Internet

Fadli Zon Ngotot Indonesia Lockdown, Netizen: Mendingan Lockmouth Aja

Fadli Zon menjelaskan bahwa kebijakan ini bisa didukung dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 mengenai Karantina Kesehatan.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Fadli Zon. (Suara.com/Ria Rizky)
Fadli Zon. (Suara.com/Ria Rizky)

Hitekno.com - Semenjak virus corona menjadi pandemi global dan mengancam Indonesia, bayak pihak bersuara agar pemerintah segera melakukan lockdown. Satu di antara suara tersebut datang dari Fadli Zon. Ngotot Indonesia lockdown, Fadli Zon justru kena damprat netizen.

Melalui cuitan di akun Twitter pribadinya @fadlizon, politikus ini mengunggah thread yang ngotot meminta pemerintah melakukan lockdown walau sudah terlambat.

"Meski terlambat, pemerintah harus segera tetapkan status lockdown atau karantina wilayah (a thread)" tulis @fadlizon dalam cuitannya.

Menurut Fadli Zon, keterangan Menkopolhukam, Mahfud MD malah menunjukkan ketidakmatangan perencanaan pemerintah untuk menangani virus corona. Tidak menetapkan karantina wilayah sejak awal dan baru digodok dirasa terlambat.

Ngotot agar Indonesia segera lockdown, Fadli Zon menjelaskan bahwa kebijakan ini bisa didukung dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 mengenai Karantina Kesehatan.

Fadli Zon ngotot lockdown. (twitter/fadlizon)
Fadli Zon ngotot lockdown. (twitter/fadlizon)

 

Lebih lanjut, menurutnya keberanian para kepala daerah dalam menerapkan lockdown lokal seharusnya diikuti oleh pemerintah pusat salah satunya Presiden Jokowi.

Begitu lantang meminta agar Indonesia segera melakukan lockdown, thread panjang Fadli Zon ini ditanggapi beragam oleh netizen yang pro dan kontra terkait hal ini.

Netizen yang tidak sependapat lalu meminta agar anggota DPR RI ini lockmouth dan menunggu keputusan pemerintah.

Ilustrasi virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

 

"Mending lockmouth alias gak kakean cangkem daripada tambah panas suasana karena gak semua orang paham dampak lockdown itu seperti apa. Kalau orang kaya di-lockdown mah menter kalau yang level bawah ya bisa chaos" tulis salah satu netizen membalas.

"Om @fadlizon, anda jangan hanya mengkritik pemerintah coba kerahkan rekan-rekan anda untuk membantu pemerintah dengan mendonasikan gaji-gaji para anggota dewan untuk para korban, para petugas medis ataupun rakyat yang menengah kebawah," balas akun lainnya.

Menimbulkan pro dan kontra, cuitan Fadli Zon yang ngotot minta Indonesia lockdown ini sudah mendapat ratusan balasan dari netizen usai dibuat pada Senin (30/3/2020) lalu.

Berita Terkait