Ajak Muslim Ramaikan Masjid, Postingan Gatot Nurmatyo Kena Sensor Instagram

"Ayo makmurkan masjid & galakkan gerakan salat berjamaah untuk minta pertolongan Allah (Jadikan Sholat & Sabar Sebagai Penolongmu..!!)," tulis Gatot Nurmantyo.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita
Sabtu, 28 Maret 2020 | 07:30 WIB
Postingan Gatot Nurmatyo kena sensor Instagram. (Instagram/ nurmantyo_gatot)

Postingan Gatot Nurmatyo kena sensor Instagram. (Instagram/ nurmantyo_gatot)

Hitekno.com - Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo sempat memposting seruan umat muslim untuk memamurkan masjid meski Indonesia tengah bergelut dengan pandemi virus corona COVID-19.

Ajakan tersebut disampaikan Gatot Nurmantyo melalui postingan di akun Instagram terverifikasi miliknya, Rabu (18/3/2020). Namun, kekinian unggahan tersebut disensor oleh pihak Instagram lantaran dituding hoaks.

Dalam unggahan itu terdapat tulisan, "Independent Fact-Checkers Say This False. The primary claims in this information are factually inaccurate (Fact checker independen menyebut bahwa ini salah. Kaim di informasi ini secara faktual tidak akurat --Red)".

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Anies Minta Suami Istri Sementara Tak Hubungan Badan?

Dari hasil penelusuran, Instagram menyensor postingan Gatot Nurmantyo tak lama setelah dibagikan. Dalam unggahan itu, terlihat foto seorang yang tengah bersujud di dalam masjid.

Sementara dalam narasinya, Gatot membandingkan Indonesia dan China. Ia menilai, warga di China justru ramai mendatangi masjid dan mengikuti salat jamaah.

Unggahan Gatot Nurmantyo disensor Instagram. (Instagram/@nurmantyo_gatot)
Unggahan Gatot Nurmantyo disensor Instagram. (Instagram/@nurmantyo_gatot)

"Seperti ada yang keliru? Di negeri asalnya Covid-19-China, yang penganut paham komunis dan sebagian besar tidak beragama beramai-ramai mendatangi masjid dan belajar berwudhu hingga mengikuti salat berjemaah,"

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Jokowi Melayat dengan Kerumunan Orang?

"Namun di negeri mayoritas muslim justru sebaliknya? Mereka bermai-ramai menggaungkan phobia dengan masjid seakan-akan masjid sebagai sumber penularan Covid-19," demikian cuplikan narasi Gatot Nurmantyo, seperti dikutip Suara.com, Jumat (27/3/2020).

Di akhir narasinya, Gatot kemudian mengatakan, "Ayo makmurkan masjid & galakkan gerakan salat berjamaah untuk minta pertolongan Allah (Jadikan Sholat & Sabar Sebagai Penolongmu..!!) Virus Corona (covid-19) adalah ciptaan Allah dan yamg kena pasti juga atas ketetapan Allah.".

Klarifikasi Gatot Nurmantyo

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Klorokuin yang Dipesan Jokowi Telah Membunuh Warga AS?

Dua hari berselang setelah postingannya di Instagram menjadi perbincangan, Gatot Nurmantyo memberikan klarifikasi lewat postingan gambar masjid.

Ia meluruskan, ajakannya untuk memakmurkan semata-mata ingin mencegah meluasnya stigma soal tempat ibadah tersebut menjadi pusat penyebaran Covid-19.

"Hal ini dilandasi fakta bahwa pemerintah belum melarang kegiatan masyarakat di mall, tempat hiburan dan sarana publik lain," tulis mantan Panglima TNI.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Menhan Prabowo Beli APD dari China Pakai Uang Pribadi?

Gatot Nurmantyo juga menyampaikan, menurut pemahamannya masjid adalah tempat suci. Sebagai seorang santri, Gatot mengaku hanya berusaha menaati nasihat para ulama.

Klarifikasi Gatot Nurmantyo soal unggahan makmurkan masjid. (Instagram/@nurmantyo_gatot)
Klarifikasi Gatot Nurmantyo soal unggahan makmurkan masjid. (Instagram/@nurmantyo_gatot)

"Saya sangat meyakini bahwa himbauan saya tersebut sama sekali tidak bertentangan dengan Fatwa Majelis Ulama, No 14 Tahun 2020, tanggal 16 Maret 2020, tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi terjadi wabah Covid-19," tambahnya.

Berdasarkan aturan tersebut, Gatot Nurmantyo lalu mengatakan, "Sangat jelas di fatwa ini kapan beribadah di masjid menjadi haram hukumnya dan kapan tetap menjadi kawajiban umat Islam".

Lebih lanjut Gatot Nurmantyo menegaskan, bila pemerintah telah mengeluarkan imbauan untuk sementara menutup tempat-tempat umum, maka dirinya tentu akan menaati aturan tersebut.

"Dalam kaitan itu saya akan menyarankan kepada Pemerintah untuk segera menutup sarana publik seperti tempat hiburan guna mencegah makin tidak terkendalinya penyebaran wabah covid-19," tulis Gatot, Jumat (20/3).

Itulah klarifikasi Gatot Nurmantyo mengenai postingannya seruan memamurkan masjid yang sempat kena sensor Instagram. (Suara.com).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak