Nekat Rayakan Kelulusan Saat Pandemi, Siswa Ini Diciduk Itjen Kemdikbud

Akun Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI juga ikut mencari informasi mengenai asal sekolah siswa ini.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Minggu, 03 Mei 2020 | 20:15 WIB
Rayakan kelulusan saat pandemi corona. (twitter/inxekyur)

Rayakan kelulusan saat pandemi corona. (twitter/inxekyur)

Hitekno.com - Tanpa perayaan seperti biasanya, siswa SMA baru saja mendengar hasil kelulusan yang diumumkan pada 2 Mei 2020. Di tengah kabar kelulusan tersebut, aksi siswa yang nekat rayakan kelulusan saat pandemi corona berujung diciduk Itjen Kemdikbud.

Aksi siswa ini menjadi topik panas di media sosial khususnya Twitter usai diunggah oleh akun @ixekyur pada Minggu (3/5/2020) dan langsung membuatnya menjadi viral di Twitter.

Dalam cuitannya, pemilik akun mengunggah sejumlah update Insta Story dari seorang siswa yang asyik berkumpul bersama teman-temannya merayakan kelulusan dengan tradisi corat-coret baju seragam.

Baca Juga: Cuma Gara-gara Satu Tweet, Elon Musk dan Tesla Kehilangan Rp 205 Triliun

Mengabaikan himbauan social distancing yang harus dilakukan di tengah masa pandemi corona, siswa ini bersama teman-temannya yang lain asyik berfoto bersama memamerkan seragam SMA yang telah dicorat-coret dengan berbagai gambar.

Meresahkan banyak pihak, aksi siswa yang rayakan kelulusan di tengah pandemi corona ini lalu mendapat berbagai komentar netizen yang justru menghujatnya.

Rayakan kelulusan saat pandemi corona. (twitter/inxekyur)
Rayakan kelulusan saat pandemi corona. (twitter/inxekyur)

''Nggak ada akhlak banget'' tulis netizen dengan akun @hendralm.

Baca Juga: Heboh Mbah Minto, Youtuber Nenek-nenek dari Klaten

''Lulus jalur corona aja bangga, udah tahu lagi pandemi malah coret-coret. Apa yang lu banggain woy? Perjuangan belajar mati-matian demi ujian nilai bagus lulus dengan selamat gitu? Haha kocak lu!'' balas akun Twitter @cimolcangtip.

''Heran banget asli gue lihat muda-mudi zaman sekarang. Pada nggak ada akhlak kaya nggak paham batasan-batasannya'' komentar akun @snugglewoozie.

''Ini yang kemaren lulus gara-gara corona ya? Bisa-bisanya bangga sekali'' ungkap akun @elterrego.

Baca Juga: Penampakan Kompetisi Game di Tahun 2002, Netizen Auto Salfok Sama Pemainnya

Usai aksinya menjadi viral di Twitter, akun Instagram gadis ini lalu diburu netizen hingga dirinya harus mengunci akun Instagram pribadi miliknya tersebut.

Tidak hanya diburu oleh netizen, akun Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI juga ikut mencari informasi mengenai asal sekolah siswa yang rayakan kelulusan di tengah pandemi corona ini.

''Jika ada informasi nama sekolahnya yak kak, agar kami koordinasikan melalui dinas pendidikan setempat. Salam.'' tulis Itjen Kemdikbud melalui akun @Itjen_Kemdikbud.

Baca Juga: Tetap Berjualan Walau Kondisi Tubuh Tak Sempurna, Bapak Ini Bikin Haru

Itjen Kemdikbud ciduk siswa yang nekat rayakan kelulusan. (twitter/Itjen_Kemdikbud)
Itjen Kemdikbud ciduk siswa yang nekat rayakan kelulusan. (twitter/Itjen_Kemdikbud)

Membantu Itjen Kemdikbud netizen lalu ramai-ramai memberikan penelusuran mendalam. Berdasarkan informasi dari netizen, siswa-siswa ini diduga berasal dari salah satu SMA di Riau.

Aksi merayakan kelulusan saat pandemi corona memang tidak sebaiknya dilakukan. Pasalnya, saat ini pemerintah telah menetapkan kebijakan social distancing untuk memutus penyebaran virus corona yang kian mewabah di Tanah Air.

Hingga artikel ini dibuat, aksi siswa yang nekat rayakan kelulusan saat pandemi corona ini telah mengumpulkan lebih dari 2.700 retweets dan ratusan balasan dari netizen yang menghujatnya.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak