Internet

Diduduki Hingga Diinjak, Video Pengemasan Masker Ini Jadi Sorotan Netizen

Beredar sebuah video yang merekam beberapa perempuan tengah mengemasi masker wajah dengan cara yang tidak higenis.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi petugas medis dengan masker kesehatan. (Pixabay)
Ilustrasi petugas medis dengan masker kesehatan. (Pixabay)

Hitekno.com - Maraknya wabah virus corona mengharuskan setiap orang harus memakai masker jika ingin keluar rumah dan bertemu banyak orang. Kini masker menjadi barang mewah, karena  semakin langkanya ketersediaan masker wajah, beberapa penjual pun menaikkan harga hingga ratusan ribu rupiah.

Sebagian besar orang pun memanfaatkan keadaan ini untuk meraup keuntungan banyak daripada biasanya.

Masker wajah saat ini menjadi barang mewah karena mewabahnya Virus Corona. Karena semakin langkanya ketersediaan masker wajah, beberapa penjual pun menaikkan harga hingga ratusan ribu rupiah. Sebagian besar orang pun memanfaatkan keadaan ini untuk meraup keuntungan banyak daripada biasanya.

Namun, beredar sebuah video yang merekam beberapa perempuan tengah mengemasi masker wajah dengan cara yang tidak higenis. Dibagikan kembali oleh akun Twitter @AmbarwatiRexy pada 20 Februari, pemilik akun mengunggah video berdurasi 1 menit 22 detik.

Dalam video tersebut, beberapa perempuan terlihat tengah memilah masker wajah dan menumpuknya dengan jumlah tertentu. Tapi masker wajah tersebut dibiarkan tertumpuk begitu saja di lantai. Tak hanya itu, para perempuan yang diketahui sebagai karyawan tersebut memegang masker wajah secara langsung.

"Ini ngepakin masker kenapa di lantai, didudukin, diinjek-injek sih? Jijik, any***!" tulis pemilik akun @AmbarwatiRexy dalam kolom keterangan.

Dalam video tersebut pun terdengar suara lelaki yang merekam. Melalui penuturannya, ini merupakan gudang masker dengan merek Solida.

Video pengemasan masker ini disoroti warganet. [Twitter]
Video pengemasan masker ini disoroti warganet. [Twitter]

"Hari Rabu tanggal 19 Februari 2020. Waktu menunjukkan jam 12.30 ya bu ya. Ini untuk orderan... posisi ini di gudang bu, nggak di pabriknya. Ini para karyawan yang sedang mensortir atau memasukkan masker 3 ply dengan merek Solida ya," ucap suara lelaki tersebut.

Unggahan yang telah ditonton sebanyak lebih dari 142 ribu penayangan dan dibagikan sebanyak lebih dari 2.400 kali ke sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit warganet yang menanyakan kebersihan dari masker wajah tersebut.

"Masker bekas bukan sih?" tulis akun @eRVianty74.

"Pada kusut gitu. Kayaknya itu masker bekas ya? Serem sih kalau itu masker bekas terus dijual lagi. Kebayang bekas yang TBC," komentar @hendralm.

"Besok-besok buang masker harus aku gunting-gunting dulu kayaknya," tambah @penanamtomat.

"Info buat teman-teman yang pakai masker wajah kesehatan, abis pakai masker, harap digunting untuk mencegah masker palsu. Sekarang pemulung yang biasanya pungutin botol bekas aqua, pada pungutin masker bekas. Bisa dia jual seribu sampai Rp 1500," ungkap @hellosilucy.

"Gilaaaa pegawainya kepalanya ditutup, kakinya nginjek-nginjek masker. Nggak ada yang tau tuh kaki korengan atau habis dari WC trus jalan-jalan di situ," cuit @ratnasuryono.

Sebagai informasi,  produsen masker Solida memberikan klarifikasi atas beredarnya video pengemasan masker yang tidak higienis. Pihak produsen membantah proses produksi seperti yang ada dalam video viral.

Klarifikasi tersebut disampaikan oleh produsen masker bermerek Solida PT Maesindo Indonesia Tbk melalui akun Facebook Solida.Proteksi. Pihak produsen menegaskan video pengemasan yang viral tersebut bukanlah produksi resmi masker Solida.

"Potongan masker Solida yang diekspos di media sosial tersebut adalah bukan produk resmi masker Solida," tulisnya seperti dikutip Suara.com, Jumat (21/2/2020).(Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait