Internet

Canggih Banget, Netizen Bikin Wastafel untuk Cuci Tangan Tanpa Keran

Pandemi virus corona ini mendorong beragam inovasi, termasuk wastafel ini.

Agung Pratnyawan

Cuci tangan di wastafel ini bisa tanpa sentuh keran. (Twitter/ motikatrok)
Cuci tangan di wastafel ini bisa tanpa sentuh keran. (Twitter/ motikatrok)

Hitekno.com - Dalam rangka pencegahan penularan virus corona COVID-19, telah dikeluarkan imbauan rajin cuci tangan dan jaga jarak atau physical distancing.

Badan kesehatan dunia atau WHO sendiri yang mengeluarkan imbauan rajin cuci tangan dan physical distancing demi mencegah penualaran virus corona COVID-19.

Selain mencuci tangan, masyarakat juga diimbau untuk membersihkan permukaan benda yang sering dipegang, seperti gagang pintu hingga keran wastafel karena virus Corona dapat bertahan hidup di plastik dan stainless steel dalam beberapa hari.

Untuk memutus rantai penyebaran, belakangan beredar sebuah penampakan wastafel tanpa keran sehingga orang yang mencuci tangan tidak perlu melakukan kontak dengan pemutar keran.

Dibagikan oleh akun @motikatrok pada 29 Maret, pemilik akun mengunggah foto yang memperlihatkan penampakan sebuah wastafel pada umumnya, tetapi tanpa keran.

Alih-alih menggunakan keran, wastafel ini memiliki sambungan paralon yang akan mengeluarkan air jika penggunanya menginjak pedal pada bagian bawah wastafel.

Pada bagian depan wastafel tersebut tertempel dua kertas yang berbunyi, "Prototipe wastafel tanpa keran. Anti Corona. "Injektur". Injak pedal untuk mengalirkan air (tunggu 2-3 detik). Angkat pedal mematikan air (mati setelah 2-3 detik)."

Penampakan wastafel tanpa keran. [Twitter]
Penampakan wastafel tanpa keran. [Twitter]

 

Kemudian kertas kedua memiliki tulisan, "Pedal anti Corona. Injak air mantur, angkat air mati."

"Bagus ini," tulis pemilik akun @motikatrok dalam kolom keterangan postingan yang viral di Twitter.

Meskipun masih prototipe, namun inovasi ini mungkin bisa mengurangi orang-orang dari melakukan kontak fisik langsung dengan benda-benda sekitar.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 20 ribu kali ke sesama pengguna Twitter. Bahkan wastafel cuci tangan tanpa keran ini viral di Twitter.

Beberapa netizen mengapresiasi inovasi tersebut, namun beberapa lainnya dibuat salah fokus dengan botol sabun cair.

"Sabunnya masih harus dipencet tangan," tulis akun @eskacang_ijo.

"Ini yang bilang 'tapi sabunnya...' Kau cuci tangann airnya dulu baru sabunnya? Atau siap cuci tangan kau elus-elus pump sabunnya apa gimana? Nge-apresiasi nggak bisa malah nyari kesalahan-kesalahan kecil," ungkap @xxtanniee.

"Injektur = Injek air matur," tambah @hadasbesarr.

"Berasa mau masuk ruang operasi," komentar @meowdpaw.

"Kreatif," cuit @luthfiah___.

Itulah penampakan prototipe wastafel yang bisa cuci tangan tanpa perlu menyentuh keran, karena tidak ada kerannya. Ide ini menarik perhatian netizen hingga viral di Twitter. (Suara.com/Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait