Internet

Analisa Netizen Soal Keluhan Auto Like Fanpage Anies Baswedan di Facebook

Ada beberapa hal yang membuat akun Facebook kamu bisa melakukan auto like ke sebuah fanpage.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Anies Baswedan. [Suara.com/Peter Rotti]
Anies Baswedan. [Suara.com/Peter Rotti]

Hitekno.com - Belakangan ini, beberapa netizen mengeluh mengenai akun Facebook miliknya yang secara misterius melakukan auto like ke akun Fanpage Anies Baswedan. Menjadi viral di Twitter, netizen ramai-ramai lalu membuat analisanya menanggapi hal ini.

Keluhan ini menjadi viral di Twitter usai diunggah @kurawa pada Senin (6/1/2020). Setelah diunggah, keluhan mengenai hal ini semakin bertambah. Banyak netizen mengaku tidak mengetahui jika akun miliknya tergabung dalam akun Fanpage Gubernur DKI Jakarta ini.

Akun @kurawa menduga bahwa hal ini merupakan operasi auto like di Facebook yang cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan buzzer hashtag di Twitter. Bersamaan dengan cuitannya ini, akun ini juga mengunggah bukti keluhan salah satu netizen di Facebook.

Netizen ini mengaku terkejut menemukan akun Facebook miliknya melakukan auto likes untuk fanpage Anies Baswedan. Padahal, dirinya sama sekali tidak pernah melakukan hal tersebut.

"Man teman coba ketik dan cari nama Anies Baswedan di kolom search. Akan muncul pages AB, dan cek apakah nama kalian "auto like" pages ini. Beberapa nama yang saya capture adalah nama-nama yang saya tahu gak akan nge-like orang ini," tulis netizen ini.

Auto like fanpage Anies Baswedan. (twitter/kurawa)
Auto like fanpage Anies Baswedan. (twitter/kurawa)

 

Menanggapi hal ini, salah satu netizen lalu mencoba membuat analisanya. Menurutnya, ada beberapa hal yang membuat akun Facebook kamu bisa melakukan auto like ke sebuah fanpage.

Salah satunya adalah karena kerjaan hacker atau si pengguna yang secara tidak sengaja memberikan like pada salah satu unggahan fanpage. Otomatis si pengguna dianggap menyukai fanpage tersebut.

Netizen lainnya berpendapat jika auto like fanpage bisa terjadi dengan metode penjebakan di website pro Anies Baswedan. Random click di website tersebut bisa saja langsung otomatis terhubung dengan fanpage Anies Baswedan di Facebook.

"Ada kok script auto like fanpage. Jadi biasanya dijebak di website misalnya website yang pro Anies Baswedan, lalu dia klik apa saja di halaman web tersebut maka otomatis akan ngelike tanpa diketahui. Ini sebenarnya buat trik jualan online" tulis netizen tersebut.

Auto like fanpage Anies Baswedan. (twitter/Luana0119411577)
Auto like fanpage Anies Baswedan. (twitter/Luana0119411577)

 

Punya analisa lain, menurut netizen ini, hal tersebut tidak perlu dikaitkan dengan hal buruk. Pasalnya, bisa saja pengguna yang memberikan like ke akun tersebut di masa sosok Anies Baswedan begitu menjadi primadona.

Lebih lanjut, dirinya mengingatkan untuk tidak mengaitkan hal ini dengan kebencian karena sudah tidak lagi sepaham dengan Gubernur DKI ini.

"Come on, bisa aja emang kalian yang like lho! Tahun 2013, orang itu emang jadi primadona banyak lapisan masyarakat. Jangan karena sudah terlanjur benci jadi nuduh," tulisnya.

Hingga artikel ini dibuat, perdebatan mengenai auto like fanpage Anies Baswedan di Facebook memang masih ramai diperbincangkan. Kamu punya analisa lain untuk menanggapi hal ini?

Berita Terkait