Internet

Berniat Menipu, Netizen Ini Malah Diajak Main Puzzle

Banyak modus yang dilayangkan penipu untuk korbannya, termasuk diajak bermain puzzle ini.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi belanja online lewat smartphone. (Pixabay)
Ilustrasi belanja online lewat smartphone. (Pixabay)

Hitekno.com - Penipu memiliki beragam modus untuk mengelabuhi korbannya saat belanja online, salah satunya meminta nomor kartu rekening milik penjual. 

Seperti yang dialami salah satu netizen yang mengetahui bahwa dirinya tengah ditipu oleh calon pembelinya, ia justru memberikan gambar kartu rekening, namun dalam bentuk puzzle yang terpotong. 

Dibagikan kembali oleh akun Twitter @txtdarionlshop pada 20 Juli, pemilik akun mengunggah gambar tangkapan layar isi pesan WhatsApp antara warganet dengan penipu tersebut. Dalam pesan itu terlihat bahwa penipu ingin membeli sesuatu dari netizen.

Namun, setelah memberikan nomor rekening dan meminta bukti transfer jika sudah mengirim uang, penipu tersebut justru meminta nomor seri kartu warganet dengan alibi ia menggunakan rekening oneklik.

"Kirim bukti transfernya ya kak," tulis warganet tersebut.

"Kak saya transfer lewat rekening oneklik butuh nomor seri kartu penerima supaya bisa transfer," balas penipu tersebut seraya melampirkan foto akun transaksi dari Bank Central Asia (BCA).

Mengetahui bahwa itu modus penipuan, warganet ini justru mengerjainya dengan mengirim gambar kartu ATM palsu yang tertulis Bank of America, yang telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian seperti puzzle. Ia pun meminta penipu tersebut untuk menyusun sendiri potongan kartunya.

"Puzzle bang, silahkan susun sendiri agar tau nomornya," jawab warganet tersebut.

Modus penipuan OneKlik BCA sebenarnya telah cukup lama digunakan oleh para penipu. Pihak BCA sendiri telah memberikan tips melawan modus penipuan tersebut dalam laman resminya dan melarang pengguna memberikan nomor kartu dan kode OTP ke siapapun.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 8.500 kali ini pun menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit warganet yang dibuat tertawa dengan hal tersebut, beberapa lainnya bahkan mencoba menggabungkan potongan puzzle kartu.

Penipu justru dikasih puzzle. [Twitter]
Penipu justru dikasih puzzle. [Twitter]

"Potongan puzzlenya nggak lengkap nih kayaknya," tulis akun @generasiindomi.

"Sering terjadi nih customer menipu model gitu. Dikira gue bahlul," komentar @ayiyah_.

"Aku pernah kayak gini terus langsung DM BCA dan untungnya adminnya fast respon jadi nggak gegabah ngasih nomor seri kartu," tambah @xosychi.

"Ih aku pernah kak kayak gini, terus bodohnya aku nggak ngerti jadi aku kasih beneran dong kode verif sama kartu ATMku. Untungnya aku kasih rekeningku yang isinya cuma 15 ribu," ungkap @vassyaaprilias.

"Masih aja musim tipu-tipu hiihh," cuit @mang_kosin.

Unggahan modus penipu saat belanja online ini lantas viral di Twitter. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait