Internet

Tukang Ojek Kena Tipu Hingga Kehilangan Motor, Netizen Tergerak Membantu

Ramai-ramai netizen tergerak membantu tukang ojek yang kena tipu penumpang ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi sepeda motor. (unsplash/@fancycrave)
Ilustrasi sepeda motor. (unsplash/@fancycrave)

Hitekno.com - Puji Santoso, seorang tukang ojek menjadi korban penipuam penumpannya. Bahkan sampai sepeda motor miliknya raib dibawa kabur.

Kisah kejadian yang menimpa tukang ojek ini pun ramai jadi pembahasan netizen hingga viral di media sosial.

Kejadian yang dialami Puji Santoso ini dibagikan oleh akun Instagram @infoserang dan dibagikan kembali oleh akun Twitter @Whatsadid pada 30 Juli.

Pemilik akun mengunggah video berdurasi 44 detik, merekam seorang lelaki yang mengatakan bahwa ia memang kehilangan motor.

"Memang bener saya kehilangan motor ditipu sama nggak tau siapa, suruh nganter ke Rangkas. Suruh nganter orang ke Rangkas, dari sana di suruh makan mie, motor saya langsung dibawa kabur. Kalau kehilangan motor saya ini saya nggak tau mau kerja apa, cuma motor itu doang untuk cari makan, ngojek tiap hari," ucap seorang lelaki yang terlihat sudah berumur di dalam video tersebut.

 

Menurut keterangan pemilik akun, kejadian yang menimpa tukang ojek tersebut terjadi pada 29 Juli pukul 14:30 WIB.

Insiden bermula ketika Puji Santoso mengantar penumpang dari Pasar Rau ke Rangkasbitung dan setelah sampai di tempat tujuan, penumpang meminta turun di Pujasera Balong Rangkasbitung.

"Penumpang tersebut lantas pesan tiga mie instan di warung Pujasera. Setelah pesan, si bapak diminta tunggu di sana, sementara penumpang pinjam motor bapaknya untuk jemput temannya. Namun, sejak pukul setengah tiga hingga menjelang magrib tadi penumpang dan motornya tidak balik," tulis akun @Whatsadid dalam utas yang dibuatnya.

Melihat kejadian yang menimpa tukang ojek tersebut, akun Instagram @infoserang, @wowbanten, dan @inforangkasbitung pun membuka donasi bagi netizen yang ingin membantu Puji Santoso.

Usai kisah ini viral di media sosial, tak disangka banyak netizen beramai-ramai menyalurkan bantuan kepada lelaki tersebut.

Menurut keterangan dari akun Instagram @info.banten, seorang donatur bersedia membelikan sepeda motor baru untuk Puji Santoso dan bertemu serta datang langsung ke kediamannya.

"Alhamdulillah, akhirnya pak Puji dihadiahi motor. Motor tersebut berasal dari hamba Allah yang baik hati. Motor diserahkan langsung oleh Wakapolres Lebak Kompol Ari Satmoko di Mapolres Lebak, Kami (30/7/2020). Selalu ada hikmah dari setiap kejadian," tambah pemilik akun @Whatsadid seraya mengunggah video penyerahan motor tersebut.

Dalam video berdurasi 37 detik itu terdengar lelaki tersebut menangis haru dan memeluk polisi seraya mengucapkan terima kasih.

Curhatan tukang ojek ketipu. [Twitter]
Curhatan tukang ojek ketipu. [Twitter]

Unggahan yang telah ditonton sebanyak lebih dari 209.300 penayangan dan dibagikan sebanyak lebih dari 15.000 kali ke sesama pengguna dan disukai lebih dari 20.200 akun Twitter itu pun, menuai beragam komentar dari netizen.

"Ya Allah ikut nangis seneng banget," tulis akun @sofiafdd_.

"Alhamdulillah. Semoga sehat selalu dan semoga rezeki hamba Allah yang menyumbangkan dilipat gandakan. Sehat terus bapaknya," komentar @Nurul7x.

"Terharu. Gob*** banget emang manusia-manusia jahat zaman sekarang, mencuri tidak pandang bulu," tambah @kaleanderr.

"Kasian sama yang kena tipu gini. Tega banget penumpangnya duh. Di daerah saya pernah ada ojol yang kayak gini juga, tapi lebih parah. Kendaraannya dicuri dan kepalanya berdarah banget sampe koma. Waktu itu RW setempat saya berusaha cari identitasnya dan akhirnya ketemu. Hati-hati ya," ungkap @Leerapeach.

"Maaf ya, pak. Gara-gara orang jahat, motor bapak jadi harus hilang seperti itu. Semoga cepat dapat pengganti yang lebih baik. Semangat terus mencari rezekinya. Saya cuma bisa bantu do'a. Insya Allah ada orang-orang baik yang hadir untuk bapak. Aamiin," cuit @huimangobso.

Itulah kisah Puji Santoso yang viral di media sosial. Netizen pun ramai-ramai tergerak membantu tukang ojek yang kena tipu penumpang. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait