Internet

CEK FAKTA: Benarkah 2 Perawat di RSUP Dr Sardjito Terjangkit Virus Corona?

"Sehubungan dengan penyebaran virus seperti Wuhan dari Chinapagi ini sudah ada 2 perawat yang tertular," isi pesan berantai tersebut.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita

Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

Hitekno.com - Sempat beredar pesan berantai melalui aplikasi chatting WhatsApp yang menyebutkan dua perawat di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta telah terjangkit virus corona.

Pesan berantai tersebut dengan cepat beredar luas melalui aplikasi chatting WhatsApp hingga membuat masyarakat sekitar cemas. 

Berikut isi pesan tersebut.

Pak tolong diinformasikan kepada teman-teman taxol maupun konven….bila jemput penumpang di Sarjito diharuskan memakai masker…sehubungan dengan penyebaran virus seperti Wuhan dari China…pagi ini sudah ada 2 perawat yang tertular…terima kasih

Lantas benarkah dua perawat RSUP Dr Sardjito tejangkit virus corona?

Pesan WA yang menyebut dua perawat RSUP Dr Sardjito kena virus corona. (turnbackhoax.id)
Pesan WA yang menyebut dua perawat RSUP Dr Sardjito kena virus corona. (turnbackhoax.id)

 

Penjelasan

Hasil penelusuran turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, informasi dari pesan berantai tersebut tidak benar.

Hal itu dikonfirmasi oleh Direktur RSUP Dr Sardjito, Darwito seperti dikutip dari situs Tempo. Menurutnya, pesan yang terlanjur viral tersebut mengakibatkan banyak orang mendadak memakai masker di dalam rumah.

Perawat Anjar Ismiyati pun mengatakan bahwa dirinya dan para perawat di RSUP Dr Sardjito telah melakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Hasilnya, para perawat di rumah sakit tersebut dinyatakan negatif dari virus corona.

Penjelasan lebih lanjut juga disampaikan Kepala Pelayanan Medis Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Dr Sardjito, Andreas Dewanto.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan standar penanganan pasien yang datang sendiri ke rumah sakit ataupun pasien rujukan.

Kesimpulan

Pesan yang menyebut dua perawat RSUP Dr Sardjito terjangkit virus corona adalah palsu atau hoaks. Pesan tersebut sengaja dibagikan untuk menipu sehingga masuk dalam kategori Fabricated Content.

Faktanya, tidak ada perawat di RSUP Dr Sardjito yang terjangkit virus corona. Para perawat pun telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan hasilnya negatif virus corona.

Itulah hasil cek fakta pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang sempat beredar. Ternyata kabar dua perawat RSUP Dr Sardjito terjangkit virus corona tersebut adalah palsu alias hoaks.

Berita Terkait