Internet

Twitter Beri Peringatan pada Beberapa Cuitan Donald Trump, Apa Isinya?

Berbeda dengan Joe Biden, akun Twitter miliknya bersih dari label dan peringatan.

Agung Pratnyawan

Donald Trump. (Instagram/ realdonaldtrump)
Donald Trump. (Instagram/ realdonaldtrump)

Hitekno.com - Twitter memberikan label pada beberapa cuitan Donald Trump dengan peringatan kalau kebenaran isinya diragunkan. Terlebih pada cuitan klaim kecurangan dalam Pemilu Presiden AS 2020.

Sebelumnya, Donald Trump sempat mencuitkan klaim kemenangannya dalam pemilihan presiden di negara tersebut dan menggugat perhitungan suara yang dilakukan.

Tak berselang lama, cuitan ini langsung mendapatkan label khusus dari Twitter. Yang menandakan kalau kebenaran dari isi klaim tersebut diragukan.

"This claim about election fraud is disputed [Klaim tentang penipuan pemilu ini diperdebatkan]" tulis dalam label pada cuita Donald Trump.

Salah satu cuitan Donald Trump yang mendapatkan label dari Twitter adalah soal klaim dirinya yang memenangkan pemilu dengan banyak.

"I WON THIS ELECTION, BY A LOT! [SAYA MENANGKAN PEMILIHAN INI, DENGAN BANYAK!]" tulis Donald Trump dengan capslock di Twitter (7/11/2020).

Tak hanya itu, masih ada beberapa cuita Donald Trump lainnya yang mendapatkan label dari Twitter soal kebenaran yang masih diragukan.

Twitter beri label peringatan ke cuitan Donald Trump. (Twitter)
Twitter beri label peringatan ke cuitan Donald Trump. (Twitter)

 

Twitter pun memberikan penjelasan dari label yang diberikannya tersebut dengan menggunakan pengecekan fakta dari The Associate Press dan Reuters.

Selain itu, platform media sosial ini juga memberikan beberapa link soal hasil Pemilu Presiden AS 2020 dari media internasional yang terpercaya.

Termasuk dalam artikel pemberitaan Joe Biden yang diproyeksikan sebagai pemenang dalam pemilihan kali ini setelah mengalahkan Trump di Pennsylvaniia.

Sebelumnya, Twitter juga sempat mengganjar cuitan Donald Trump dengan label misleading terkait protesnya pada Pemilihan Presiden AS 2020 ini.

"Some or all of the content shared in this Tweet is disputed and might be misleading abaout an election or other civic process [Beberapa atau semua konten yang dibagikan di Tweet ini disengketakan dan mungkin menyesatkan tentang pemilu atau proses sipil lainnya]," label yang diberikan Twitter kepada cuita tersebut.

Twitter beri label peringatan ke cuitan Donald Trump. (Twitter)
Twitter beri label peringatan ke cuitan Donald Trump. (Twitter)

 

Di lain sisi, tidak ditemukannya label serupa pada cuitan Joe Biden. Akun Twitter lawan Donald Trump terlihat bersih dari pendan tersebut.

Hal ini karena tidak ditemukannya klaim Joe Biden secara eksplisit dalam pemiilihan Presiden AS 2020. Tidak seperti dalam akun Twitter Donald Trump.

Berita Terkait