Meski Facebook Punya WhatsApp, Ternyata Mark Zuckerberg Pakai Signal

Signal banyak dipakai karena keamanan data pribadi. Bagaimana dengan CEO Facebook ini?

Agung Pratnyawan
Selasa, 06 April 2021 | 21:30 WIB
Aplikasi Signal. (PlayStore)

Aplikasi Signal. (PlayStore)

Hitekno.com - Facebook, perusahaan media sosial yang didirikan Mark Zuckerberg ini memiliki aplikasi chat WhatsApp. Namun siapa sangka, CEO Facebook tersebut malah disebut-sebut menggunakan Signal.

Sebagai informasi, Signal mulai populer sebagai aplikasi chat setelah WhatsApp menjadi sorotan soal data pribadi dan kebijakan privasi.

Aplikasi Signal disebut-sebut lebih aman dan menghargai privasi data pengguna dibandingkan WhatsApp, karenanya banyak yang bermigrasi ke layanan ini.

Baca Juga: WhatsApp Sempat Down, Signal Makin Gencar Promosi

Informasi soal Mark Zuckerberg menggunakan Signal diungkap oleh Dave Walker, seorang peneliti keamanan siber setelah meneliti data dari 533 juta pengguna Facebook yang baru saja bocor.

Salah satu akun yang datanya bocor adalah milik CEO Facebook tersebut.

Termasuk dalam data yang bocor itu adalah alamat email serta nomor telepon pengguna. Berkat data-data inilah diketahui bahwa nomor ponsel Zuckerberg ternyata terdaftar di Signal.

Baca Juga: Makin Panas, CEO Facebook Mark Zuckerberg Ingin Serang Apple

"Mark Zuckerberg juga menghormati privasinya sendiri, dengan menggunakan aplikasi percakapan yang memiliki enkripsi end-to-end yang tidak dimiliki @facebook," jelas Walker dalam tweetnya, dikutip dari India Today, Selasa (6/4/2021).

Mark Zuckerberg. (Newsroom Facebook)
Mark Zuckerberg. (Newsroom Facebook)

"Ini adalah nomor yang terkait dengan akunnya dari kebocoran Facebook baru-baru ini," ungkap Walker sembari mengunggah foto kontak Mark Zuckerberg yang bertuliskan 'Mark Zuckerberg is on Signal!'.

Beberapa bulan lalu, aplikasi chat Signal menjadi salah satu aplikasi populer pengganti WhatsApp yang dipromosikan CEO Tesla, Elon Musk melalui Twitter.

Baca Juga: Nggak Mau Kalah dari WhatsApp, Signal Rilis 3 Fitur Baru

Layanan Signal mulai meroket lantaran banyak pengguna WhatsApp yang protes dengan kebijakan privasi baru untuk menghubungkan data percakapan dengan aplikasi induk mereka, Facebook.

WhatsApp kemudian buru-buru mengklarifikasi bahwa pembaruan itu hanya berlaku untuk akun WhatsApp Business dan WhatsApp Business API. Mereka juga akhirnya menunda pembaruan tersebut menjadi bulan Mei 2021.

Uniknya lagi Signal kini dipimpin oleh Bryan Acton, orang yang bersama Jan Koum mendirikan WhatsApp pada 2009 silam. Ia hengkang dari WhatsApp pada 2017 karena tak sepakat dengan kebijakan Facebook. Adapun Facebook membeli WhatsApp pada 2014.

Baca Juga: Saham Tesla Melejit Naik, Kekayaan Elon Musk Lampaui Mark Zuckerberg

Acton adalah salah satu orang yang paling menentang kebijakan Facebook untuk menjual data-data pengguna ke pengiklan. Ia bahkan berkali-kali menyerukan agar pengguna Facebook meninggalkan media sosial tersebut.

Apakah benar Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook menggunakan aplikasi Signal, padahal perusahaanya memiliki WhatsApp. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak