Internet

Bisa Ditiru Indonesia, Begini Cara Singapura Tangani Virus Corona

Singapura rupanya menyediakan informasi lengkap terkait penyebaran virus corona.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Kondisi Rumah Sakit Sulianti Suroso, tempat pasien virus corona. (Suara.com/Angga Budiyanto)
Kondisi Rumah Sakit Sulianti Suroso, tempat pasien virus corona. (Suara.com/Angga Budiyanto)

Hitekno.com - Indonesia sedang dihebohkan usai dua warga Depok ditetapkan positif virus corona. Masih belum ada penanganan yang spesifik, netizen belum lama ini meminta agar Indonesia belajar dari Singapura mengenai penanganan virus corona.

Di Twitter, netizen dengan akun @adimasnuel begitu konsen menyampaikan cara Singapura menangani virus corona salah satunya adalah dengan bersifat transparan menyajikan infografik terkait pasien dan penyebaran virus corona di negara ini.

Netizen sebut Singapura menyediakan situs resmi dan khusus mengenai info grafis terkait penyebaran virus corona di Singapura. Situs ini dapat diakses oleh siapa saja dan berisi informasi mengenai berbagai kasus di seluruh penjuru Singapura.

Dalam situs tersebut, dipaparkan informasi mengenai total kasus virus corona lengkap dengan beberapa kasus yang sudah sembuh total dan kasus-kasus yang masih dalam penanganan.

Tidak hanya itu, situs ini juga memuat lokasi, jenis kelamin, umur, serta penyebab pasien bisa terkena virus corona. Berdasarkan data Senin (2/3/2020) dari 108 kasus virus corona di Singapura, diketahui bahwa 78 orang telah sembuh dari virus ini.

Penanganan virus corona di Singapura. (twitter/adismanuel)
Penanganan virus corona di Singapura. (twitter/adismanuel)

Selain unggul dengan situs yang berisi infografik mengenai total kasus virus corona, pemerintah Singapura juga dipuji karena begitu tanggap menangani waha mengerikan ini.

Beberapa hal di antaranya adalah melakukan isolasi lokasi penyebaran. Pasien-pasien virus corona bahkan dikarantina di rumah dan akan didenda jika sang pasien melanggar hal tersebut.

Tidak hanya Singapura yang dipuji dengan caranya menangani virus corona. Cara pemerintah Korea Selatan menangani virus corona juga mendapat pujian dari netizen.

Penanganan virus corona di Singapura. (Infographics Channel News Asia)
Penanganan virus corona di Singapura. (Infographics Channel News Asia)

"Korea juga bagus, Briefing 2 kali sehari untuk update data pasien. SMS emergency dikirim ke seluruh resident kalau ada suspect baru beserta lokasi. Rate suspect juga diunggah di website district dengan detail" tulis @ichashinhwa.

Bukannya tidak berusaha, hingga kini pemerintah Indonesia memang masih mendiskusikan mengenai apa yang bisa dilakukan untuk menangani virus corona yang baru saja singgah di Indonesia.

Menjadi viral di Twitter, mungkin cara Singapura menangani virus corona ini dapat ditiru untuk dilakukan di Indonesia.

Berita Terkait