Internet

Promo Bayar Kuliah Pakai OVO dan Tokopedia, Rektor UNY Bergaya Ala Jin BTS

Lagi-lagi aksi Rektor UNY ini menarik perhatian netizen di media sosial.

Agung Pratnyawan

Rektor UNY, Prof Sutrisna Wibawa. (Instagram/ sutrisna.wibawa)
Rektor UNY, Prof Sutrisna Wibawa. (Instagram/ sutrisna.wibawa)

Hitekno.com - Lagi-lagi Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat heboh netizen di media sosial. kali ini Rektor UNY Prof Sutrisna Wibawa beraksi mempromosikan kemudahan dalam pembayaran kuliah.

Pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) di UNY kini bisa dilakukan secara daring melalui aplikasi atau situs jual beli online Tokopedia dengan dompet digital OVO.

Bahkan, dengan pembayaran melalui fitur ini, pembayar bisa mendapatkan cashback, atau diskon berupa pengembalian uang.

Cara baru pembayaran UKT ini dihadirkan UNY melalui kerja sama dengan E-Channel BTN, sehingga untuk membayar biaya kuliah 2020/2021, mahasiswa UNY tinggal mengeklik layar ponselnya, dan kewajiban itu pun tertuntaskan dengan cepat.

"Dengan sedikit klik di aplikasi, mahasiswa kini bisa menuntaskan pembayarannya dengan cepat dan mudah. Bahkan bisa sambil tiduran, UKT terbayarkan," ungkap Rektor UNY Prof Sutrisna Wibawa sembari bercanda, dalam rilis yang dipublikasikan pada Selasa (18/2/2020).

Cashback yang bisa diperoleh mahasiswa lewat pembayaran UKT dengan cara ini disediakan Tokopedia dan OVO.

"Benefit yang bisa diperoleh mahasiswa dari sistem pembayaran ini, adalah cashback di periode tertentu, tergantung apabila ada promo. Jadi kampus tetap mendapatkan pembayaran full. Namun, ada subsidi dari pihak Tokopedia dan OVO yang dapat meringankan mahasiswa dalam waktu promo tertentu," jelas Rektor UNY.

Bayar UKT UNY bisa lewat Tokopedia dan OVO - (Instagram/@sutrisna.wibawa)
Bayar UKT UNY bisa lewat Tokopedia dan OVO - (Instagram/@sutrisna.wibawa)

 

Dilansir situs web resmi UNY, pembayaran UKT lewat Tokopedia dan OVO ini, menurut Rektor UNY Prof Sutrisna Wibawa, tidaklah sulit.

Pengguna tinggal masuk ke situs ataupun aplikasi Tokopedia, lalu pilih memilih kategori biaya pendidikan dan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai nama universitas.

Begitu muncul logo UNY, pengguna perlu memasukkan nomor induk mahasiswa (NIM), kemudian Tokopedia akan menampilkan nominal yang harus dibayar serta metode pembayarannya, salah satunya dengan OVO.

"Tokopedia yang sudah terhubung OVO, tinggal langsung memasukkan PIN. Saldo akan otomatis terpotong dari OVO, dan pembayaran berhasil dilakukan," jelas Sutrisna.

Branch Manager Bank BTN Yogyakarta Donnie Iskandar mengatakan, di samping OVO dan Tokopedia, pihaknya juga menyediakan opsi pembayaran lewat bank-bank yang lain, kartu kredit, Alfamart, ataupun Indomaret.

Pihaknya menjamin keamanan dan kelancaran pembayaran dengan metode ini lantaran BTN selama ini dipercaya sebagai bank BUMN yang mengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sejumlah perguruan tinggi negeri.

"Tentunya ini memudahkan mahasiswa sebagai milenial untuk membayar sekaligus meningkatkan brand image UNY sebagai universitas yang mendukung digitalisasi," jelas Donnie.

Itulah aksi Rektor UNY Prof Sutrisna Wibawa dalam mempromosikan pembayaran kuliah lewat OVO dan Tokopedia. (UNY/Ilham Dary A).

Berita Terkait