Internet

CEK FAKTA: Benarkah Gibran Bilang Jadi Pemimpin Tak Perlu Pintar?

Screenshot tersebut beredar di media sosial yang dibagikan oleh salah seorang pengguna Facebook.

Agung Pratnyawan

CEK Fakta,Judul artikel Kompas yang dimanipulasi. (Turnbackhoax.id).
CEK Fakta,Judul artikel Kompas yang dimanipulasi. (Turnbackhoax.id).

Hitekno.com - Beredar screenshot yang mengklaim judul sebuah pemberitaan dari media online Indonesia Kompas.com terkait perkataan Gibran Rakabuming Raka soal pemimpin.

Dalam screenshot tersebut, tertulis jdul berita 'Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya Akan Mencalonkan Diri Menjadi Walikota'.

Screenshot tersebut beredar di media sosial yang dibagikan oleh salah seorang pengguna Facebook.

Selain memuat judul 'Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya Akan Mencalonkan Diri Menjadi Walikota' lengkap dengan potret Gibran Rakabuming Raka, foto tersebut juga mencantumkan tanggal penerbitan berita yang ditulis pada Jumat (24/4/2020) pukul 11.46 WIB.

Selain itu, nama penulis juga disebutkan dengan mencantumkan kontributor Solo, Labib Zamani, dan editor Dony Aprian.

Judul artikel Kompas yang dimanipulasi. (Turnbackhoax.id)
Judul artikel Kompas yang dimanipulasi. (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Menurut hasil cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, foto tangkapan layar berisi judul berita 'Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya Akan Mencalonkan Diri Menjadi Walikota' adalah klaim yang salah.

Foto judul artikel tersebut merupakan hasil dari suntingan atau editan seseorang.

Ketika ditelusuri, berita yang diunggah Kompas.com pada Jumat (24/4/2020) adalah sebuah artikel berjudul 'Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai'.

Kompas.com menyatakan tidak pernah menayangkan artikel dengan judul tersebut. Berikut adalah isi klarifikasi dari Kompas.com yang dimuat pada Minggu (26/4/2020).

Hoaks, Berita Gibran Bilang “Kata Bapak, Pemimpin Itu Tak Perlu Pintar…

Berita Kompas.com berjudul “ Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai” diedit oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Judul dari berita yang tayang pada Jumat (24/4/2020) itu diganti menjadi “Gibran: Kata Bapak, Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya Akan Mencalonkan Diri Menjadi Walikota”.

Berita hasil edit alias hoaks itu beredar di beberapa grup WhatsApp. Kompas.com menyatakan foto dengan judul berita itu tidak pernah ditayangkan.

Berita dengan foto Gibran yang benar berjudul 'Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai'.

Isi berita adalah imbauan dari putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka kepada pemudik yang berada di perantauan untuk menahan diri agar tidak mudik terlebih dahulu. Hal tersebut seiring dengan adanya imbauan dari pemerintah terkait penyebaran Covid-19.

“Bagi teman-teman yang sedang berada di perantauan mohon menahan diri untuk tidak mudik terlebih dahulu. Karena kita tak tahu, jangan-jangan kita adalah OTG (Orang Tanpa Gejala),” kata Gibran dalam sebuah video di Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/4/2020).

Judul asli artikel Kompas. (Turnbackhoax.id)
Judul asli artikel Kompas. (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Hasil cek fakta pada foto yang memuat artikel Kompas.com berjudul 'Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya Akan Mencalonkan Diri Menjadi Walikota' adalah hoaks. Foto tersebut termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. (Suara.com/ Farah Nabilla).

Berita Terkait