musk di Twitter, Soal Bitcoin hingga Dogecoin. (Twitter/ elonmusk)
Cuitan Kontroversi Elon Musk di Twitter, Soal Bitcoin hingga Dogecoin. (Twitter/ elonmusk)

Elon Musk menyoroti peningkatan pemakaian energi selama beberapa bulan terakhir seiring dengan meningkatnya harga Bitcoin dan beberapa aset kripto lainnya.

Baca Juga: 5 Cuitan Kontroversi Elon Musk di Twitter, Soal Bitcoin hingga Dogecoin

Pria kelahiran 28 Juni 1971 ini juga menambahkan laporan ARS ica tentang perusahaan swasta yang membeli pembangkit listrik lawas untuk dihidupkan kembali.

Menurut laporan ini, pembangkit listrik yang sudah lama ditinggalkan tersebut telah dibeli untuk dinyalakan kembali guna mensuplai listrik penambangan aset kripto.

Langkah tersebut mendapatkan sorotan karena kembali aktif melakukan pembakaran bahan bakar fosil untuk menghasilkan listrik. Ujungnya berdampak pada lingkungan karena memproduksi emisi kembali.

Baca Juga: Pria Ini Lamar Kekasihnya Pakai Bitcoin, Nilainya Tembus Rp 1,6 M!

Elon Musk juga memberikan laporan dari Fotune.com tentang banyaknya Bitcoin yang datang dari penambangan di China. Yang terungkap melibatkan penambangan 'kotor' batu bara di negara tersebut.

Tesla Model S. (Tesla)
Tesla Model S. (Tesla)

Meski membatalkan progam beli Tesla menggunakan Bitcoin, ia juga menyampaikan kalau perusahaannya tidak akan menjual aset kripto yang dimiliki. Juga berencana untuk menggunakan kembali untuk transaksi.

Namun sebelumnya, Elon Musk ingin memastikan kalau penambangan telah beralih ke energi alternatif. Juga mencari aset kripto lain yang lebih ramah pada pemakaian energi.

Baca Juga: Polisi Bongkar Aksi Curi Listrik untuk Menambang Bitcoin, 127 Rig Diamankan

"Untuk memperjelas, saya sangat percaya pada crypto, tetapi itu tidak dapat mendorong peningkatan besar-besaran dalam penggunaan bahan bakar fosil, terutama batu bara" imbuhnya di Twitter.

Bos SpaceX ini juga mengungkap kalau dirinya bekerja sama dengan pengembang Doge untuk meningkatkan efisiensi dalam sistem transaksi. Yakni aset kripto yang sempat ia populerkan belum lama ini.

Berkat beberapa cuitan Elon Musk, harga Dogecoin sempat meningkat. Pria ini juga kerap membagikan kesukaanya pada aset kripto tersebut.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak