Siapkan Pelatihan, Alibaba Cloud Dukung Program Kartu Prakerja

Alibaba Cloud berkomitmen untuk memberikan pelatihan kepada lebih dari 50.000 talenta digital lokal pada tahun 2021.

Agung Pratnyawan
Rabu, 24 Maret 2021 | 17:30 WIB
Ilustrasi kartu prakerja. (prakerja.go.id)

Ilustrasi kartu prakerja. (prakerja.go.id)

Hitekno.com - Alibaba Cloud berupaya menyiapkan pelatihan talenta digital di Indonesia sebagai dukungan infrastruktur digital, termasuk melalui program Pra Kerja yang diprakarsai pemerintah Indonesia.

Progam yang ditujukan untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan produktivitas dan daya saing tenaga kerja, terutama bagi pekerja yang di-PHK atau dirumahkan akibat pandemi.

Satu tahun sejak diluncurkannya Kartu Prakerja, sudah ada lebih dari 7,9 juta orang di 34 provinsi yang telah menerima dana pelatihan dan insentif tunai yang digunakan untuk peningkatan kecakapan dan pelatihan digital di 1.700 bidang pekerjaan.

Baca Juga: GoPay Ajak Masyarakat Bangkit Lagi lewat #GoPayUntukPrakerja

"Permasalahan utama di pasar tenaga kerja di Indonesia adalah adanya kesenjangan antara kecakapan yang dimiliki para pencari kerja dengan kecakapan yang dibutuhkan oleh industri. Program Kartu Prakerja membangun ekosistem yang sepenuhnya digital agar setiap orang bisa mendapatkan akses pelatihan untuk menambah keterampilan mereka, atau memperkuat kemampuan yang sudah mereka miliki sebelumnya. Dengan demikian, angkatan kerja yang berada di daerah terpencil pun dapat mendapatkan pelatihan yang sama dengan penduduk di kota besar," papar Denni Puspa Purbasari, Direktur Eksekutif Manajeman Pelaksana Kartu Prakerja.

"Kami menggandeng platform digital yang menawarkan pelatihan dari Lembaga Pelatihan di marketplace mereka." lanjutnya

"Menghadapi tantangan yang diakibatkan oleh pandemi, kami merasa terhormat dapat memberikan dukungan teknologi kami kepada pemerintah Indonesia untuk program yang sangat bermanfaat ini. Melalui solusi cloud dan teknologi digital yang kuat, jutaan orang Indonesia dapat mengakses situs program Prakerja dengan lancar selama setahun terakhir," kata Leon Chen, General Manager Alibaba Cloud Indonesia.

Baca Juga: Upgrade Kemampuan Bahasa Inggris Melalui 3 Pelatihan Prakerja Ini

"Dukungan kami terhadap Program Kartu Prakerja sejalan dengan komitmen jangka panjang Alibaba Cloud kepada masyarakat Indonesia. Kami percaya bahwa talenta digital sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital, dan kami bertekad untuk menawarkan teknologi, keahlian, dan pengalaman terdepan kami, agar dapat terus berkontribusi pada upaya pelatihan tenaga kerja secara konsisten di Indonesia." imbuhnya.

Alibaba Cloud. (Alibaba Cloud)
Alibaba Cloud. (Alibaba Cloud)

Dengan memanfaatkan teknologi cloud-native Alibaba Cloud, seperti AnalyticDB, Data Lake Analytics (DLA) dan Alibaba Cloud Container for Kubernetes, serta kemampuan autoscaling, sistem keamanan dan jaringan yang tangguh, perusahaan penyedia layanan cloud computing terdepan ini telah mendukung program kartu prakerja di Indonesia sejak tahun 2020.

Menggandeng 165 lembaga pelatihan, 5 mitra pembayaran, 7 platform digital, 4 institusi pendidikan, dan 3 portal pekerjaan, diharapkan partisipasi masyarakat terhadap program Kartu Prakerja dapat terus meningkat di tahun 2021.

Baca Juga: Pencairan Insentif Program Kartu Prakerja Bisa Lewat DANA

Komitmen Kuat untuk Melatih Talenta Digital di Indonesia

Pengembangan talenta digital merupakan salah satu komitmen jangka panjang Alibaba Cloud untuk berkontribusi pada perkembangan bisnis dan masyarakat di Indonesia.

Alibaba Cloud telah bekerja sama dengan universitas lokal seperti Universitas Bina Nusantara, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Gadjah Mada (UGM), Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT (I-TECH), dan Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) untuk pelatihan talenta digital, dimulai sejak awal tahun 2020.

Baca Juga: Tanda tangani PKS, DANA Jadi Mitra Penyalur Insentif Program Kartu Prakerja

"Kami percaya transformasi digital tidak hanya semata-mata untuk kemajuan teknologi, tapi juga untuk perkembangan sumber daya manusia. Karena itu, kami akan terus bekerja sama dengan universitas, inkubator, dan para mitra untuk meluncurkan lebih banyak program pelatihan digital di seluruh Indonesia di tahun 2021 dan seterusnya. Tahun ini, kami bertujuan untuk membina setidaknya 50.000 lebih talenta digital dan membekali mereka dengan pengetahuan dan keahlian mulai dari teknologi berbasis cloud, artificial intelligence, analitik data – yang pada akhirnya – diharapkan dapat mendukung kebutuhan transformasi digital di negara ini," kata Leon Chen.

Alibaba Cloud juga memiliki inisiatif pelatihan digital lain, seperti Alibaba Cloud Academy dan Alibaba Cloud Academic Empowerment Program (AAEP).

Alibaba Cloud Academy menawarkan pelatihan/kursus umum gratis terkait teknologi cloud-native, sementara AAEP bermitra dengan beberapa anggota institusi untuk memberikan dukungan dari Alibaba Cloud, seperti server gratis, pelatihan dan sertifikasi gratis, peluang kompetisi AI, serta akses ke program pelatihan kepemimpinan.

Program-program ini, bersama dengan inisiatif lain dari Alibaba Group seperti Alibaba Netpreneur Training dan Alibaba Global Digital Talent Network yang diprakarsai oleh Alibaba Business School, merupakan kompilasi program yang komprehensif untuk membantu para pelaku bisnis, wirausahawan, dan para pelajar di Indonesia agar dapat menghadapi tantangan di era ekonomi digital.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak