Internet

Jika Tweet Dihapus, Apakah Benar-benar Sudah Hilang?

Apakah jika tweet dihapus benar-benar hilang?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Twitter. (Pixabay/ edar)
Ilustrasi Twitter. (Pixabay/ edar)

Hitekno.com - Apakah kamu pernah hapus tweet atau cuitan? Jika tweet dihapus, apakah benar-benar hilang dari internet atau platform media sosial ini?

Untuk mengetahuinya, penjelasan tentang apakah tweet yang dihapus benar-benar sudah hilang dapat dilihat dalam artikel kali ini.

Para pengguna Twitter masih sering kebingungan dengan definisi ‘delete’ di Twitter. Pasalnya, Twitter memiliki definisi 'delete' yang berbeda dari jejaring sosial pada umumnya.

Di awal 2019 lalu misalnya, beredar kabar bahwa isi Direct Message (DM) Twitter dilaporkan masih tersimpan di server meski sudah dihapus di ponsel pengguna.

Lalu bagaimana dengan Tweet dihapus atau yang sudah di-delete? Apakah benar-benar sudah hilang? Dalam artikel ini, akan dibahas penjelasan tentang apakah Tweet yang di-delete benar-benar sudah hilang.

Ilustrasi Twitter. [Shutterstock]
Ilustrasi Twitter. [Shutterstock]

 

Tapi sebelumnya, simak ulasan cara menghapus Tweet berikut.

Cara Menghapus Tweet

Menghapus Tweet dapat dilakukan dengan mudah. Pertama, kunjungi halaman profil Twitter. Kemudian cari Tweet yang ingin dihapus, klik ikon tiga titik dan klik Delete Tweet.

Jejaring sosial Twitter tidak menyediakan fitur menghapus lebih dari satu Tweet secara bersamaan. Dengan kata lain, pengguna Twitter hanya dapat menghapus Tweet satu per satu secara manual.

Tweet yang Telah Dihapus

Saat pengguna menghapus sebuah Tweet maka Tweet tersebut akan dihapus dari akun pengguna, timeline setiap akun yang mengikuti pengguna, dan dari hasil pencarian Twitter di twitter.com maupun di aplikasi Twitter untuk iOS dan Android.

Tidak hanya itu, retweet dari Tweet yang dihapus juga akan dihapus di twitter.com maupun aplikasi Twitter untuk iOS dan Android. Namun, Tweet yang telah dihapus dapat disimpan dalam cache atau diposting oleh media pihak ketiga, baik website, aplikasi, atau search engine. 

Salinan Tweet yang telah Dihapus

Tweet yang telah dihapus pengguna masih memiliki kemungkinan untuk tetap berada di Twitter saat ada orang lain yang telah menyalin atau menempelkan sebagian atau seluruh teks tersebut ke Tweet mereka sendiri.

Walaupun Tweet pengguna telah dihapus, Tweet salinan mereka tidak akan dihapus. Kemudian, jika orang lain telah me-retweet Tweet pengguna dengan komentar mereka sendiri, Tweet mereka tidak akan dihapus.

Itu dia penjelasan tentang apakah Tweet dihapus atau yang sudah di-delete benar-benar sudah hilang. Semoga membantu! (Suara.com/ Theresia Simbolon).

Berita Terkait