Internet

Waspada, Beredar Aplikasi Clubhouse Palsu Membahayakan Pengguna Android

Pengguna Android harus waspada akan munculnya aplikasi Clubhouse palsu.

Agung Pratnyawan

Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)
Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Aplikasi Clubhouse sampai saat ini masih terbatas untuk pengguna iOS, belum resmi dihadirkan untuk Android. Namun, beredar aplikasi Clubhouse palsu yang membahayakan.

Menurut peneliti dari Perusahaan Software, ESET, penemuan aplikasi Clubhouse palsu ini dinilai bisa membahayakan pengguna Android.

Aplikasi Clubhouse palsu ini disebutkan membawa malware Blackrock yang dapat memperoleh akses ilegal ke WhatsApp, Facebook, dan aplikasi penting pengguna lainnya.

Peneliti ESET Lukas Stefanko menyatakan, Clubhouse tiruan ini ditawarkan dari situs web ketiga, bukan market aplikasi resmi seperti Google Play Store.

Tampilan aplikasi juga mirip dengan aplikasi Clubhouse asli yang masih eksklusif untuk pengguna iOS.

"Web berbahaya ini menawarkan #Clubhouse untuk Android dengan menyebarkan trojan perbankan Blackrock," kata Stefanko.

Menurutnya, aplikasi ini mengambil kredensial dari 458 aplikasi yang berbasis keuangan, pertukaran mata uang kripto dan dompet digital, sosial, Instant Messaging (IM), hingga aplikasi belanja.

Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)
Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)

 

"Saat ini tidak ada aplikasi Clubhouse resmi untuk Android," tambahnya, dikutip dari IndiaToday, Minggu (21/3/2021).

ESET mengatakan bahwa hacker ini telah menyalin deskripsi situs web aplikasi CLubhouse asli agar pengguna terkecoh.

UI atau tampilan Clubhouse palsu ini telah dirancang sedemikian rupa agar mudah menipu pengguna.

Selain itu, situs web berbahaya ini juga menampilkan tautan dengan tulisan "Get in on Google Play".

Jika kamu mengklik tautan itu, maka aplikasi akan langsung diunduh ke ponsel secara otomatis, bukan melalui Google Play Store.

Berbeda dengan iklan yang biasa dimunculkan di situs web lain, di mana aplikasi harus diunduh terlebih dulu dari platform aplikasi resmi seperti Google Play Store.

"Situs webnya terlihat seperti asli. Sejujurnya, ini adalah salinan dari situs web Clubhouse yang sah. Namun, setelah pengguna mengklik 'Get in on Google Play', aplikasi akan diunduh secara otomatis ke perangkat pengguna," kata ESET.

"Sebaliknya, situs web yang sah akan selalu mengarahkan pengguna ke Google Play daripada langsung mengunduh Android Package Kit (APK)," tambah Stefanko.

Itulah penemuan aplikasi Clubhouse palsu yang disisipi malware hingga bisa membahayakan pengguna Android. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait