Internet

YouTube Rewind 2020 Ditiadakan, Ini Alasannya

Keputusan YouTube ini mengundang beragam reaksi pro dan kontra baik dari netizen atau influencer.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

Hitekno.com - YouTube Rewind, sebuah penghargaan akhir tahun untuk para content creator, atau video momen serta tren sepertinya harus ditiadakan pada tahun ini. Akun Resmi YouTube telah mengonfirmasi bahwa mereka telah membatalkan YouTube Rewind 2020.

Sebagian dari kita mungkin menunggu momen serta antusias mengenai YouTube Rewind di akhir tahun.

Ini merupakan pertama kalinya Rewind ditiadakan sejak YouTube memulai perayaan tahunan mereka sejak 2010.

Sejak sepuluh tahun yang lalu, YouTube Rewind diadakan setiap tahun dan mengundang beragam reaksi, termasuk dukungan dan cercaan.

Dikutip dari The Verge, YouTube telah mengeluarkan pernyataan yang mengakui bahwa "2020 telah berbeda" dan mereka merasa tidak tepat apabila benar-benar merilis YouTube Rewind.

Keputusan mengenai YouTube Rewind 2020 yang ditiadakan. (Twitter/ YouTube)
Keputusan mengenai YouTube Rewind 2020 yang ditiadakan. (Twitter/ YouTube)

 

Edisi 2016 memiliki cukup banyak perhatian setelah mendapatkan lebih dari 239 juta penayangan. Namun edisi 2018 juga cukup parah setelah menerima lebih dari 18 juta Dislike dari komunitas YouTube sendiri.

"2020 telah menjadi berbeda. Dan rasanya itu tidak tepat ketika kita membuatnya. Oleh sebab itu, kami memutuskan beristirahat untuk tidak membuat Rewind tahun ini. Kami tahu banyak hal baik yang terjadi pada 2020. Anda telah menemukan cara untuk mendukung orang, membantu mereka mengatasi masalah dan membuat mereka tertawa. Kalian telah membuat tahun yang sulit ini menjadi lebih baik," tulis keterangan resmi dari YouTube.

Postingan keterangan resmi di lewat Twitter langsung mendapatkan lebih dari 21 ribu Retweet dan 160 ribu Like. Tahun 2020 yang dirasa kurang tepat oleh YouTube untuk merilis Rewind mendapatkan beragam tanggapan.

Logo YouTube Rewind. (YouTube)
Logo YouTube Rewind. (YouTube)

 

Terdapat netizen serta influencer yang mendukung keputusan YouTube, namun ada pula yang menyayangkannya.

"Kalian (YouTube) mendukung kami dalam banyak hal!! Kami semua sangat mengerti!!" komentar @lelepons.

"Sekeras-kerasnya tahun 2020 (dan tentu saja tragis bagi banyak orang), kami telah melihat curahan kreartivitas pada platform @Youtube. Terima kasih untuk semua @YouTubeCreators untuk semua pengalihan, pendidikan, informasi, dan pembelajaran selama 2020," kata @saylordotorg.

"Wow! Aku tidak setuju. Tahun 2020 memang lah berbeda. Tapi kalian harus tetap mengadakan Rewind. Ayolah, masih banyak hal yang positif," pendapat JerryRigEverything @ZacksJerryRig.

"@YouTube, ini adalah hal terburuk yang pernah terjadi," kata @Dream.

Perusahaan belum mengumumkan apakah YouTube Rewind akan kembali pada 2021. Mengingat 2020 memang tahun yang sulit bagi sebagian orang, keputusan untuk meniadakan YouTube Rewind memancing banyak reaksi di Twitter.

Berita Terkait