Internet

Jumlah Dislike dalam Video YouTube Akan Disembunyikan

Akan tetapi, konten kreator masih bisa melihat berapa jumlah like atau dislike.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

Hitekno.com - Layanan streaming video YouTube kini tengah melakukan uji coba untuk tak menampilkan jumlah dislike. Nantinya akan ditampilkan hanya menunjukkan jumlah likes saja. 

"Menanggapi feedback kreator seputar kampanye kesejahteraan dan target dislike, kami menguji beberapa desain baru yang tidak menunjukkan jumlah dislike secara publik," kata YouTube dalam unggahannya di Twitter, Rabu (31/3/2021).

"Jika anda adalah bagian dari eksperimen kecil ini, anda mungkin melihat salah satu desain ini dalam beberapa minggu mendatang," tambahnya.

Mengutip Ubergizmo, YouTube mengklaim bahwa hal ini dilakukan untuk memerangi tindakan dislike yang secara masif ditargetkan, di mana orang-orang secara berkelompok mencoba melakukan dislike di suatu video sebanyak mungkin.

Selain itu, YouTube mengklaim bahwa langkah ini bisa membantu kesejahteraan konten kreator demi menghindari sikap kesal atau frustrasi karena jumlah dislike yang ditampilkan.

Akan tetapi, konten kreator masih bisa melihat berapa jumlah like atau dislike yang ditunjukkan dalam YouTube Studio. Angka ini hanya tidak ditampilkan secara publik.

Ilustrasi YouTube. [Shutterstock]
Ilustrasi YouTube. [Shutterstock]

Sementara untuk penonton atau viewers, mereka masih bisa menekan tombol like maupun dislike demi memberikan masukan ke konten kreator, sekaligus menyesuaikan rekomendasi konten yang mau ditonton di YouTube.

Uji coba ini mirip dengan Instagram yang dilakukan beberapa waktu lalu, di mana mereka menyembunyikan jumlah like kepada pengguna.

Tetapi, belum diketahui kapan YouTube segera menerapkan fitur ini kepada audiens mereka. (Suara.com/Dicky Prastya)

Berita Terkait