Heboh! Perdebatan Netizen Soroti Aksi Galang Dana Demi Bayar Kuliah

Diejek di Instagram, malah dibela netizen Twitter.

Agung Pratnyawan
Kamis, 04 Februari 2021 | 16:37 WIB
Ilustrasi uang. (Pixabay)

Ilustrasi uang. (Pixabay)

Hitekno.com - Persoalan ekonomi sering juga dialami sejumlah mahasiswa yang kekurangan uang untuk bayar kuliah atau UKT hingga menuntut mereka melakukan berbagai cara.

Seperti yang ramai jadi sorotan, mahasiswa yang menggelar aksi galang dana demi bayar kuliah. Namun sayangnya, aksi ini malah menuai pro dan kontra netizen di media sosial.

Dilaporkan kalau aksi galang dana demi bayar UKT yang menuai pro dan kontra ini dilakukan sejumlah mahasiswa di Malang.

Baca Juga: Foto Anies Saat Jadi Mahasiswa di UGM Viral, Netizen Malah Nyinyir Begini

Aksi ini bahkan menuai perdebatan netizen usai salah seorang pengguna Instagram yang disebut-sebut sebagai salah seorang selebriti kampus menuliskan kritiknya.

Dibagikan oleh akun base di Twiter @AREAJULID, netizen pun berbondong-bondong menuliskan pendapat mereka terhadap aksi galang dana tersebut.

Salah seorang netizen mengirim tangkapan layar Instagram story selebriti kampus yang mengkritik aksi tersebut.

Baca Juga: Heboh Curhatan Mahasiswa Dirayu Dosen lewat Chat, Bikin Netizen Gregetan

Pengguna Instagram tersebut menyayangkan aksi sejumlah mahasiswa yang menggelar galang dana demi membayar uang kuliah di jalan.

Ia menyoroti bahwa aksi itu sampai dibubarkan Satpol PP Kota Malang.

"Kota Malang diberantas dari pengemis, ah ini yang udah bisa menikmati bangku kuliah malah berlagak pengemis. Kerjoo!!!" tulis pengguna Instagram tersebut.

Baca Juga: Viral Kisah Perjuangan Dosen Mengajar Kelas Online, Kerap Dicueki Mahasiswa

Aksi galang dana mahasiswa di Malang demi bayar UKT tuai perdebatan. [Twitter/@AREAJULID]
Aksi galang dana mahasiswa di Malang demi bayar UKT tuai perdebatan. [Twitter/@AREAJULID]

Viralnya kritik tersebut membuat si pengguna Instagram tersebut langsung memberikan klarifikasinya. Ia mengaku kecewa dengan yang dilakukan sejumlah mahasiswa tersebut lantaran menimbulkan persepsi negatif tentang kampusnya.

Ia menilai menggalang dana demi bayar kuliah atau UKT tidak menyelesaikan masalah. Lebih baik para mahasiswa tersebut menjual karya atau berwirausaha.

Menanggapi pendapat si pengguna Instagram tersebut, sejumlah warga Twitter pun turut berdebat. Pro dan kontra pun ramai di kolom komentar .

Baca Juga: Bikin Ngakak! Spanduk di Tempat Fotocopy Ini Cocok untuk Mahasiswa Akhir

"Sebenarnya ya dilihat-lihat dulu. Alasan kenapa ada mahasiswa yang sampai galang dana begitu sih. Karena yo pie rek kita enggak tahu sebab musabab e. Saiki cari kerja yo enggak segampang itu. Buka endorse? Kan bukan selebgram kayak si mas itu. Intinya jangan sampai menjatuhkan begitu lah. Jangan tiba-tiba enggak tahu apa-apa langsung ngecap anak orang pengemis," tulis @riri****** berpendapat.

Ada pula netizen yang menyetujui pendapat si pengguna Instagram yang disebut-sebut adalah seleb kampus tersebut.

"Ada benarnya pemikiran masnya. Aku juga setuju. Tapi ya lagi-lagi kita enggak tahu ada latar belakang apa sampai galang dana kayak begitu kan? Apa lagi kalau masalah ekonomi kayak begini, kita enggak bisa tahu kalau belum ngalamin sendiri. Tapi masnya juga enggak salah banget, kasarnya dia nyarain," cuit @ngak***.

Selain itu, ada pula netizen yang justru menyoroti sikap kampus sampai membuat mahasiswa turun ke jalan menggalang dana.

"Sekitanya siapa yang mau dana ke mereka? Aku pikir kegiatan itu bentuk sarkasme akibat tidak ada prosedur penurunan UKT enggak sih? Kalau dilihat sisi lainnya begitu kok. Kalau di Kampusku begitu BEM-nya ngajal ramai-ramai buat nunda bayar UKT," sahut @khaa******.

Itulah ramainya perdebatan netizen pada aksi galang dana mahasiswa untuk bayar kuliah. Bagaimana menurut Anda? (SuaraJatim.id/ Farah Nabilla).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak