Internet

Tak Bisa Ikut Ospek Online karena HP Rusak, Mahasiswa Ini Datang ke Kampus

Kondisi seperti itu dirasakan seorang mahasiswa baru yang tak diketahui identitasnya.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi mahasiswa. (Unsplash/Element5 Digital)
Ilustrasi mahasiswa. (Unsplash/Element5 Digital)

Hitekno.com - Sebelum masuk ke belajar mengajar di jenjang perguruan tinggi, biasanya mahasiswa akan menjalani pengenalan kampus atau ospek. Namun karena adanya pandemi, beberapa kampus menyelenggarakan ospek online

Tetapi sepertinya semua orang tak mendapat akses jaringan dengan baik untuk mengikuti ospek. 

Kondisi seperti itu dirasakan seorang mahasiswa baru yang tak diketahui identitasnya. Mahasiswa baru tersebut tidak dapat mengikuti ospek lantaran ponselnya rusak.

Namun, karena tak ingin tertinggal mendapatkan materi pengenalan kampus, mahasiswa tersebut datang secara langsung ke universitas. Kisah itu dibagikan kembali oleh warganet melalui akun Twitter base @collegemenfess pada 23 September, dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari status WhatsApp.

Terlihat seorang lelaki duduk di kursi dan mengenakan kemeja putih serta peci yang diikatkan bendera merah putih berukuran kecil. Ia pun memakai masker penutup wajah.

Curhatan warganet tidak bisa hadiri ospek online dan datang ke kampus. [Twitter]
Curhatan warganet tidak bisa hadiri ospek online dan datang ke kampus. [Twitter]

"Bukan bahan bulian atau lawakan. Dari ribuan mahasiswa baru yang melaksanakan PBAK online, hanya dia yang datang tatap muka langsung kepada panitia PBAK Fakultas Syariah, wali kelas, dan dosen-dosen. Dia menceritakan bahwa HPnya rusak maka dari itu dia datang langsung ke kampus untuk mendengarkan dan mendapatkan penjelasan dari materi-materi yang ada di fakultasnya. Saya bangga atas niatnya yang sangat besar untuk mengikuti PBAK ini. Semoga kelak engkau sukses," tulis status WhatsApp tersebut.

PBAK sendiri merupakan singkatan dari Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan. Menurut keterangan salah satu warganet di kolom komentar, mahasiswa ini merupakan mahasiswa baru di IAIN Samarinda.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 2.000 kali ke sesama pengguna dan disukai lebih dari 13 ribu akun Twitter ini pun, menuai beragam komentar dari warganet.

Tak sedikit pengguna yang masih berkuliah merasa salut dengan mahasiswa baru tersebut. Bahkan, beberapa warganet ada yang ingin membantu dengan menyumbangkan ponsel kepada mahasiswa baru tersebut.

"Salut banget sama yang begini," tulis akun @biskuatmantul.

"Ada yang bisa sambungin gue ke orang yang ada di foto? Plis, HP gue ada Android yang nggak kepake. Semoga gue bisa tersambung sama yang bersangkutan," komentar @napiiiiiiiiii.

"Cakep ini. Jarang ketemu sama yang nggak banyak alasan dan langsung eksekusi kayak gini. Tipe-tipe yang kalau nggak bisa pakai jalan A bakal langsung gaskan jalan B, bukan cuma ngerengek dan cari subjek buat dipersalahkan. Moga lancar kuliahnya dan barokah ilmunya," tambah @chewyoursins.

"Nangis banget, sempet ngerasain semester 1 kemaren nggak punya laptop dan ngerjain apa-apa di HP kadang minjem temen laptop. Alhamdulillah pas dies natalis fakultas dapat mesin cuci terus kujual kubeliin laptop second," ungkap @Chintyaagt.

Curhatan warganet tidak bisa hadiri ospek online dan datang ke kampus. [Twitter]
Curhatan warganet tidak bisa hadiri ospek online dan datang ke kampus. [Twitter]

"Keren banget sih, sifatnya patut diacungi jempol. Nggak malas-malasan, demi denger materi nggak sambil rebahan. Padahal masih maba. Keren, istiqomah ya," cuit @surreptitiyous.

Unggahan mahasiswa baru yang tak bisa ikut ospek online karena HP rusak ini lantas viral di Twitter. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait