Internet

Hampir Berumur 101 tahun, Kakek Ini Meminta 101 Ribu Like di Twitter

Ulang tahun kakek ini yang ke-101 ini harus dibatalkan karena kebijakan social distancing di tengah wabah corona.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Owen yang hampir berusia 101 tahun ini meminta 101 ribu Like dari pengguna Twitter. (Twitter/ mhdksafa)
Owen yang hampir berusia 101 tahun ini meminta 101 ribu Like dari pengguna Twitter. (Twitter/ mhdksafa)

Hitekno.com - Wabah virus corona Covid-19 yang menjadi pandemi global membuat masyarakat dunia menerapkan social distancing atau self quarantine. Seorang kakek yang hampir berumur 101 tahun ini memancing empati netizen karena kisahnya yang cukup mengharukan di tengah wabah virus corona.

Kakek dengan nama Owen diyakini merupakan warga Amerika Serikat yang tak bisa merayakan ulang tahunnya yang ke-101 karena kebijakan social distancing.

Pada tanggal 31 Maret 2020 nanti, Owen secara resmi akan berumur 101 tahun.

Namun ia tidak bisa berkumpul bersama saudara atau kerabat dekatnya karena kebijakan social distancing di tengah wabah virus corona.

Sebagai referensi, berdasarkan data dari JHU CSSE, (kumpulan data dari WHO, CDC, ECDC, NHC, DXY, 1point3acres, dan Worldometers) jumlah penduduk dunia yang telah terinfeksi virus corona mencapai 381.621 per tanggal 24 Maret 2020.

Owen gagal merayakan ulang tahunnya ke 101 karena social distancing di tengah wabah corona. (Twitter/ mhdksafa)
Owen gagal merayakan ulang tahunnya ke 101 karena social distancing di tengah wabah corona. (Twitter/ mhdksafa)

 

Di Amerika Serikat sendiri, terdapat lebih dari 40 ribu orang yang terinfeksi virus corona.

Seorang pembela Hak Asasi Manusia (HAM) dan perwakilan tetap di PBB bernama Mohamad Safa membagikan pesan yang cukup menyentuh dari seorang kakek bernama Owen.

Pesan itu berbunyi," Halo Saya Owen. Saya berusia 101 pada 31 Maret. Pesta ulang tahun saya dibatalkan karena social distancing. Bantu saya merayakan dengan mendapatkan 101 ribu Like atau Comment!"

Safa yang memiliki hampir 80 ribu follower tentu tak mengalami masalah untuk menolong Owen.

Hingga artikel ini ditulis, Owen bahkan telah mendapatkan lebih dari 149 ribu Like dan 20 ribu Retweet dari netizen di seluruh dunia.

Data korban virus corona di seluruh dunia per tanggal 24 Maret 2020. (JHU CSSE)
Data korban virus corona di seluruh dunia per tanggal 24 Maret 2020. (JHU CSSE)

 

Dilansir dari UNILAD, virus corona yang mempunyai dampak lebih mematikan kepada orang dengan umur lebih tua membuat para lansia di Amerika Serikat lebih diprioritaskan dalam menghadapi wabah ini.

Tak hanya di AS, pemerintah Inggris sudah menerapkan kebijakan lebih tegas terhadap lebih dari 1,5 juta lansia.

Mereka akan dikirimi surat dan diminta untuk tinggal di rumah dan mengasingkan diri setidaknya selama 12 minggu ke depan.

Banyak netizen yang memberikan ucapan bahkan kue ulang tahun virtual kepada Owen.

Netizen bahkan mengirimkan kue virtual untuk merayakan ulang tahun Owen. (Twitter/ simonejames512)
Netizen bahkan mengirimkan kue virtual untuk merayakan ulang tahun Owen. (Twitter/ simonejames512)

 

"Kamu luar biasa Owen, aku turut bersedih karena ulang tahun ke-101 milikmu dibatalkan. Aku yakin bahwa ulang tahunmu nanti yang ke-102 akan sangat istimewa!" komentar salah seorang netizen.

"Owen yang terhormat, engkau menjadi saksi inovasi besar di dunia. Dari telepon putar ke iPhone, Studebaker ke Tesla, gerobak ke penerbangan supersonik. Meski semuanya berubah, cinta dunia kepadamu akan tetap sama, Semoga semakin diberkati di ulang tahunmu nanti," doa netizen lainnya.

Kisah mengenai Owen yang hampir berumur 101 tahun ini viral di Twitter sehingga puluhan ribu netizen juga ikut mendoakan ulang tahunnya meski harus dibatalkan karena virus corona.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Berita Terkait