Twitter Beri Peringatan pada Beberapa Cuitan Donald Trump, Apa Isinya?

Berbeda dengan Joe Biden, akun Twitter miliknya bersih dari label dan peringatan.

Agung Pratnyawan
Minggu, 08 November 2020 | 16:00 WIB
Donald Trump. (Instagram/ realdonaldtrump)

Donald Trump. (Instagram/ realdonaldtrump)

Hitekno.com - Twitter memberikan label pada beberapa cuitan Donald Trump dengan peringatan kalau kebenaran isinya diragunkan. Terlebih pada cuitan klaim kecurangan dalam Pemilu Presiden AS 2020.

Sebelumnya, Donald Trump sempat mencuitkan klaim kemenangannya dalam pemilihan presiden di negara tersebut dan menggugat perhitungan suara yang dilakukan.

Tak berselang lama, cuitan ini langsung mendapatkan label khusus dari Twitter. Yang menandakan kalau kebenaran dari isi klaim tersebut diragukan.

Baca Juga: Langgar Kebijakan, YouTube Tak Hapus Video Klaim Trump Menang

"This claim about election fraud is disputed [Klaim tentang penipuan pemilu ini diperdebatkan]" tulis dalam label pada cuita Donald Trump.

Salah satu cuitan Donald Trump yang mendapatkan label dari Twitter adalah soal klaim dirinya yang memenangkan pemilu dengan banyak.

"I WON THIS ELECTION, BY A LOT! [SAYA MENANGKAN PEMILIHAN INI, DENGAN BANYAK!]" tulis Donald Trump dengan capslock di Twitter (7/11/2020).

Baca Juga: Cari Kesempatan, Netizen Penuhi Cuitan Donald Trump dengan Promosi Makanan

Tak hanya itu, masih ada beberapa cuita Donald Trump lainnya yang mendapatkan label dari Twitter soal kebenaran yang masih diragukan.

Twitter beri label peringatan ke cuitan Donald Trump. (Twitter)
Twitter beri label peringatan ke cuitan Donald Trump. (Twitter)

Twitter pun memberikan penjelasan dari label yang diberikannya tersebut dengan menggunakan pengecekan fakta dari The Associate Press dan Reuters.

Selain itu, platform media sosial ini juga memberikan beberapa link soal hasil Pemilu Presiden AS 2020 dari media internasional yang terpercaya.

Baca Juga: Sindir Trump-Biden dan Jokowi-Prabowo, Netizen: Calon Menhan yang Mana?

Termasuk dalam artikel pemberitaan Joe Biden yang diproyeksikan sebagai pemenang dalam pemilihan kali ini setelah mengalahkan Trump di Pennsylvaniia.

Sebelumnya, Twitter juga sempat mengganjar cuitan Donald Trump dengan label misleading terkait protesnya pada Pemilihan Presiden AS 2020 ini.

"Some or all of the content shared in this Tweet is disputed and might be misleading abaout an election or other civic process [Beberapa atau semua konten yang dibagikan di Tweet ini disengketakan dan mungkin menyesatkan tentang pemilu atau proses sipil lainnya]," label yang diberikan Twitter kepada cuita tersebut.

Baca Juga: Gara-gara Pilpres AS, Game Among Us Kena Spam Pendukung Donald Trump

Twitter beri label peringatan ke cuitan Donald Trump. (Twitter)
Twitter beri label peringatan ke cuitan Donald Trump. (Twitter)

Di lain sisi, tidak ditemukannya label serupa pada cuitan Joe Biden. Akun Twitter lawan Donald Trump terlihat bersih dari pendan tersebut.

Hal ini karena tidak ditemukannya klaim Joe Biden secara eksplisit dalam pemiilihan Presiden AS 2020. Tidak seperti dalam akun Twitter Donald Trump.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak