Internet

Yuk Cek Jadwal Imsakiyah Ramadan 2020 di Situs Resmi Kemenag Ini

Kamu bisa cek jadwal imsak dan waktu salat lainnya lho.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi masjid. (Unsplash/ Kui Ye Chen)
Ilustrasi masjid. (Unsplash/ Kui Ye Chen)

Hitekno.com - Sejumlah umat muslim di dunia kini akan memasuki Bulan Ramadan, di mana selama satu bulan penuh diwajibkan untuk berpuasa.

Ibadah puasa sendiri dimualai saat terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari, yang berarti mulai dari imsak atau sebelum subuh hingga maghrib.

Sebelum berbuka saat maghrib, umat muslim di Indonesia harus berpuasa sekitar 13 jam.

Namun karena di Indonesia sendiri memiliki perbedaa waktu, maka kamu harus lebih teliti lagi memantau jam imsak saat sahur dan adzan maghrib.

Waktu di Indonesia sendiri dibagi menjadi tiga yaitu, Waktu Indonesia Timur (WIT), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Barat (WIB). Jadi kamu harus pantau jam-jam imsak dan adzan maghrib sesuai dengan daerahmu ya.

Untuk mengatasi hal itu, situs Kementerian Agama merilis jadwal imsak hingg jadwal salat di masing-masing lokasi.

Jadwal Imsakiyah Ramadan 2020. (bima islam kemenag)
Jadwal Imsakiyah Ramadan 2020. (bima islam kemenag)

 

Jika kamu ingin mengetahui jadwal melalui situs Kementerian Agama kamu bisa mampir di situs bimasislam.kemenag.go.id ini.

Ada juga situs tafsirweb yang memberikan informasi serupa.

Dalam situs ini kamu akan diberi pilihan untuk melihat jadwal imsak atau salat. Setelah kamu memilih menu tersebut, kamu akan memilih daerah mana tempat kamu tinggal atau daerah mana yang akan kamu ketahui.

Untuk melihat jadwal imsakiyah di daerah kamu, kamu pilih provinsi dan kota yang ingin kamu ketahui jadwalnya.

Setelah itu, kamu akan disuguhkan dengan jadwal imsak 1 Ramadan hingga 30 Ramadan lho.

Tak hanya jadwal imsak, dalam jadwal tersebut juga dijabarkan waktu terbit matahari, Duha, dan jadwal salat lima waktu lainnya.

Jika kamu tak ingin lupa dengan sederetan jadwal imsak tersebut, sebaiknya kamu simpan jadwal tersebut dan jadikan alarm agar kamu tak ketinggalan saat sahur.

Berita Terkait