Internet

CEK FAKTA: Benarkah Pemeran Harry Potter Positif Terinfeksi Virus Corona?

Benarkah pemeran Harry Potter itu dinyatakan positif terinfeksi virus corona?

Agung Pratnyawan

CEK FAKTA Daniel Radcliffe terinfeksi virus corona? (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Daniel Radcliffe terinfeksi virus corona? (Turnbackhoax.id)

Hitekno.com - Beredar kabar yang mengklaim Daniel Radcliffe, aktor pemeran Harry Potter dinyatakan positif terinfeksi virus corona COVID-19. Kabar ini beredar melalui media sosial Twitter.

Kabar yang mengklaim Daniel Radcliffe positif virus cirina ini dipostingkan sebuah akun Twitter bernama @BBCNewsTonight.

Akun tersebut melaporkan bahwa pemeran utama film Harry Potter itu menjadi orang terkenal pertama yang terinfeksi virus corona.

Berikut isi narasinya:
"BREAKING: Daniel Radcliffe test posotive for coronavirus. The actor is said to be the first famous person to publicly confirmed (BREAKING: Daniel Radcliffe dinyatakan positif virus corona. Ia mengatakan menjadi orang terkenal pertama yang mengonfirmasi ke publik telah terinfeksi virus itu)".

Benarkah Daniel Radcliffe dinyatakan positif terinfeksi corona baru?

Daniel Radcliffe terinfeksi virus corona? (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Daniel Radcliffe terinfeksi virus corona? (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Dari cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Kamis (12/3/2020), kabar Daniel Radcliffe terinfeksi virus corona merupakan kabar bohong atau hoaks. Kabar tersebut pertama kali dibagikan oleh akun twitter @BBCNewsTonight pada 10 maret 2020.

Akun yang mengatasnamakan media mainstream BBC itu telah menyebarkan informasi sesat. Pihak Twitter telah menangguhkan akun tersebut.

Cuitan palsu ini sempat berhasil menipu sejumlah media Barat seperti New York Times. Media-media tersebut akhirnya meminta maaf.

Daniel Radcliffe terinfeksi virus corona? (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Daniel Radcliffe terinfeksi virus corona? (Turnbackhoax.id)

Koresponden Gedung Putih untuk The New York Times, Maggie Haberman dan Direktur Editorial Digital di Politico, Blake Hounshell menyampaikan permohonan maaf kepada publik telas mengutip berita palsu.

"Maaf kawan-kawan, (saya) tertipu oleh akun BBC palsu," tulis Haberman.

Daniel Radcliffe melalui perwakilannya membantah informasi menyesatkan tersebut. Perwakilan menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar.

"Tidak benar," demikian pernyataan perwakilan resmi aktor pemeran Harry Potter kepada Buzzfeed News.

Kesimpulan

Kabar Daniel Radcliffe terinfeksi virus corona merupakan kabar hoaks. Daniel tidak terinfeksi virus corona dan dalam kondisi sehat. Kabar tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Itulah hasil cek fakta informasi yang mengklaim Daniel Radcliffe pemeran Harry Potter positif virus corona ternyata tidaklah benar. Kabar ini termauk dalam hoaks yang menyesatkan. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

Berita Terkait