Internet

Upgrade Kemampuan Bahasa Inggris Melalui 3 Pelatihan Prakerja Ini

Menariknya, kini pelatihan Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan aplikasi ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi kartu prakerja. (prakerja.go.id)
Ilustrasi kartu prakerja. (prakerja.go.id)

Hitekno.com - Pendaftaran kartu Prakerja untuk gelombang ke-12 telah dibuka pada 22 Februari 2021 kemarin. Hal ini tentu saja jadi angin segar bagi mereka yang hendak meningkatkan kemampuan dalam pekerjaan.

Di mana seperti yang kita ketahui kartu Prakerja merupakan bantuan biaya pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas kerja penerima sasaran yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak bersekolah / universitas ataupun mereka yang kehilangan pekerjaan akibat situasi pandemi.

Bantuan ini diberikan kepada peserta hanya sekali seumur hidup. Salah satu pelatihan yang diberikan bahkan populer di gelombang sebelum – sebelumnya yaitu pelatihan penguasaan bahasa asing (Bahasa Inggris).

Kemampuan berbahasa asing sungguh menjadi tambahan Softskill yang signifikan dan dibutuhkan di berbagai perusahaan khususnya perusahaan asing.

Di dalam program PraKerja terdapat beberapa operator Bahasa inggris yang dapat diakses di Prakerja, berikut rekomendasi teratas berdasarkan gelombang – gelombang sebelumnya :

1. EF ENGLISH CENTER

EF SMART ENGLISH adalah sistem pembelajaran yang memungkinkan Anda mempelajari bahasa Inggris yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yang juga didukung oleh aplikasi pembelajaran bahasa Inggris online.

Sistem ini merupakan siklus belajar dengan sertifikat 'belajar - coba - terapkan' yang dirancang untuk membantu siswa membangun dan memperkuat kepercayaan diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

English First juga menyediakan tiga jenis kursus bahasa Inggris seperti Umum, Bisnis, dan Industri. Penerapannya juga bisa dipersempit ke perbankan, logistik, pariwisata, militer dan sebagainya.

Kemudian terdapat fitur yang memberikan pelatihan bahasa menjadi mudah, karena bisa disesuaikan untuk pengemudi ojek online, pariwisata, pencari kerja / lulusan baru dan jenis pekerjaan lainnya dengan paket 1 dan 3 bulan. Selain itu, Skills Academy menyediakan kelas TOEFL dan IELTS.

2.     RuangGuru

Aplikasi Ruangguru merupakan salah satu operator pelatihan Bahasa Inggris yang banyak diminati pada Prakerja di gelombang – gelombang sebelumnya.

Ruangguru menyiapkan lima kategori yang dapat dipilih para peserta prakerja guna meningkatkan Softskill peserta dalam berbahasa Inggris, Kategori Pengembangan Diri, Kategori Pemasaran, Kategori Bisnis, Kategori Persiapan Tes dan Kategori Teknologi.

Berbagai kategori tesebut memiliki kelas yang mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inssris peserta dengan kebutuhan para peserta itu sendiri, contoh kelas yang diberikan pada lima kategori tersebut seperti; kelas E-COMMERCE, Programming, Tes TOEFL dan lain – lain.

3.  NEO

NEO Study merupakan pelatihan Bahasa Inggris yang di rekomendasikan pemerintah dan terdapat di Prakerja, Pelatihan Bahasa Inggris yang diberikan NEO sangatlah efektif dengan metode “5 Step Learning”, Metode pembelajaran 5 langkah NEO membantu para peserta PraKerja dapat memanfaatkan sepenuhnya apa yang ditawarkan pada setiap pelajaran.

Masing-masing dari 5 langkah tersebut adalah  PREVIEW-REAPEAT-RECORD-SPEAK-REVIEW, dengan lima Langkah ini dapat menjadi pembelajaran yang sangat efesien serta  bersama dengan rekomendasi studi yang akan membantu peserta PraKerja dalam setiap Langkah proses berbahasa Inggris.

Neo study saat ini dapat diakses menggunakan kartu Prakerja melalui operator pintaria dan maubelajarapa.

Aplikasi NEO, pelatihan Bahasa Inggris. (NEO)
Aplikasi NEO, pelatihan Bahasa Inggris. (NEO)

 

Ketermudahan dalam mendapatkan pelatihan dalam meningkatkan Softskill bagian dari mempersiapkan sumber daya manusia yang berkompetensi, dan mencapai tujuan dari Prakerja sendiri yaitu; mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Itulah tiga pelatihan Prakerja dalam peningkatan kemampuan bahasa Inggris yang kini bisa tersedia melalui aplikasi di atas.

Berita Terkait