Internet

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube, Apa yang Harus Dilakukan?

Bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube ini? Ada beberapa hal yang harus disiapkan lebih dahulu.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

YouTube FanFest 2018. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)
YouTube FanFest 2018. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Hitekno.com - Cara menghasilkan uang dari YouTube memang susah-susah gampang. Seperti diketahui, platform video milik Google ini memang menjanjikan peluang usaha untuk konten kreator.

Bahkan tak sedikit yang sukses meraup pendapatan fantastis hanya dengan membuat video di YouTube

Namun bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube ini? Apakah mudah dilakukan? Ternyata tidak sepenuhnya mudah.

Sebelum menuai penghasilan dari YouTube, ada yang harus kamu lakukan lebih dulu. Yakni dengan cara mengaktifkan YouTube Adsense terlebih dahulu.

Zaman yang serba digital membuat kamu mudah memanfaatkan teknologi guna mendapat keuntungan. Memanfaatkan YouTube dan menjadi YouTuber mungkin bisa menjadi salah satu hal yang dapat kamu lakukan.

Ilustrasi Youtuber. (pakutaso)
Ilustrasi Youtuber. (pakutaso)

 

YouTube Adsense sendiri merupakan bagian dari Google Adsense yang adalah salah satu program periklanan online yang dimiliki oleh Google Incorporation. Program ini menawarkan pemilik website atau blog untuk mendapat iklan.

Jika pemilik website atau blog memiliki pengunjung dari jumlah klik, maka pemilik akan mendapatkan sejumlah uang dari Google. Hal yang sama berlaku pada video YouTube yang diunggah.

Cara yang mudah dan praktis membuat banyak orang berlomba-lomba menjadi YouTuber. Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense?

Untuk mengaktifkan YouTube Adsense, kamu perlu masuk ke channel YouTube yang telah kamu buat, selanjutnya masuk ke laman 'Setting' untuk mengakses 'YouTube Studio' di 'Icon Profile'.

Cara mendapatkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense. (YouTube)
Cara menghasilkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense. (YouTube)

 

Pada laman ini, kamu dapat langsung mengaktifkan YouTube Adsense pada bagian channel dan 'Monetization'. Secara otomatis, kamu akan dibawa ke laman YouTube Partner Program untuk mendaftar YouTube Adsense.

Step selanjutnya, kamu harus menyetujui berbagai ketentuan dan persetujuan dari YouTube. Jika menerima, kamu bisa memilih 'I accept'.

Langkah berikutnya adalah menghubungkan channel YouTube dengan YouTube Adsense. Beberapa ketentuan perlu kamu isi sebelum kemudian membuat akun YouTube Adsense melalui channel YouTube milik kamu.

Selanjutnya, pada tahap yang begitu penting, jangan lupa untuk memasukan alamat dengan benar karena berguna untuk pengiriman kode verifikasi saat saldo YouTube Adsense kamu sudah cukup untuk dicairkan.

Cara mendapatkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense. (YouTube)
Cara menghasilkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense. (YouTube)

 

Tahap selanjutnya adalah mengatur pilihan monetisasi, hal ini perlu kamu lakukan untuk penempatan iklan yang akan tampil di konten kamu. Perlu diingat, penempatan masing-masing iklan berpengaruh pada pendapatan yang kamu peroleh ya.

Cukup mudah, jika semua tahapan telah kamu lakukan, maka kamu sudah berhasil mendaftar YouTube Adsense. Langkah selanjutnya hanya perlu menunggu informasi pengajuan.

Sambil menunggu persetujuan YouTube Adsense, fokus membuat konten menarik untuk mendapat 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber dalam waktu yang cepat ya.

Itu tadi cara menghasilkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense. Tertarik menjadi Youtuber?

Berita Terkait