Games

Harga Tak Murah, Ini 9 Tips Kumpulkan Uang untuk Beli PlayStation 5

Bersiap dari sekarang, harga PlayStation 5 diduga tidak murah.

Agung Pratnyawan

PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)
PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

Hitekno.com - Sony telah resmi mengenalkan seperti apa konsol game PlayStation 5. Yang rencananya akan mulai dipasarkan pada penghujung tahun 2020.

PlayStation 5 telah dijadwalkan meluncur di Amerika Utara pada holiday 2020, sekitar November-Desember nanti. Dan akan menyusul region lain.

Kabar lain juga menyampaikan kalau harga konsol game dari Sony ini tidaklah murah. Ditambah adanya keterbatasan produksi awalnya nanti.

Jika kamu menginginkan PlayStation 5, sebaiknya mulai bersiap dari sekarang. Kamu masih punya waktu untuk mengumpulkan uang hingga waktu peluncurannya tiba.

Berapa harganya? Sampai tulisan ini dibuat, belum ada informasi resmi dari Sony mengungkap berapa harga resminya nanti di pasaran.

Berikut ini HiTekno.com berikan tips untuk mengumpulkan uang dalam bersiap membeli konsol game PlayStation 5 nanti.

1. Tabungan khusus

PlayStation 5. (PlayStation)
PlayStation 5. (PlayStation)

 

Untuk mengamankan uang kamu, siapkan tabungnan khusus. Jika bisa rekening terpisah dari yang lain untuk menghindari terpakai.

Cukup mudah untuk membuka rekening bank baru. Dan mulailah menabung dengan transfer ke rekening khusus tersebut.

2. Niat Berhemat dan Hindari Pembelian yang Tak Perlu

Ilustrasi belanja online lewat smartphone. (Pixabay)
Ilustrasi belanja online lewat smartphone. (Pixabay)

 

Mulai dari sekarang, batasi pengeluaran kamu. Lebih selektif dalam pembelian barang. Pastikan yang kamu beli memang kamu butuhkan.

Pupuk niat menabung dan berhemat dengan membayangkan harga PlayStation 5 yang tidak murah. Terlebih ini konsol game yang kamu idam-idamkan.

3. Pantau Info Harga PlayStation 5

Sony siapkan gelaran PlayStation 5. (PlayStation)
Sony siapkan gelaran PlayStation 5. (PlayStation)

 

Pantau terus kabar dan berita dari konsol game ini. Hingga nantinya Sony akan mengumumkan berapa harga PlayStation 5 dan kapan tersedia di Indonesia.

Menariknya, Sony sendiri telah membuka perwakilan di Indonesia. Sehingga nantinya akan beredar konsol resmi untuk region Indonesia.

4. Tentukan PlayStation 5 dengan Blu-ray atau Digital Edition

Dua versi PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)
Dua versi PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

 

Sony telah mengenalkan dua versi dari konsol game ini, yakni PlayStation 5 versi standar dengan Blu-ray dan PlayStation 5 Digital Edition.

Kelebihan versi standar tentu saja kamu bisa menginstal game melalui Blu-ray disk. Nanti jika bosan, bisa kamu jual kembali gamenya.

Sedangkan Digital Edition diduga akan berharga lebih murah. Namun hanya bisa instal game melalui download dan tidak bisa dijual kembali.

Tentukan mana yang lebih kamu inginkan, versi standar dengan Blu-ray atau PlayStation 5 Digital Edition. Harganya tentu saja akan berbeda.

5. Pastikan Punya TV atau Monitor yang Mendukung

Xiaomi Mi TV 4 55. (Xiaomi Indonesia)
Xiaomi Mi TV 4 55. (Xiaomi Indonesia)

 

Pastikan TV di rumah kamu sudah mendukung konsol game baru ini. TV seperti apa yang bisa digunakan? Yang pasti sudah mendukung HDMI.

Soal resolusi, PlayStation 5 memang dioptimalkan untuk berjalan di resolusi 4K. Namun tentu saja tetap bisa jalan di 1080p atau FullHD.

Kamu juga bisa mempersiapkan dari sekarang, pertimbangkan TV 4K yang mendukung HDR10. Terlebih yang telah memakai panel OLED untuk memaksimalkannya.

Namun jika ingin berhemat, cukup dengan TV atau layar monitor 1080p atau FullHD yang telah memiliki port HDMI. Meski tidak akan menampilkan gambar terbaiknya.

6. Sementara Manfaatkan Game Gratis

Trevor GTA V. (Rockstar)
Trevor GTA V. (Rockstar)

 

Sambil menunggu kehadiran PlayStation 5, tentu saja kamu tetap bermain game. Jika fokus menabung, kamu bisa mengurangi beli game baru.

Manfaatkan beberapa game gratis yang sedang marak. Di PC ada Epic Games Store, jika punya PlayStation 4 manfaatkan PlayStation Plus.

7. Cari Pendapatan Tambahan

Ilustrasi uang. (Pixabay)
Ilustrasi uang. (Pixabay)

 

Menabung dengan menyisihkan uang jajan atau gaji masih merasa kurang? Bagimana dengan mencari uang tambahan yang bisa kamu lakukan di sela-sela waktu.

Banyak tersedia pekerjaan freelance dan partime di luar sana yang bisa kamu ambil. Atau mencoba keberuntungan dengan jualan online, jualan makanan, dan masih banyak lainnya.

8. Jual Barang yang Tak Diperlukan

Game PlayStation 4. (unsplash/Rohan).
Game PlayStation 4. (unsplash/Rohan).

 

Coba lihat disekitarmu, masihkan ada barang tak berguna dan menuh-menuhi tempat kamu? Bisa saja barang ini punya nilai jual.

Seperti disk game lama kamu, atau aksesoris game yang ternyata tidak terpakai bisa dijual untuk mendapatkan tambahan uang dalam membeli PlayStation 5.

9. Hindari Godaan Konsol Game Lain

PlayStation 5 vs Xbox Series X. (HiTekno.com)
PlayStation 5 vs Xbox Series X. (HiTekno.com)

 

Mantampan niat kamu membeli PlayStation 5, karena pastinya kompetitor akan menggonda kamu untuk berpaling ke produknya.

Xbox Series X sebagai konsol pesaing, pastinya telah menyiapkan sederet godaan untuk kamu agar berpaling dari PlayStation 5.

Atau PC yang makin banyak game menarik, dan promo diskon besar hingga tawaran game gratis. Ingat PC bukan cuma Steam, ada Epic Games Store, GOG dan masih banyak lainnya.

Itulah 9 tips mengumpulkan uang demi membeli konsol game PlayStation 5 yang nanti tak akan murah ini. Siap-siap dari sekarang!

Berita Terkait