Internet

Tak Perlu Panik, Ini 5 Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka

Pernahkah kamu mengalami masalah aplikasi YouTube tidak bisa dibuka?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

Hitekno.com - Cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Kamu tidak perlu panik duluan tidak bisa membuka aplikasi atau menonton video.

Buat pengguna smartphone, permasalahan aplikasi YouTube yang tidak terbuka bisa diatasi dengan beberapa cara. 

Aplikasi yang menyediakan berbagai jenis konten video ini memang menjadi salah satu aplikasi yang paling sering digunakan banyak kalangan saat ini. Wajar saja apabila dalam penggunaannya, Anda pernah mengalami masalah Youtube tidak bisa dibuka.

Aplikasi Youtube yang tidak bisa dibuka dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti RAM smartphone yang hampir penuh, cache yang sudah menumpuk, ataupun kesalahan dalam proses penginstalan. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena mengatasi Youtube tidak bisa dibuka ini dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana.

Ilustrasi YouTube. [Irfan Ahmad/Pixabay]
Ilustrasi YouTube. [Irfan Ahmad/Pixabay]

 

Dalam artikel kali ini akan dibahas lima cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka. Mulai dari menginstall ulang YouTube hingga membersihkan RAM. Berikut ulasan selengkapnya. 

1. Install Ulang YouTube

Bagi Anda yang baru saja menginstall Youtube di smartphone Anda, masalah Youtube tidak bisa dibuka dapat disebabkan oleh kesalahan dalam proses penginstalan.

Jika aplikasi YouTube tidak bisa dibuka karena masalah ini, uninstall dahulu aplikasi tersebut. Setelah proses uninstall selesai, install kembali aplikasi Youtube di smartphone Anda.  

2. Update Aplikasi YouTube

Sama seperti aplikasi lainnya, Anda juga perlu memperbaharui aplikasi Youtube. Walaupun pada beberapa smartphone Youtube merupakan aplikasi bawaan, Anda terkadang juga perlu mengupdate aplikasi ini sendiri.

Cek secara manual aplikasi Youtube Anda untuk mengetahui apakah aplikasi ini sudah diperbarui atau belum. Jika memang belum, update Youtube di smartphone Anda agar aplikasi ini bisa berjalan lancar.

3. Hapus Cache Aplikasi YouTube

Aplikasi YouTube juga akan menyimpan cache seperti aplikasi pada umumnya. Semakin sering digunakan, cache pada aplikasi Youtube akan semakin banyak tertumpuk.

Jika dibiarkan terus menerus, aplikasi YouTube bisa saja mengalami error dan tidak bisa dibuka. Untuk itu, hapuslah cache secara rutin untuk mencegah Youtube tidak bisa dibuka. Caranya, buka menu setelan dan kemudian pilih aplikasi terinstall. Selanjutnya, pilih aplikasi Youtube dan kemudian pilih Hapus Cache.

4. Hapus Data Aplikasi YouTube

Walaupun menonton video tanpa diunduh, Aplikasi YouTube tetap menyimpan data-data, baik berupa konfigurasi, informasi akun, maupun thumbnail video.

Semakin sering dan lama pemakaiannya, data yang tersimpan oleh aplikasi YouTube di smartphone Anda akan semakin menumpuk. Jika dibiarkan, aplikasi YouTube sewaktu-waktu dapat crash dan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus data aplikasi YouTube secara berkala. 

5. Bersihkan RAM

Aplikasi YouTube termasuk salah satu aplikasi yang memakan banyak RAM. Apabila RAM di smartphone Anda sudah hampir penuh, kinerja aplikasi di smartphone tersebut juga akan melambat.

Cara mengatasinya, Anda perlu membersihkan RAM dengan meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan. Setelah ruang kosong dalam RAM menjadi lebih banyak, YouTube bisa kembali berjalan dengan lancar.

Itu dia cara mengatasi Youtube tidak bisa dibuka. Selamat mencoba. (Suara.com/ Theresia Simbolon).

Berita Terkait